Pemasaran

Mau Usaha Cafe? Simak Tips Menentukan Target Pemasaran

mau-usaha-cafe-simak-tips-menentukan-target-pemasaran

Target pemasaran adalah sebuah istilah yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Dimana seorang pengusaha dituntut untuk menentukan target pasar sebelum memasarkan sebuah produk. Dengan mengetahui target pasar maka Anda akan dapat dengan mudah menyusun strategi pemasaran yang paling efektif dan strategi untuk menghadapi ancaman yang ada pada bisnis Anda.

Itulah mengapa dalam membangun sebuah usaha tidak bisa sembarangan untuk menghindari terjadinya kebangkrutan karena salah dalam menentukan target pasar. Dalam membangun sebuah usaha terutama cafe haruslah berhati-hati dan teliti dalam memperhitungkan sasaran. Agar tepat sasaran dalam membidik target pasar, maka Anda harus mempertimbangkan dengan baik tujuan usaha yang akan dikelola. Menentukan visi dan misi usaha juga bertujuan agar perjalanan usaha lebih terarah dan terstruktur.

Menentukan Target Pemasaran

Seperti yang telah kita ketahui bersama, dizaman modern kini usaha cafe banyak bermunculan dan mulai merambah diberbagai daerah. Jika kita memperhatikan dengan jeli disetiap sudut kota berjejer cafe-cafe dengan berbagai konsep. Mulai dari konsep kekinian dengan mengusung tema ala-ala anak muda milenial hingga jadul dengan tema kebudayaan atau ala-ala vintage. Berbagai cafe dengan berbagai macam konsep tersebut menjadi pilihan tempat ngobrol dan tempat nongkrong terutama untuk anak muda milenial yang gemar ngongkrong. Dengan kondisi tersebut tentu pengusaha cafe harus benar-benar memahami agar usaha yang dijalankan terus berkembang dan maju sesuai dengan perkembangan pasar.

Salah satu faktor yang menjadi penentu keberhasilan suatu usaha cafe adalah sebuah strategi pemasaran yang tepat. Tujuan dari menentukan strategi pemasaran ini untuk mendapatkan target yang sesuai. Jika salah dalam menentukan strategi maka yang akan terjadi pada usaha Anda tidak dapat berjalan dan berkembang dengan baik. Salah satu strategi yang digunakan untuk menentukan target pasar ini berkaitan dengan konsep yang akan diusung oleh usaha cafe Anda.

Sebelum membuka usaha cafe Anda harus mempersiapkan strategi pemsaran secara matang. Maka usahakan untuk membuat perhitungan konsep yang jelas. Memang bukan perkara mudah untuk membangun sebuah usaha cafe. Ada banyak hal yang berkaitan dengan strategi pemasaran yang harus dipersiapkan. Tentu jika Anda tertarik menekuni usaha cafe namun tidak siap dalam mematangkan strategi maka yang ada hanya akan menghasikan modal secara cuma-cuma.

Tips Menentukan Target Pemasaran Cafe

Menentukan Konsumen

Konsumen adalah kunci yang menjadi target utama dalam semua usaha. Untuk menentukan konsumen maka Anda dapat mengelompokkanya terlebih dahulu. Misal mengelompokkan kosnumen berdasarkan ekonominya, yang stau ini berhubungan dalam menentukan harga minuman atau makana di cafe Anda. Konsumen tersebut dikelompokkan berdasarkan kemampuanya untuk menjadi target pasar.

Pengelompokan berikutnya berdasarkan usia, jenis kelamin dan penghasilan target pasaran. sedangkan pengelompokan geografisnya berdasarkan tempat tinggalnya. Pengelompokkan konsumen berdasarkan tempat, usia dan jenis kelamin ini menjadi strategi pemasaran yang harus diperhatikan sebelum memulai sebuah usaha.

Memahami Kebutuhan Pasar

Untuk mengetahui kebutuhan pasar dan kesesuaian usaha dengan penduduk sekitar maka Anda harus mencari informasi yang berkaitan dengan kebutuhan konsumen dan apa yang diingnkan konsumen. Untuk mengenalkan usaha cafe Anda, maka yang harus dilakukan adalah dengan cara menyebarkan brosur, memasang pamflet atau spanduk dengan memberikan promo.

Cara lain yang bisa Anda gunakan dengan mengenalkannya melalui media sosial. Dengan medsos dinilai sangat efektif karena jangkuannya dinilai cukup luas dan mendapat respon yang cukup cepat. Dengan cara-cara tersebut dapat diperoleh data respon dari target pasar. Selain itu cara ini dianggap sebagai bagian dari pemasaran cafe. Setelah beberapa hal tersebut dilakukan maka langkah selanjutnya dengan melakukan survey untuk mengetahui kelemahan dan kekurangan dari masing-masing.

Sebagai pengusaha yang menginginkan usahanya berjalan dengan lancar tanpa adanya suatu kendala. Maka harus memperhatikan kebutuhan pasar. Memang bukan hal mudah untuk melakukan survey kebutuhan pasar. Membutuhkan waktu dan berbagai data-data yang benar-benar akurat. Hal tersbeut bertujuan agar usaha yang Anda jalankan tidak gulung tikar dan dapat berkembang dengan persaingan pasar yang ada.

Mengatur Kebutuhan Pasar

Dari hasil data analisa kebutuhan pasar dapat ditarik kesimpulan bahwasanya katertarikan target dan masyarakat terkait dengan keberadaan cafe disekitar. Kekurangan serta kelebihan dari konsep cafe maupun dari sajian makanan maupun minuman dapat dilihat dari hasil analisis ini. Kebutuhan pasar yang sekarang ini menuntut untuk terus berkembang semakin maju.

Untuk pasar cafe dengan mengusung tema masalalu atau kebudayaan tidak perlu terlalu banyak ornamen dan modifikasi. Agar tetap terkesan sederhana dan tidak berlebihan. Pada konsep ini lebih mengedepankan kenyamanan, ketenangan dan keasrian cafe. Sedangkan pada cafe yang mengusung tema modern dengan target anak muda milenial maka Anda harus bermain kreasi dan inovsi dengan menyediakan konsep yang menarik dan kekinian. Sediakan temoat dan makanan minuman yang instagramable. Jangan lupa pula sediakan fasilitas wifi.

Mengukur Pertumbuhan Pasar

Target pasar yang dituju sesui dengan target dari usaha cafe itu sendiri. Apabila tujuan dari usaha cafe tersebut membidik segmen pasar yang besar maka akan memperoleh target yang besar pula. Akan tetap apabila tujuan dari target pasarnya mengambil segmen terbatas maka target yang diperolah juga akan terbatas. Namun tidak menutup kemungkinan jika untuk permulaan tujuan utamanya membidik segmen terbatas namun bisa pula berkembang menjadi segmen pasar yang lebih luas lagi.

Melakukan Strategi pemasaran

Setiap usaha cafe pasti membutuhkan suatu strategi pemasaran untuk memperolah target pasar yang sesuai. Jika melakukan strategi dengan cara yang benar dan baik maka target pasar yang dituju akan memperoleh secara mudah. Dengan adanya strategi yang baik dan tepat maka akan memberikan respon yang baik dari konsumen. Strategi yang disusun haruslah sesuai dengan karateristrik konsumen yang menjadi target pasar Anda. Hal ini bertujuan agar usah dapat berjalan secara efisien dan tepat sasaran.