Ubah Hobi Jadi Duit Bisnis Kopi Kekinian “Melcosh Kafe”

Bisnis kopi kekinian atau coffee shop memang sedang trend beberapa tahun terakhir ini. Terutama bagi dikalangan para anak muda milenial, trend gaya hidup ngopi sudah menjadi kebiasaan sehari-hari sekarang ini. Pada liputan kali ini team BisnisUKM.com mendapat kesempatan untuk menemui seorang manager muda dari Melcosh Kafe.

Melcosh Kafe merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang minuman terkhusus kopi nusantara. Kafe ini telah memiliki 2 gerai yang berada di Jl. Kaliurang dan di mall SCH. Mungkin kamu tidak asing dan bahkan sudah pernah mampir di gerai kopi yang dinamai Melcosh Kafe, Merapi Lounge dan Coffee Shop ini. Yuk langsung simak saja cerita lengkapnya.

Bisnis Kopi Kekinian di Melcosh Kafe

Kenalan Sama Manager Melcosh Kafe

Manager dari Melcosh ini bernama Rizkianto Hadi Munawar dan kerap dipanggil dengan sebutan Kiki. Nah kali ini BisnisUKM mendapatkan ijin untuk mengunjungi gerai yang berada di Mall SCH atau Sleman City Hall. Untuk nama Melcosh ini sendiri singkatan dari Merapi Lounge dan Coffee Shop. Melcosh Cafe yang berada di mall Sleman City Hall ini merupakan cabang yang berada di Jalan Kaliurang KM 23.

Melcosh Kafe yang berada di mall Sleman City Hall ini mengusung konsep coffee shop sedangkan untuk yang berada di Jalan Kaliurang lebih pada konsep ke resto dan coffee. Maka dengan adanya gerai yang berada di mall Sleman City Hall ini digunakan sebagai branding. Owner pun memiliki harapan apabila kedepannya memiliki modal dan rezeki yang lebih lagi nantinya akan membuka cabang di kota lain seperti Jakarta, Sumatra dan Kalimantan.

Kopi Kekinian Yang Mengusung Kopi Nusantara

Konsep Melcosh di mall Sleman City Hall ini sendiri cenderung pada coffee shop, dimana coffee shop di beberapa tahun belakangan ini perkembangan kopi sedang benar – benar memuncak. Lalu jika ditanya alasannya kenapa Melcosh berada di mall Sleman City Hall berbeda dengan Melcosh yang berada di Jalan Kaliurang? Nah alasannya terkuatnya kini sedang mengikuti trend kopi. Jadi disini konsepnya dibuat lebih pada coffee shop.

Dengan begitu tentunya juga akan sedikit mengapresiasi dari petani kopi Indonesia. Berkat beliau, kopi yang berada di nusantara melonjak tinggi pasarnya sampai bisa diimport. Dan di Melcosh Coffee ini mengapresasi kopi dari seluruh nusantara. Jadi dari sanalah dibuat konsep kafe lebih pada coffee shop.

Nah Melcosh ini juga memiliki roasting kopi namun hanya yang berada di Jalan Kaliurang. Buat teman – teman yang tertarik rosting kopi ini bisa datang langsung di gerai Melcosh yang berada di Jalan Kaliurang KM 23, Hargobinangun Pakem.

Metode Mengolah Kopi Di Melcosh

Sedangkan untuk produk kopi lumayan cukup banyak. Di Melcosh ini sendiri ada 2 metode, yang pertama manual brewing dan ekspresso mesin. Kalo untuk manual brewing ada French Press, Vietnam Drip, Syphon dan V60. Ini semua disediakan untuk penikmat kopi.

Untuk manual brewing ini orang kebiasaan memasan kalau dalam perkopian ada istilahnya, yakni single origin. Single origin ini adalah salah satu daerah asal kopi itu ditanam. Katakan dari Aceh, Gayo. Flores, Bajawa. Bali, Kintamani.

Untuk metodenya sendiri French Press seperti metode membuat teh. Jadi ampasnya yang berada diatas, jadi kopi yang disedu akan naik, kemudian langsung di press. Nah selanjutnya adalah Vietnam Drip sebuah metode dari manual brewing.

Karakter Kopi Kekinian Robusta

Nah kalo di Melcosh mall Sleman City Hall ini diperuntukkan untuk kopi susu, tersedia kopi panas maupun dingin. Biasanya orang yang pesan Vietnam Drip memakai kopi robusta. Robusta ini merupakan salah satu karakter kopi yang kalau dicampur dengan bahan tambahan gula dan susu rasanya menarik dan nikmat. Berbeda dengan arabica, kalau untuk arabica sendiri itu masih jarang. Untuk kopi arabica pun memang kurang pas jika dicampur dengan bahan lainnya. Hal tersbeut karena arabica sudah memiliki karakter sendiri.

Dan yang sedang trend sekarang ini adalah V60, nah V60 ini adalah alat manual brew kopi yang bentuknya cukup menarik dan unik. Dari driper alatnya sendiri berbentuk V dan sudutnya 60 derajat, nah itu sejarahnya V60.

Menu Makanan Di Kopi Kekinian Melcosh

Sedangkan untuk menu makanannya ada pula yang baru, selain itu minuman pun juga ada. Nah ini kembali lagi dimana kita tinggal, Untuk di Jogja ini tradisionalismenya masih cukup kental dan lumayan cukup tinggi. Sehingga untuk makanan Melcosh menyediakan aneka gorengan seperti mendoan, singkong goreng, martabak untuk snack dan masih banyak lagi.

Namun untuk makanan beratnya sendiri di Melcosh ini tetap masih ada beberapa yang masih ke barat – baratan. Salah satunya adalah Rice bowl, Stir fry chicken dan beef, ada chicken drum stick, ada nasi goreng, nasi telor sambal matah, dan masih ada menu baru lainnya.

Strategi Pemasaran Kopi Kekinian Melcosh

Ngomongin soal strategi pemasaran manager Melcosh ini menjelaskan jika coffee shop yang berada di mall Sleman City Hall ini langsung menyerang pada sosial media. Sosial media ini menjadi salah satu media yang paling cepat responnya. Sehingga akan mudah memperkenalkan dan mempromosikan Melcosh di masyarakat terutama para anak muda.

Dengan menyerang sosial media ini tentu akan lebih tepat mengenai pasaran dan jangkuannya lebih luas hanya dalam hitungan detik. Bahkan sekarang ini tidak hanya orang dewasa saja yang memiliki akun sosial media. Anak – anak dan para anak muda milenial pun menjadi pengguna aktif. Ia pun juga menjelaskan dengan penggunaan sosial media ini akan lebih mudah mendapatkan relasi.

Pemasaran koordinasinya lebih full, terutama strategi marketing di mall Sleman City Hall. Jadi untuk sementara ini lebih difokuskan pada pemasaran yang mengarah sosial media. Untuk kedepannya mulai direncanakan marketing melalui email karena sebagian pengunjungnya sudah jadi member. Sehingga bisa diberitahukan notifikasi melalui sms dan lain sebagainya.

Begitulah penjelasan dan ngobrol asik mengenai bisnis kopi kekinian yang mengusung tema coffee shop kopi nusantara bersama manager Kafe Melcosh, Merapi Lounge dan Coffee Shop. Semoga bisa menginspirasi para pebisnis coffee shop lainnya maupun para anak muda generasi milenial yang memiliki mimpi untuk berbisnis kopi kekinian.

Simak juga video liputan menarik dari para pengusaha muda yang sangat menginspirasi dan memotivasi. Salah satunya adalah video dibawah ini, bisa cek langsung. Jangan lupa subscribe, like dan share keey^^

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba