Trend Bisnis Kuliner UMKM 2021 Dengan Gofood dan Grab Food

Trend bisnis kuliner UMKM dewasa ini semakin menarik dengan adanya layanan gofood dan grabfood. Pemerintah tak hanya mencanangkan pemasaran digitalisasi untuk penjualan produk UMKM lokal dengan marketplace. Namun juga memberikan solusi dalam meningkatkan penjualan bagi para pelaku usaha kuliner UMKM lokal.

Layanan gofood ini menjadi solusi pemasaran digitalisasi bagi para pelaku usaha kuliner UMKM. Selama masa pandemi ini banyak yang mengeluhkan penjualan menurun. Nah solusi bagi para pelaku usaha kuliner ini adalah dengan bekerjasama dengan layanan gofood. Pemasaran digitalisasi gofood gofood dan grabfood ini juga digencarkan bagi para pelaku usaha kuliner UMKM lokal.

Tujuannya agar usaha kuliner UMKM lokal bisa bangkit dimasa pandemi ini. Usaha kuliner UMKM lokal dengan digitalisasi kini menjadi trend selama masa pandemi. Tentunya karena perubahan gaya hidup masyarakat yang menghindari kontak langsung. Sehinga lebih memilih menggunakan layanan pesan antar ketika membeli makanan.

Cara Daftar Grabfood Gofood
Sumber Gambar : indoindians.com

Trend Bisnis Kuliner Dengan Gofood dan Grabfood

Gofood pun mendukung penuh program pemerintah untuk mengentaskan pelaku usaha kuliner UMKM dalam memaksimalkan pemasaran digitalisasi. Berbagai cara dilakukan oleh layanan gofood seperti diskon dan pemasaran melalui sosial media.

Memberikan promosi adalah salah satu strategi pemasaran yang kini sedang populer. Selain itu pembayaran nontunai pun mulai berkembang. Sehingga semakin mendukung layanan gofood direkomendasikan untuk digunakan. Nah ada 2 layanan gofood yang trend saat ini, Gojek dan Grab.

Go food dan grab food adalah dua startup yang menawarkan jasa pesan antar makanan. Menghubungkan antara pemilik restoran atau warung makan dengan konsumen. Nah begini cara mendaftarnya :

Cara Daftar Grabfood

  1. Pertama masuk halaman grab.com
  2. Pilih menu layanan, temukan disamping logo grab bagian atas.
  3. Klik grabfood, lalu klik disini pada banner untuk bergabung sebagai grabfood merchant.
  4. Lengkapi formulir pendaftaran restorant atau warung. Seperti identitas diri,nama restorant, alamat, nomor ponsel dan email.
  5. Selanjutnya grab akan meminta verifikasi melalui email. jadi pastikan jika email yang kau gunakan adalah email yang aktif.
  6. Setelah itu cek email untuk registrasi restorant di grab food.
  7. Kemudian lanjutkan mengisi formulir yang perlu dilengkapi. kamu akan dituntuntun mengisi nama pribadi, nomer hp, restoran, surel, nama restoran, hingga foto logo restoran, makanan, daftar menu.
  8. Atur jadwal buka atau tutup restoran, pastikan menentukan jam operaisonal restoran yang tepat. Setelah selesai klik tanda panah.
  9. Lengkapi menu restorant, untuk tombol + untuk mengisi menu. Sedangkan tanda x untuk menghapus menu dari daftar.
  10. Selanjutnya pihak grabfood akan melakukan verifikasi dari data formulir sms.

Cara Daftar Gofood

  1. Buka akun resmi gofood di https://www.gojek.com/
  2. Ada 3 pilihan : daftar gofood baru perorangan, gofood perusahaan atau penambahan cabang baru. Klik opsi yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  3. Selanjutnya isi daftar lengkap nama usaha yang ingin kamu daftarkan.
  4. Kemudian isi alamat lengkap, data pemilik, data pembayaran, data outlet.
  5. Verifikasi memsubmit data lengkap, maka pastikan mengecek email secara berkala.
  6. Melengkapi dokumen seperti Fc KTP, NPWP, buku tabungan, KK.

Keuntungan Menjadi Mitra Gofood dan Grabfood

  • Menjangkau lebih banyak pelanggan

Baik gofood maupun grabfood memiliki strategi pemasaran yang membantu restoran iklan produk. Misal dengan diskon dan penukaran poin.

  • Transaksi pembelian jauh lebih aman

Sistem pembelian layanan gofood ini sudah dibuat sedemikian rupa sehingga aman digunakan. Bentuk pembayaran menggunakan sistem cashless dan tercatat detail diaplikasi.

  • Pengaturan yang mudah serta layanan gratis

Di era serba modern dan internet ini setiap restoran bisa membuat akun gofood ini dengan mudah. Dan lebih menariknya lagi layanan ini bisa digunakan oleh siapapun dan gratis.

  • Jam buka yang lebih fleksibel

Salah satu keuntungan yang dihadirkan adalah jam operaisonal yang lebih fleksibel. Tidak terbatas waktu seperti kita membuka di mall dan lain sebagainya.

  • Sistem bagi hasil

Seperti model usaha pada umumnya yang memiliki model sendiri untuk bekerjasama. rata-rata sistemnya adalah bagi hasil 80% untuk restorant dan 20% untuk gofood.

Demikian tadi adalah beberapa keuntungan dari kerjasama dengan gofood dan grabfood, serta cara mendaftarnya untuk meningkatkan pemasaran digitalisasi para UMKM kuliner.

Leave a Comment