Bisnis Sampingan Malam Hari Jual Nasi Goreng Gerobak

Bisnis sampingan malam hari banyak dilakukan oleh para pekerja atau karyawan yang ingin menambah penghasilan. Beberapa bisnis sampingan yang menjadi pilihan di antaranya adalah usaha kuliner. Usaha kuliner dianggap menjadi usaha yang paling sederhana dan mudah untuk dijalankan. Sebab konsumen dari usaha kuliner selalu ada dan bahkan semakin bertambah ketika produk makanan yang dijual memang bisa memenangkan hari para konsumen.

Bisnis Sampingan Malam Hari Jual Nasi Goreng Gerobak
anginbisniss.com

Ide Bisnis Sampingan Malam Hari

Beberapa pekerja atau karyawan banyak yang ingin menambah penghasilan dengan menjalankan bisnis sampingan malam hari setelah pulang dari kantor atau tempat kerja. Tuntutan ekonomi ketika kebutuhan semakin bertambah bisnis sampingan malam hari memang menjadi salah satu solusi yang tepat. Meski tenaga yang dimiliki juga harus ekstra kuat. Salah satu ide bisnis sampingan malam hari yang cocok untuk dijalankan oleh kamu para pekerja atau karyawan yang ingin menambah penghasilan adalah usaha kuliner nasi goreng gerobak. Tidak perlu berjualan nasi goreng gerobak dengan berkeliling cukuplah membuka lapak di pusat jajanan kuliner atau komplek kaki lima.

Nasi goreng adalah makanan sejuta umat yang hampir semua orang menyukainya. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa gemar menikmati sajian lezat dan mengenyangkan ini. Bahkan sajian nasi goreng juga merupakan salah satu dari makanan nasional Indonesia loh! Nasi goreng dengan bahan utama nasi memang banyak disukai oleh orang-orang Indonesia yang sebagian besar menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Selain itu nasi goreng juga merupakan sajian yang cocok dinikmati dalam beragam waktu. Cocok untuk sarapan, makan siang, serta makan malam.

Pelaku usaha kuliner nasi goreng juga sudah banyak yang mendapatkan keuntungan menjanjikan. Mulai dari skala kaki lima sampai restoran bintang lima yang menjadikan nasi goreng sebagai menu utama sudah banyak yang merasakan keuntungan bisnisnya. Sekarang giliran kamu mencoba usaha kuliner nasi goreng untung dijadikan bisnis sampingan malam hari. Tapi pastikan kalau kamu memang bekerja di jam kantor pada umumnya seperti mulai dari pukul 8 sampai 4 sore. Supaya kamu masih punya waktu untuk mempersiapkan bahan untuk usaha nasi goreng.

Persiapan Usaha Nasi Goreng
kumparan.com

Persiapan Usaha Nasi Goreng

Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan ketika ingin menjalankan usaha kuliner nasi goreng untuk bisnis sampingan malam hari selain jam kerja kantoran secara umum. Seperti perhitungan modal, pemilihan bahan baku, resep, menu yang ditawarkan, harga jual, strategi promosi, penentuan lokasi berjualan, dan persiapan lainnya. Berikut ini Bisnis UKM akan mengulas beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk menjalankan usaha kuliner nasi goreng untuk bisnis sampingan malam hari.

1. Modal Usaha Nasi Goreng

Usaha nasi goreng yang akan kamu jalankan adalah skala kaki lima jadi tidak terlalu membutuhkan modal yang besar terutama untuk dewa tempat. Bisnis kuliner skala kaki lima pada dasarnya akan lebih mudah untuk dijalankan apa lagi untuk kamu yang masih pemula dalam dunia bisnis kuliner. Berikut analisa modal usaha nasi goreng.

Biaya Investasi

Gerobak dan tempat duduk Rp 1.000.000

Kompor gas dan tabung Rp 300.000

Peralatan makan Rp 200.000

Peralatan masak Rp 300.000

Total Biaya Investasi Rp 1.800.000

Biaya Operasional

Beras untuk 30 porsi Rp 50.000

Bumbu dan rempah Rp 20.000

Daging ayam dan telur Rp 100.000

Minyak goreng dan lainnya Rp 30.000

Biaya Operasional Harian Rp 200.000

Total Biaya Operasional Bulanan Rp 200.000 x 30 = Rp 6.000.000

Perhitungan Pendapatan

Dalam 1 hari terjual 30 porsi dengan harga jual Rp 15.000 maka pendapatannya

30 x Rp 15.000 = Rp 450.000

Dalam satu bulan maka pendapatan adalah Rp 450.000 x 30 = Rp 13.500.000

Perhitungan Laba

Laba = Pendapatan – Biaya Investasi – Biaya Operasional Bulanan

Laba = Rp 13.500.000 – Rp 1.800.000 – Rp 6.000.000

Jadi dalam satu bulan laba yang kamu dapatkan dari usaha kuliner nasi goreng sebagai bisnis sampingan malam hari adalah Rp 3.900.000

pinterest.com

2. Bahan dan Resep Nasi Goreng

Tentunya kalau kamu memang sudah mahir membuat nasi goreng tidak akan kesulitan ketika memilih bahan dan menentukan resep terbaik untuk menu nasi goreng yang kamu jual. Tapi yang perlu kamu perhatikan lebih detail lagi adalah takaran bumbu yang pas. Kalau mungkin biasanya kamu memasak nasi goreng untuk konsumsi sendiri bumbunya hanya untuk sekali pakai kalau berjualan tentu akan berbeda. Kamu perlu membuat bumbu untuk jumlah yang banyak sekaligus supaya saat sudah di lapak jualan tinggal mencampurkanya ke nasi yang dipesan konsumen. Bukan hanya resep bumbunya saja yang perlu kamu buat dengan pas. Bahan baku nasi goreng juga harus kamu pilih dengan kualitas terbaik. Seperti jenis beras yang kamu pilih, sayuran segar, daging ayam yang empuk, serta bahan tambahan lainnya. Berikut contoh bahan dan cara pembuatan nasi goreng.

Bahan

– 1 piring nasi putih dingin

– 3 siung bawang putih (geprek kemudian cincang halus)

– Daging ayam suwir secukupnya

– Telur ayam 1 butir

– Kecap manis 2 sendok makan

– Daun bawang secukupnya saja

– Kaldu jamur 1 sendok makan

– Lada putih bubuk seperlunya

– Garam secukupnya

– Minyak goreng secukupnya

romadecade.org

Cara Membuat

1. Siapkan wajan. Masukkan minyak goreng dan panaskan. Masukkan bawang putih yang sudah dicincang. Setelah aromanya harum, masukkan telur ayam. Kemudian di orak-arik.

2. Masukkan daging ayam suwir. Aduk-aduk sampai aromanya harum. Setelah itu campurkan nasi putih. Aduk sampai rata supaya bumbu bisa meresap.

3. Tambahkan kecap manis, kaldu jamur, sedikit garam, dan lada. Aduk-aduk sampai rata dan meresap.

4. Cek rasa dan kematangan. Kalau rasa sudah sesuai, matikan kompor.

5. Sajikan nasi goreng di atas piring dengan tambahan lain. Bisa tomat, timun, kerupuk, dan taburan bawang goreng.

3. Strategi Usaha Nasi Goreng

Beberapa strategi usaha nasi goreng yang perlu kamu susun adalah pemilihan lokasi jualan dan strategi promosi. Untuk pemilihan lokasi jualan sudah pasti kamu harus menentukan lokasi jualan yang strategis. Misalnya dekat dengan pusat keramaian kawasan kampus, kos mahasiswa, perumahan, atau kamu bisa berjualan di pusat jajanan selera rakyat atau food court. Kamu juga bisa berjualan di depan rumah kalau memang rumah kamu letaknya strategis dekat jalan utama dan banyak dilalui orang.

resepkoki.id

Kalau strategi promosi sudah pasti kamu perlu menggunakan media sosial. Meski usaha skala kaki lima tapi ketika kamu bisa melakukan pendekatan yang tepat dengan konsumen, maka akan semakin banyak pelanggan yang berdatangan. Daftarkan juga usaha kuliner nasi goreng kamu sebagai merchant di aplikasi jasa ojek online. Tawarkan promo menarik untuk awal pembukaan usaha supaya menarik konsumen. Kamu juga bisa memilih kemasan makanan dengan desain menarik supaya semakin mudah dikenal konsumen.

Itulah ulasan mengenai usaha kuliner nasi goreng untuk bisnis sampingan malam hari yang bisa kamu jadikan ide untuk menambah penghasilan. Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu semakin #NaikKelas Ikuti terus artikel tentang usaha menarik lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya semakin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan usaha!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba