Ternyata Kopi Starbucks Menggunakan Kopi Asli Indonesia Ini!

ternyata-kopi-starbucks-pun-menggunakan-kopi-asli-indonesia-ini

Anda pernah mendengar nama kota Takengon?. Secara geograofis, kota Takengon terletak di kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Takengon terletak di Aceh Tengah dengan suasananya yang sangat sejuk karena berada di ketinggian 1200 MDPL dan dikelilingin gunung dan bukit. Dalam bahasa Aceh, “Takengon” memiliki arti “tikungan” atau “kelokan”. Nama tersebut digunakan untuk mewakili kondisi jalan menuju kota kecil ini yang harus melewati rintangan berupa tanjakan perbukitan, lereng gunung, jalanan curam yang berkelok-kelok dan dipenuhi rimbun pepohonan sepanjang jalan.

kopi-takengon-bisnisukm
Kopi Takengon – BisnisUKM.com

Berbicara mengenai Takengon, tentu tak bisa lepas dari produk kopinya yang sudah sangat terkenal. Bahkan, konon franchise kopi kenamaan dunia Starbucks banyak menggunakan kopi dari Aceh ini untuk produknya!. Jenis kopi yang dikembangkan di kota Takengon, adalah kopi Gayo. Namun, yang menjadi istimewa adalah kopi yang ditanam di Takengon merupakan pusat penanaman kopi arabika Gayo dengan kualitas ekspor di Aceh Tengah yang difokuskan untuk ekspor.

Kopi arabika Gayo dari Takengon memang patut disebut sebagai primadona kopi dunia. Hal ini dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang berhasil diraih. Seperti diraihnya Fair Trade Certified dari Organisasi International Fair Trade tahun 2010 lalu. Selain itu, kopi Aceh dari dataran tinggi Takengon ini juga meraih peringkat tertinggi pada Lelang Special Kopi Indonesia tahun 2010 di Bali. Bahkan, sampai saat ini produk kopi gayo dari Tanah Takengon ini masih tetap yang terbesar di kawasan Asia.

kopi-takengon-dikemas
Kopi Takengon – diKemas.com

Meskipun Kota Takengon merupakan kota yang tidak terlalu besar namun jika anda berkunjung ke sana, anda akan banyak menemukan pabrik dan kilang kopi disepanjang jalan . Tak hanya kilang dan pabrik, di Takengon juga banyak sekali kedai kopi kecil yang secara mengejutkan sudah memiliki roaster machine sendiri. Meskipun dengan interior sederhana, café di sini menyajikan kopi dengan kualitas dan cita rasa yang tak kalah dengan kebanyakan coffee shop yang ada di kota – kota besar. Tentu saja, hal ini tak lepas dari penggunaan biji arabika terbaik yang dihasilkan langsung dari buminya. Dan yang paling penting harga secangkir kopi di sini sangat ekonomis. Secangkir black coffee hanya dibandrol 8 ribu rupiah.

Selain dapat menikmati cita rasa kopi Gayo yang mendunia, anda bisa mengunjungi banyak tempat menarik di kota Takengon ini. Beberapa kawasan wisata yang bisa dikunjungi disini diantaranya Danau Laut Tawar, Pantan Terong, dan Gua Putri Tekes. Selain itu, kota Takengon juga memiliki kesenian tradisional dan budaya yang menjadi icon dari kota Takengon, yaitu Pacuan Kuda yang biasanya diadakan di bulan Agustus bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan RI.

 

 

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba