Inspirasi Bisnis

Toko Online, Apa itu?

SHARE YUK!

website toko onlinePerubahan gaya hidup masyarakat yang semakin modern serta kian mudahnya akses internet di berbagai penjuru daerah, menjadikan pertumbuhan toko online di negara kita semakin hari kian melesat pesat. Berbagai macam produk maupun jasa bahkan mulai dipasarkan para pelaku usaha di ranah maya untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya.

Bila dulunya masyarakat Indonesia terbiasa dengan transaksi jual beli konvensional (bertatap muka secara langsung), belakangan ini masyarakat kita lebih tertarik dengan segala hal yang serba praktis sehingga tidak heran bila sebagian besar dari mereka lebih tertarik untuk melakukan transaksi pembelian via online. Fenomena seperti inilah yang kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha di Indonesia untuk bisa meraup untung besar dengan cara membuat toko online.

Untuk membuat toko online, sekarang ini para pemula maupun pelaku usaha tak perlu susah-susah mengeluarkan biaya mahal guna membuka lapak dagang di dunia maya. Anda bisa memanfaatkan beberapa marketplace seperti misalnya bisnisUKM.com yang memberikan kemudahan cara membuat toko online bagi para pemula maupun pelaku usaha.

Nah, bagi Anda para pemula yang penasaran ingin mencicipi manisnya laba dari peluang bisnis toko online. Sebelumnya mari kita bahas bersama mengenai pengertian toko online yang bisa Anda pahami dengan mudah.

Toko Online, Apa itu?

Yang dimaksud dengan toko online adalah media, sarana, ataupun tempat dimana kita bisa menjual produk maupun jasa dan pembeli dapat memesan produk atau jasa tersebut melalui komputer PC ataupun melalui produk gadget lainnya yang terhubung dan terkoneksi dengan internet sehingga terjadi transaksi jual-beli tanpa harus bertemu langsung dengan calon konsumennya.

toko onlineBiasanya, para pelaku bisnis toko online memanfaatkan halaman website ataupun blog sebagai kios toko untuk memajang produk dagangan yang mereka tawarkan. Meskipun pembeli dan calon konsumennya tidak bertatap muka secara langsung, namun calon konsumen bisa memesan barang yang dipasarkan pemilik toko online melalui sms, telepon, BlackBerry Messenger (BBM), email, atau memanfaatkan shopping cart (keranjang belanja) yang ada di situs toko online tersebut.

Sedangkan untuk sistem pembayaran, bisa dilakukan calon konsumen melalui paypal ataupun transfer ke rekening bank yang dicantumkan para pemilik toko online. Apabila transaksi pembayaran sudah berhasil dilakukan calon konsumen, selanjutnya barang yang dipesan akan dikirim ke alamat konsumen menggunakan jasa ekspedisi yang sudah disepakati kedua belah pihak (konsumen dan pemilik toko online).

Semenjak trend toko online mulai booming di Indonesia, sekarang ini masyarakat mulai beralih dari sistem belanja konvensional menjadi sistem belanja online yang memudahkan calon konsumennya untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka butuhkan tanpa harus repot-repot pergi ke luar rumah. Kemudahan yang ditawarkan para pelaku toko online kepada setiap konsumennya, menjadi salah satu daya tarik yang mendorong pertumbuhan bisnis toko online di Indonesia.

Namun, meskipun sekarang ini sudah banyak website toko online yang bisa anda temukan dengan mudah di dunia maya. Sebaiknya Anda tetap waspada dalam memilihnya dan pastikan toko online yang anda pilih telah memiliki reputasi yang baik di mata para konsumen. Semoga informasi yang mengupas seputar toko online ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang ingin menekuni usaha di dunia maya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://3.bp.blogspot.com/-fHzPtF60I_8/UCeClE78UEI/AAAAAAAAAh0/5Qp3nEfkaGc/s200/2067787.jpg
2. http://opgks.info/wp-content/uploads/2012/11/%D0%B8%D0%BD%D1%82%D0%B5%D1%80%D0%BD%D0%B5%D1%82-%D1%88%D0%BE%D0%BF%D0%BF%D0%B8%D0%BD%D0%B3.jpg

SHARE YUK!