Manajemen UKM

Tips Menentukan Harga Produk Sembako

SHARE YUK!

menentukan harga sembakoSampai saat ini, bisnis agen sembako selalu menjadi salah satu pilihan menarik untuk diangkat sebagai peluang usaha. Bisnis ini memiliki peluang yang sangat baik, karena setiap harinya ada saja orang yang membutuhkan produk sembako (sembilan bahan pokok).

Selain karena peluangnya masih terbuka lebar, bisnis agen sembako juga menjanjikan keuntungan besar bagi para pelakunya. Bahkan, bisa dikatakan peluang bisnis ini mudah untuk dikelola. Pasalnya, distributor dan suplier produk sembako bisa ditemukan dengan mudah di berbagai kota dan bisnis ini bisa dijalankan dari rumah karena dimanapun lokasi bisnis Anda berada, ada banyak orang yang membutuhkan produk sembako.

Nah, untuk membantu Anda yang memilih untuk menjadi agen sembako sebagai peluang usaha. Pertama-tama yang perlu diperhatikan tentunya adalah Anda harus pandai-pandai dalam menentukan harga jualnya. Selisih harga seratus rupiah pun akan menjadi pertimbangan toko/ pengecer sembako untuk mengambil barang di tempat Anda.

Bila perlu, sebelum menentukan  harga sebaiknya Anda melakukan survey ke toko-toko atau pengecer sembako di sekitar Anda dan juga mencari info harga sembako dari agen yang lain. Dari sini Anda akan lebih mudah dalam menentukan harga.

Secara singkat mungkin Anda dapat menggunakan rumus sebagai berikut :

Pr = (M x P) : 100

Keterangan :

Pr = Profit (dalam rupiah)

M  = Modal ( dalam rupiah)

P  = Persentase yang diinginkan

Misalnya : Anda membeli kecap harga Rp 1250,- dan persentase keuntungan yang diinginkan sebesar 20%. Maka berapa keuntungan/ profit yang akan Anda dapat? Berapa harga jualnya ?

Dengan rumus di atas maka profit yang akan Anda dapat yaitu sebagai berikut :

Pr         = (M x P) : 100

Profit   = (Rp 1250 x 20) : 100 = Rp  250,

Sehingga harga jual ideal untuk produk kecap yaitu sebesar Rp 1.250 + Rp 250 = Rp 1500,-

Yang perlu diperhatikan juga, besaran persentase yg akan diambil harus mempertimbangkan jenis barang. Barang yang cepat laku kisaran 10%, sedangkan barang lakunya lama bisa mengambil persentase sekitar 20 – 25%. Untuk barang kardusan minimal Rp1000,-/ kardus.

Mengingat profit sembako tidak terlalu besar, maka usahakan untuk memperoleh barang dari distributor/ suplier besar atau produsennya langsung agar harga yang Anda dapatkan masih bisa bersaing dengan pemain lainnya di pasaran.

Demikian, semoga kesabaran dan kesuksesan menyertai usaha Anda.

Salam sukses

Ronni-AriantoRONNI ARIANTO W

Founder & Pimpinan
Rizqiyya Food – Produsen tepung bumbu Qreezpy

Pada tahun 2009, Ronni Arianto W. mendirikan perusahaan dengan nama Rizqiyya Food. Produk utama yang beliau angkat adalah tepung bumbu Qreezpy, yaitu tepung bumbu instant dengan bahan baku rempah alami yang bebas dari MSG. Beliau mengawali produksi tepung bumbu Qreezpy dengan peralatan yang sederhana dan dijalankan sendiri. Saat ini beliau sudah memiliki pabrik sendiri untuk memproduksi tepung bumbu instant-nya.

Sumber gambar : http://www.klikpositif.com/media/images/news/jelang-ramadhan-harga-sembako-di-bali-tak-stabil_20130708170558.jpg

SHARE YUK!