Twitter Marketing, Lahan Basah Bagi Pelaku Usaha

Twitter marketing bisa jadi strategi pemasaran bagi pelaku UMKM saat ini. Salah satu alasannya: perkembangan twitter sejak 2019 hingga 2021 bisa terbilang menjanjikan. Menurut Country Industry Head Twitter Indonesia, pengguna twitter Indonesia jumlahnya meningkat cukup besar, bahkan mencapai 3,5 kali dibanding rata-rata pengguna global. Pada 2019, peningkatan tercatat sebesar 21%.

Keaktifan banyak pengguna Indonesia sedikit banyak disebabkan karena twitter punya cara pakai yang berbeda dengan platform digital lain. Kecepatan penyampaian kabar, ruang diskusi hingga interaksi dan timbal baliknya bisa tercipta dalam ruang media sosial ini.

Pandemi memaksa banyak kelompok masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Maka konsentrasi aktivitas menjadi fokus di internet. Celah inilah yang bisa digunakan pelaku usaha untuk mengenalkan produknya lewat startegi Twitter Marketing.

Potensi Twitter Marketing

Menurut data yang dihimpun oleh US Nielsen Brand Effect, iklan video di twitter 70% membuat pengguna mengingat merek yang diiklankan, 28% lebih cenderung mengetahui merek pengiklan, dan 6% membuat pengguna memiliki niat untuk membeli (versus mereka yang tidak terpapar iklan video).

Salah satu ciri twitter adalah pengguna mudah untuk bergabung dalam percakapan yang sedang populer di linimasa. Pelaku usaha bisa memanfaatkan postingan populer untuk mempromosikan usahanya. Beberapa akun populer juga biasanya membuka jasa ‘paid promote’ untuk usaha. Paid promote ini sama dengan konsep ‘endorse’ atau promosi berbayar.

Potensi lain dari twitter marketing adalah kecepatan penyebaran informasi lewat platform ini sangat cepat. Bisa dikatakan topik atau konten yang ada di twitter punya karakter real time.

Unsur-Unsur yang Memperkuat Twitter Marketing

Ada beberapa hal yang bisa kamu gunakan untuk memperkuat pemasaran via twitter. Pemetaan ini akan memudahkan pelaku usaha untuk menentukan bentuk promosi hingga waktu promosi yang tepat.

Penggunaan Fitur

Twitter punya banyak fitur yang bisa digunakan untuk menarik banyak pengikut. Misal yang paling dekat adalah pemanfaatan gambar bergerak (gif) yang lucu dan menarik bagi banyak orang. Lalu twitter juga mudah untuk membagi video yang bisa ditonton langsung oleh akun lain tanpa perlu membuka profilmu. Dengan menggunakan video, maka engagement(interaksi) kontenmu bisa meningkat hingga 10 kali lipat. Engagement dapat berupa retweet, balasan, jumlah pengikut, suka, ketersebaran link, hingga penggunaan hashtag.

Tweet Promosi di Waktu yang Tepat

Sama seperti akun media sosial lain, twitter juga memiliki analytics sendiri. Kamu bisa menganalisis waktu-waktu kapan aktivitas di twitter meningkat. Gambaran waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk memposting konten usahamu. Dengan membuat cuitan di waktu yang tepat, maka besar kemungkinan akan lebih banyak pengguna yang akan melihat.

Gunakan Bahasa Percakapan

Interaksi di twitter lebih menyerupai komunikasi personal seperti ketika bercakap-cakap dengan teman. Dengan menggunakan bahasa komunikasi yang bebas, kamu dapat menjalin interaksi lewat komentar

Manfaatkan Hashtag

Jika mengetweet dengan hashtag di akun publik, siapa pun yang mencari hashtag tersebut dapat menemukan tweet yang dicari. Saran dari twitter: lebih baik jangan gunakan hashtag lebih dari dua per tweet supaya lebih efektif. Pastikan hashtag yang digunakan spesifik untuk barang yang dipromosikan, supaya pengguna akun lain mudah menemukannya.

Biasanya trending teratas akan muncul di rekomendasi setiap pengguna akun twitter. Agar twitter marketing semakin maksimal, cara paling cepat adalah mengetahui apa yang sedang populer saat itu. Promosi bisa dilakukan dengan ‘nimbrung’ dalam percakapan-percakapan populer.

Gunakan caption yang kreatif dan menarik

Caption adalah informasi dasar yang perlu diketahui oleh pelanggan. Dalam twitter, tidka semua caption perlu dibuat terlalu serius, yang penting penyampaiannya tepat dan jelas sasaran.

Insight Untuk Twitter Marketing

Seperti juga akun media lain, twitter juga mengeluarkan insight (wawasan) selama ramadan 2021 yang sekiranya menarik bagi pengguna. Untuk pelaku usaha, insight ini akan dapat membantu untuk mempersiapkan konten yang sekiranya akan membuat pengguna akun lain tertarik.

Kesiapan Masyarakat Indonesia untuk Rayakan

Ramadan kali ini, masyarakat Indonesia akan menjalaninya dalam kondisi pandemi lagi. Dalam penelusuran twitter, sebagian besar masyarakat memilih untuk menghabiskan waktu untuk menikmati hiburan di Twitter. Selain itu media sosial akan banyak digunakan untuk terhubung dengan relasi.

Konten tentang ramadan yang dibalut dengan cerita lucu atau menghibur, atau interaksi yang ringan akan banyak menarik pengguna. Oleh karena itu, membuat konten harus disesuaikan dengan situasi pengguna.

Percakapan tentang Ramadan Cenderung Lebih Cepat

Pada 2020, pembicaraan tentang ramadan sudah terjadi satu bulan sebelum masuk bulan puasa. Topik yang ada seputar mudik, hiburan, dan juga kuliner. Dua topik yang terakhir sangat potensial untuk menjadi konten promosi.

Masyarakat Optimistis di Tengah Pandemi

Masyarakat Indonesia sudah beradaptasi situasi pandemi sekarang. Sebanyak 45% pengguna twitter yakin bahwa kondisi ini akan membaik seiring dengan waktu.

Masyarakat Paling Tertarik dengan Konten Hiburan

Tidak bisa banyak beraktivitas di luar ruangan tentu membuat banyak kelompok masyarakat merasa jenuh dengan situasi ini. Oleh karena itu konten hiburan masih menjadi kebutuhan dan yang paling menarik bagi para pengguna twitter.

Pelaku usaha bisa memanfaatkan kecederungan ini dengan membuat tweet lucu-lucuan (dengan catatan tidak menyinggung siapapun), jika banyak pengguna yang menyukai postingan, maka engagement pun akan semakin naik.

Social Commerce Kian Dikenal

Sekarang ini kegiatan masyarakat lebih banyak terpusat di online. Dilansir dari marketeers.com, Twitter mendeteksi kecenderungan social commerce akan lebih aktif lagi, mulai dari berbelanja (57%), memesan makanan (37%), berzakat (19%), hingga mengirim hadiah (19%). Kegiatan tersebut akan meningkat selama ramadan dan terutama menjelang Idul Fitri.

Mengingat cepatnya penyebaran informasi yang ada di twitter, maka kemungkinan besar banyak ide hadiah lebaran atau kuliner baru yang bertebaran. Pelaku UMKM bisa menggunakan kesempatan ini untuk kampanye produk baru. Salah satu startegi twitter marketing yang bisa dilakukan adalah terhubung dengan pengguna yang lain. Jadi pelaku usaha menjalin komunikasi dengan para user twitter.

Pengguna Twitter Bersedia Membayar Lebih

Menurut survei Ramadan Twitter 2021, pengguna twitter (60%) ternyata memiliki kesadaran terhadap produk dibanding mereka yang tidak menggunakan platform twitter.

Bahkan para pengguna juga memiliki tingkat kepedulian yang besar terhadap lingkungan. Hal ini ditunjukan dari jumal pengguna twitter (66%) yang mengaku lebih bersedia membayar lebih untuk produk ramah lingkungan.

Selain itu, saat ini banyak sekali brand-brand baru yang juga menggunakan akun twitter untuk mengenalkan usahanya. Twitter marketing membuat pelaku usaha bisa lebih dekat dengan konsumen potensial.

Untuk memaksimalkan pengenalan produk, maka sisi visualisasi juga perlu dipertimbangkan. Selain itu, deskripsi dan informasi yang jelas terhadap produk menjadi nilai lebih di mata calon pelanggan.

Twitter marketing adalah cara baru bagi pelaku usaha untuk merambah audiens yang lebih luas. Semakin banyak platform digital yang digunakan untuk promosi, maka usaha akan semakin terhubungan dengan ekosistem digital. Dalam situasi sulit, digitalisasi usaha bisa menjadi alternatif untuk bertahan dalam situasi sulit.

Ikuti terus informasi menarik seputar peluang usaha lainnya hanya diĀ BisnisUKM.com

Leave a Comment