Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan, Yang Penting Yakin!

bisnis-modal-kecil-yang-menjanjikan-yang-penting-yakin

Mari berkenalan dengan Ibu Sukiyati, beliau akan memberikan inspirasi untuk kamu yang ingin menjalankan usaha tapi takut sama permodalan. Bisnis yang dijalankan ini merupakan salah satu contoh bisnis modal kecil yang menjanjikan. Tim liputan BisnisUKM.com menyambangi tempat usaha Lotek dan Gado-Gado Bu Yati yang berlokasi di Jalan Banteng Raya No. 3 RT 08 RW 31.

Wanita yang akrab disapa Bu Yati ini menceritakan jatuh bangun usahanya. Beliau mulai menjalankan usaha sudah lama sekali, sejak tahun 1998. Pada saat itu beliau mengawali usahanya dengan jualan sembako. Baru tahun 2007 beliau mulai usaha yang dijalankan hingga saat ini, bisnis kuliner lotek, gado-gado, dan kawanannya.

Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan, Bu Yati Aja Bisa, Kamu Juga Dong?

Saat tim kami menanyakan kenapa Bu Yati lebih memilih berbisnis lotek, gado-gado daripada yang lain, beliau menjawab, “Soalnya lotek gado gado modalnya sedikit kan yang penting modal sedikit bisa kerja.” ungkapnya.

Bu Yati pun menuturkan, awal memulai usaha tidak mengeluarkan modal sama sekali. Lalu darimana Bu Yati bisa memulai usahanya? Beliau mendapat support dari teman-temannya, termasuk urusan bahan baku. “Keterampilan ga ada, cuman inisiatif sendiri harus kerja apa. Idenya yang nggak pakai modal, teman-teman support, ya itu lotek gado-gado.” tutur Bu Yati.

Mengenai rasa masakan, Bu Yati optimis dan selalu berpikir positif bahwa makanan yang disajikan pastilah enak. Pikiran positif ini akan sangat berpengaruh pada output yang dihasilkan. “Positif, yang penting kemauan keras dan positif,” papar Bu Yati ketika ditanya mengenai kekhawatiran cita rasa.

Suka Duka Menjalankan Bisnis Kuliner Lotek Gado-Gado

suka-duka-menjalankan-bisnis-kuliner-lotek-gado-gado

Bu Yati mengakui bahwa hal paling sulit dalam memulai usaha adalah perkara modal. Beliau sangat terbantu dengan support dari teman-teman yang sangat mendukungnya untuk menjalankan bisnis kuliner yang digelutinya saat ini. Berawal dari masalah modal, beliau mengungkapkan ini sangat berpengaruh pada semuanya, karena tanpa modal benar-benar tidak bisa jalan.

Perkara lokasi usaha, Bu Yati menggunakan tempat yang dulunya ia pakai untuk jualan sembako. Menurutnya tempat yang dipakai sudah cukup sehingga bisa dipakai untuk menjalankan usaha kuliner.

“Kalau sekarang bisa mencapai 50an porsi.” tutur Bu Yati menyebutkan porsi yang bisa terjual dalam sehari. Di antara menu-menu yang ada, beliau memang mengunggulkan lotek dan gado-gado yang menjadi primadona menu di tempatnya.

Bisnis kuliner satu ini memang sangat menjanjikan dan mudah eksekusinya. Salah satu buktinya karena Bu Yati sama sekali tidak pernah mengalami kendala bahan baku. Bisa tinggal beli di pasar, itu pun sama sekali tidak bermasalah dengan musim ataupun lonjakan harga. Terkait bahan baku, pokoknya aman terkendali. Saat ini Bu Yati sudah punya modal sendiri untuk meneruskan usaha ini.

“Cuman saya dan Mba Nurul.” ungkap  Bu Yati ketika ditanya ada berapa pegawai yang bekerja. Hanya berdua saja, beliau dengan satu orang yang membantu. Keduanya sama-sama bisa meracik menu yang ada sehingga bisa fleksibel siapa meracik apa.

Promosi dan Inovasi Untuk Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan Juga Perlu

promosi-dan-inovasi-untuk-bisnis-modal-kecil-yang-menjanjikan

Promosi atau marketing usaha sangat diperlukan dalam setiap bisnis, termasuk bisnis kuliner yang dijalankan Bu Yati saat ini. Pada awalnya, promosi baru dari mulut ke mulut. Memang, cara ini paling ampuh terutama bagi kamu yang merasa belum mampu mengoptimalkan media sosial. Seiring berjalannya waktu dan hingga saat ini, Lotek Bu Yati sudah memanfaatkan keberadaan go-jek untuk promosi usahanya. Beliau juga mengaku, penjualan terbanyak memang berasal dari go-jek.

Jadi, buat kamu yang ingin bisnis kuliner lebih laris, tidak ada salahnya bermitra dengan go-jek seperti yang dilakukan Bu Yati. Namun, perlu diperhatikan kalau inovasi dalam dunia kuliner adalah hal wajib dan mutlak perlu.

“Tambahan menu ini udah planning ya mas, penyetan ada sama pempek.” tutur Bu Yati sekaligus mengharapkan bisa mencari lokasi lain yang lebih luas untuk menu yang lebih variatif dikemudian hari.

Media sosial memang sangat penting untuk pemasaran di jaman sekarang. Namun, memang tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa pelaku usaha yang belum familiar dengan ini. Meskipun begitu, buktinya usaha Bu Yati tetap bisa jalan sampai sekarang, kan? Ini jelas membuktikan bahwa kunci sukses ada di berbagai sudut yang harus diperhatikan. Bu Yati memang tidak menggunakan media sosial, tetapi sudah langsung bermitra dengan go-jek yang sudah cukup membantu dalam promosi.

Pantang Menyerah, Selalu Semangat Membuka Berbagai Macam Usaha Dari Nol!

Motivasi untuk memulai usaha ada banyak, terutama teman-temannya. “Terutama Abang saya dari Bengkulu support banget sampai saya bisa bangun. Saya juga ingin membuka lapangan kerja karena sebelumnya punya pengalaman jatuh bangun.”

Bagi Bu Yati, kunci sukses untuk menjalankan usaha meliputi kemauan keras dan disiplin, itu saja. Adapun harapan beliau terhadap bisnis yang sekarang dilakoni adalah semoga bisa mencari tempat yang bagus (sekarang cenderung sempit) dan membuka lapangan kerja.

Pesan Beliau untuk yang punya usaha atau tips, “Buat tambahan keluarga, walaupun suami udah ngasih uang misalnya kita sebagai perempuan mencari tambahan ga ada salahnya. Motivasinya semoga bisa mengangkat ekonomi keluarga, mudah-mudahan bisa berguna juga buat lain-lainnya.”

Dengan niat yang baik sebelum memulai usaha, pasti akan selalu ada jalan yang menjadikan sesuatu yang kelihatannya sulit akan jadi lebih mudah. Modal memang menjadi momok tersendiri, tapi itu bukan penghalang kamu buat segera merealisasikan mimpi menjadi seorang wirausaha. Tidak perlu menunggu segalanya serba WAH dulu baru mulai, karena apapun itu, lebih cepat lebih baik.

Jika kamu tertarik untuk terjun berwirausaha, apapun jenis usahanya yang penting halal. Kamu juga harus membiasakan untuk disiplin dan kemauan keras, insyaAllah pasti jadi. Bu Yati sudah membuktikannya, kalau beliau bisa, kamu juga pasti bisa! Apabila kamu ingin tahu bisnis kuliner apa saja yang bakal booming tahun 2020, bisa mampir ke sini ya.

Simak juga video hasil liputan kami dengan Bu Yati dan Bisnis Loteknya di bawah ini. Semoga bisa menginspirasi kamu, ya!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba