Tips Pemasaran Efektif Yang Paling Disukai Para Pelanggan

perilaku konsumen

Pentignya tips pemasaran efektif ini dalam dunia bisnis adalah karena semakin pesatnya pertumbuhan bisnis di Indonesia.Ternyata bukan hanya menyerap jumlah tenaga kerja yang cukup banyak, namun juga diiringi persaingan pasar yang semakin hari semakin ketat. Kondisi inilah yang sekarang ini memaksa sebagian besar pelaku usaha untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan strategi pemasaran bisnisnya.

Hal ini cukuplah penting, sebab tanpa strategi pemasaran efektif yang unik, bisa dipastikan bila bisnis yang mereka jalankan akan tenggelam di tengah ketatnya persaingan pasar dan gagal mencapai target penjualan yang ditentukan perusahaan. Oleh karena itu, dalam mengembangkan sebuah usaha, diperlukan tips pemasaran efektif yang disukai para pelanggan agar produk yang Anda tawarkan laris manis di pasaran.

Tips Pemasaran Efektif

Berikut adalah beberapa tips pemasaran efektif yang bisa Anda jalankan untuk merangkul calon konsumen. Yuk langsung simak aja, check this out !

Dengarkan konsumen dan pahami kebutuhan mereka

Sebagian besar konsumen akan merasa senang apabila mereka diperhatikan dengan baik oleh para pelaku usaha. Karenanya, sebisa mungkin dengarkan keinginan maupun keluhan yang mereka sampaikan dan pahami kebutuhan yang mereka cari. Dengan menciptakan kebutuhan yang mereka cari, tidak menutup kemungkinan bila konsumen Anda akan semakin loyal dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan.

Bangun komunikasi pemasaran yang efektif

Komunikasi merupakan salah satu kunci utama dalam dunia pemasaran. Segala macam produk maupun jasa dapat diterima pasar apabila kita menginformasikannya dengan komunikasi yang baik dan menarik. Faktor inilah yang membuat komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian konsumen, meningkatkan minat dan meyakinkan konsumen agar segera mengambil keputusan dan mencari informasi lebih lanjut tentang produk serta jasa yang Anda tawarkan.

Berusaha mengikuti perkembangan teknologi

Sekarang ini tidak hanya pemasaran tradisional yang disukai para konsumen. Bahkan bisa dikatakan konsumen sudah mulai bosan dengan strategi pemasaran jadul (jaman dulu) yang sering dijalankan para sales produk, sehingga sebagai pelaku pasar Anda harus pintar-pintar mengikuti perkembangan teknologi yang belakangan ini marak digunakan masyarakat. Misalnya saja seperti mengandalkan media online (website) untuk mempromosikan produk, menggunakan situs jejaring sosial (facebook atau twitter) untuk menjangkau pasar yang lebih luas, serta masih banyak lagi marketing trends lainnya yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan.

Butuh testimoni atau pengakuan langsung dari para pelanggan

Terkadang calon konsumen lebih mudah percaya terhadap suatu produk maupun jasa yang direkomendasikan langsung oleh kerabat maupun teman dekat yang ada di sekitar mereka.

Pengakuan dari para pelanggan yang sudah mendapatkan kepuasan dari produk atau jasa Anda, memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga tidak heran bila mereka semakin yakin untuk membeli atau menggunakan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Memberikan pelayanan prima

Tentu yang membuat pelanggan nyaman untuk belanja ditempat Anda adalah dengan adanya pelayanan yang memuaskan serta menghargai pelanggan. Dengan begitu pelanggan akan merasa terkesan dan nyaman untuk belanja. Dengan betul – betul membuat pelanggan menyukai pelayanan And amaka pelanggan tidka akan sungkan untuk kembali ke tempat Anda dan bahkan bisa mendatangkan pelanggan lainnya karena rekomendasi dari pelanggan lainnya.

Meskipun teradang Anda menemukan pelanggan banyak mau dan banyak bertanya alamgkah lebih baiknya jika Anda tetap emlayani dengan sepenuh hati, ramah, sabar, cekatan dna teliti. Memberikan pelayanan dengan murah senyum juga akan nyaman untuk dilihat bukan? Maka penting seklai untuk Anda mempelajari ilmu pelayanan prima kepada pelangan.

Menerima kritik dan masukan demi evaluasi

Sebagai seorang pelaku bisnis tentu Anda ingin strategi pemasaran yang digunakan ampuh untuk pelanggan. Nah cara ini sangat efektif untuk membuat pelanggan menyukai bisnis Anda. Selalu ringan untuk mendengarkan kritik dan saran yang membangun dari pelanggan.

Kerap kali perusahaan atau sebuah bisnis sudah berupaya melakukan yang terbaik dan pelayanan prima. Namun sering kali pelanggan merasa kurang puas dan sebagainya. Maka dari itu saran dan kritik ini berfungsi untuk menyampaikan apa yang masih perlu diperbaiki dan apa yang kurang. Dengan begitu Anda akan tau betul dimana letak kekurangan dan yang harus diperbaiki.

Memberikan hadiah kepada pelanggan

Mungkin dari sekian banyak pelanggan ada yang sudah sejak lama berbelanja produk ditempat Anda selama bertahun – tahun dan percaya dengan kualitas serta pelayanan Anda. Nah untuk menghargai karena mereka sudah mau menjadi pelangan setia tidak ada salahnya jika Anda memberikan diskon potongan harga atau memberikan souvenir hadiah kecil. Ini adalah sebagai wujud terima kasih karena telah menjadi pelanggan setia. Meski terkadnag barang yang diberikan tidak seberapa namun pelanggan akan meras terkesan dengan apa yang Anda lakukan.

Menyapa nama pelanggan dengan lembut

Meski terkesan sepele namun ternyata bisa membuat terkesan pelanggan tentunya. Ketika pelanggan tersebut sudah datang lebih dari 1 kali maka cobalah ingat namanya dan kemudian sapalah dengan senang hati. Dengan begitu pelanggan akan merasa dihargai dan diingat namanya. Dengan sikap Anda yang ramah tersebut tentu membuat pelangan menyukai Anda dan tak segan untuk selalu kembali di toko Anda. Tentu toko yang melayani dengan sepenuh hati akan menaikkan citranya pula.

Nah, setelah membahas beberapa tips pemasaran efektif yang disukai para pelanggan. Kini saatnya Anda mempraktekannya langsung dalam memasarkan produk dan mendapatkan omset besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
http://vitamedia.com/wp-content/uploads/2011/03/Internet-Marketing-Targeted-Customer.jpg

1 thought on “Tips Pemasaran Efektif Yang Paling Disukai Para Pelanggan”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba