Tips Menjalankan Bisnis Sampingan Beternak Kenari

bisnis ternak kenariBurung kenari atau sering disebut juga dengan Serenius Canarius bukanlah burung asli Indonesia. Namun, burung kenari banyak dikembangbiakan di seluruh penjuru dunia termasuk di Negara Indonesia. Burung kenari yang yang banyak masuk di wilayah Indonesia adalah burung kenari Holland dan Taiwan.

Belakangan ini burung kenari telah menjadi primadona karena harganya yang cenderung mahal dan tetap stabil sehingga membuat para peternak burung kenari semakin bersemangat untuk membudidayakannya. Semakin hari para pemula pun tidak mau kalah, mereka sudah banyak yang melirik akan manisnya peluang bisnis beternak burung kenari ini.

Namun, tidak sedikit juga dari mereka yang menemui kegagalan setelah mereka mulai menjalankan bisnis sampingan ini, itu dikarenakan mereka tidak tahu bagaimana cara beternak kenari yang benar sehingga dapat menghasilkan keuntungan.

Untuk itu penting bagi Anda untuk tahu bagaimana tips menjalankan bisnis sampingan beternak kenari yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah gambaran secara umumnya.

Kebersihan

Kebersihan adalah salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan dan tidak hanya berlaku untuk ternak kenari saja. Tetapi ternak apapun saja kebersihan kandang dan sarang harus diperhatikan dengan baik. Salah satu kunci sukses dari ternak kenari adalah kebersihan, mulai dari kebersihan kandang, sarang hingga tempat pakan dan minumnya. Semua itu harus dibersihkan setiap hari.

Pakan

Beri makanan suplemen yang bagus untuk burung kenari Anda. Suplemen berfungsi untuk menunjang fitalitas dan stamina burung kenari. Suplemen yang bagus untuk burung kenari adalah yang mempunyai fungsi jelas. Selain itu, jangan lupa Anda memperhatikan kadar zat yang terkandung di dalam suplemen tersebut. Suplemen memiliki banyak manfaat, ada suplemen yang khusus merangsang suara, menjaga burung agar tidak stress dan meningkatkan produktifitas telur.

Kenyamanan

Ciptakan kenyamanan bagi burung kenari dengan memperhatikan kandang kenari. Misalnya suhu udara yang stabil yaitu tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin, bersih dan aman dari gangguan hewan yang membahayakan nyawanya seperti tokek, kucing, anjing, tikus dan lain-lain serta usahakan jangan terlalu rebut, baik dari segi suara maupun aktivitas bergerak lainnya.

Ukuran Kandang

Buat ukuran kandang dengan tepat yaitu sesuai dengan ukuran burung kenari. Jadi semakin besar burung kenari maka semakin luas juga kandang yang dibutuhkan. Adapun kandang kenari untuk betina buatlah yang sedang yaitu tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Demikian tips menjalankan bisnis sampingan ternak kenari yang bisa sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang tertarik dengan ternak kenari. Selamat mencoba dan salam sukses!

Sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/-w_5d1q6Btcs/Ujg2BOfxyTI/AAAAAAAAAdg/zql3sZpQUrc/s1600/tipskenari.blogspot.com.Gambar+Burung+Kenari+10+(2).jpg

1 Komentar

  1. pa cuma mu nanya kalau mau beli anak burung kenari melalui online satu jodoh berapa

Comments are closed.