Usaha Sup Buah Jadi Bisnis Rumahan Yang Perlu Dicoba!

Usaha sup buah banyak dilakukan oleh pelaku bisnis di wilayah tropis seperti halnya Indonesia. Jadi tidak heran kalau di Indonesia banyak beragam olahan minuman dingin atau es yang disukai setiap orang di Indonesia. Mulai dari anak-anak sampai orang tua gemar menikmati beragam jenis minuman dingin untuk melepas dahaga di cuaca yang panas. Tidak hanya dijadikan minuman segar saat cuaca panas saja, beragam jenis minuman dingin atau es juga menjadi pelengkap untuk beragam momen. Seperti saat kumpul keluarga, acara pernikahan, serta acara perkumpulan yang lain begitu juga saat bulan ramadan di mana banyak orang berburu minuman dingin untuk berbuka puasa.

Sup Buah Jadi Usaha Rumahan Sederhana Yang Perlu Dicoba!Sup Buah Jadi Usaha Rumahan Sederhana Yang Perlu Dicoba!
doyanresep.com

Peluang Usaha Sup Buah

Letak geografis Indonesia di garis katulistiwa dengan iklim tropis membuat bisnis minuman dingin atau es menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Sudah sangat banyak beragam jenis minuman dingin aneka rasa yang ada di Indonesia. Mulai dari yang tradisional atau makanan khas seperti pisang ijo, es dawet, sampai minuman kekinian seperti boba susu atau es coklat. Salah satu jenis minuman dingin yang hampir tersebar di seluruh wilayah Indonesia adalah sup buah. Sajian minuman dingin sup buah adalah salah satu yang banyak digemari orang-orang Indonesia.

Sup buah adalah kreasi minuman dingin yang sehat, menyegarkan, sekaligus menyegarkan. Bagaimana tidak beragam potongan buah-buahan segar disajikan bersama kuah manis dari sirup, air gula, dan susu kental manis dilengkapi dengan serutan es batu dalam satu mangkuk sudah jelas akan mengenyangkan. Kalau berbicara tentang peluang bisnisnya, sup buah sudah tentu masih menjadi peluang yang bisa dikembangkan untuk menghasilkan keuntungan. Kamu bisa mengembangkan peluang bisnis sup buah dengan menjalankan usaha rumahan sup buah.

Usaha Rumahan Sup Buah

Usaha Rumahan Sup Buah
pinterest.com

Kalau kamu ingin memulai usaha sederhana dengan skala rumahan dengan keuntungan yang cukup menjanjikan, usaha rumahan sup buah bisa kamu coba. Tidak perlu sewa tempat untuk memulai usaha ini, jadi modal yang kamu butuhkan tidak terlalu besar. Apa lagi jika rumah kamu letaknya strategis seperti di dekat jalan, perumahan, sekolah atau kampus, perkantoran, pasar, dan pusat keramaian lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan memulai usaha rumahan sup buah ini. Sebab ntuk menghasilkan sup buah yang nikmat dan disukai banyak orang tentu tidak bisa sembarangan mengolah bahan bakunya. Seperti misalnya dalam pembuatan air gula, selain vanili dan daun pandan, kamu juga perlu menambahkan madu. Tapi pastikan madu dicampurkan saat air gula sudah dalam keadaan dingin suapaya kandungan vitamin dalam madu tidak hilang.

Selain itu tampilan sup buah yang menarik juga akan menjadi poin penting untuk menarik calon pembeli. Jadi potonglah buah-buahan dengan rapi dan pisahkan setiap jenis buahnya, supaya tampilannya lebih menarik untuk dilihat. Misalnya potongan buah melon yang berwarna hijau berada di posisi paling bawah, baru ditambahkan potongan jambu merah, potongan mangga, alpukat, setelah itu buah-buahan lain tetapi sisakan potongan strawberry dan anggurnya untuk diletakkan di posisi paling atas. Hal ini bertujuan untuk menimbulkan suatu gradasi warna yang menarik dan cantik. Setelah itu barulah disiram dengan air gula, serutan es batu, dan susu kental manis. Kamu juga bisa mengkreasikan dengan tambahan toping seperti kacang, oreo, atau lainnya.

Tips Memulai Usaha Rumahan Sup Buah

1. Siapkan Perlengkapan

Menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk pendukung bisnis sup buah, misalnya saja lemari es, gelas, kursi, buah-buahan, es dan lain sebagainya. Tidak perlu muluk-muluk harus yang banyak atau yang mahal, asal bisa digunakan, pakailah. Tapi pastikan dulu itu layak pakai ya.

2. Temukan Supplier Bahan dengan Harga Terbaik

Mencari tempat yang menyediakan buah-buahan segar berkualitas namun dengan harga yang lebih murah. Ini bisa kamu terapkan kalau kamu rajin mencari supplier dan memutuskan mau pakai supplier yang mana. Kalau sudah langganan kan bisa lebih enak urusan harganya. Sama-sama untung juga, kan?

3. Gunakan Gerobak Unik

Pilihlah gerobak atau etalase usaha rumahan yang unik sehingga bisa menarik konsumen. Kalau gerobaknya saja unik, bikin yang lewat pasti penasaran dong? Apalagi sekarang jamannya orang suka foto hal yang menarik. Usaha rumahan kamu ini bisa viral sampai kedatangan konsumen dengan jumlah yang banyak.

indozone.id

4. Utamakan Kualitas

Jaga kualitas rasa sup buah dan ciptakan inovasi baru sehingga konsumen tidak akan bosan menikmati sup buah yang kamu jual. Selalu jaga kebersihan dan kenyamanan tempat kamu berjualan, karena bisnis yang berhubungan dengan kuliner atau makanan sangat rentan dengan adanya isu-isu tentang kebersihan.

5. Strategi Promosi

Meski usaha yang kamu jalankan adalah skala rumahan, sangat perlu kamu menyusun strategi promosi terutama secara digital. Kamu bisa memanfaatkan media sosial supaya kamu bisa menjangkau konsumen lebih luas. Buatlah konten yang menarik dengan foto produk yang cantik. Sup buah pada dasarnya merupakan sajian yang good looking, jadi tidak terlalu sulit untuk menghasilkan foto produk yang menarik.

Selain melalui media sosial kamu juga perlu mendaftarakan diri sebagai merchant di aplikasi ojek online. Saat ini bisnis kuliner lebih terbantu dengan adanya layanan pesan antar makanan melalui aplikasi ojek online. Jadi manfaatkanlah layanan ini dengan baik supaya usaha kamu semakin berkembang dan jangkauan konsumennya lebih luas.

6. Pahami Kendala Usaha

Setiap usaha pasti ada kendala, salah satunya adalah faktor cuaca seperti hujan. Saat musim hujan tiba, jumlah pembeli menurun cukup drastis. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu lebih sering mengecek prakiraan cuaca terlebih dahulu. Cara ini bisa menimalisir kerugian dari bahan baku yang terbuang. Sedangkan untuk menyiasati cuaca yang tidak menentu dan naiknya harga bahan baku buah, kamu bisa menginvestasikan freezer untuk usaha kamu supaya bisa menyetok bahan baku buah agar tidak  mudah membusuk.

Perhitungan Pendapatan Usaha Rumahan Sup Buah

tstatic.net

Biaya Operasional

Cup dan Sendok Plastik Rp 50.000

– Kantong Plastik Rp 5.000

– Buah-Buahan Rp 150.000

– Susu dan Gula Rp 25.000

– Es Batu Rp 5.000

Total Biaya Operasional Rp 235.000

Pendapatan

Dalam sehari laku 30 porsi dengan harga jual Rp 10.000

30 x Rp 10.000 = Rp 300.000

Keuntungan Bersih Rp 300.000 – Rp 235.000 = Rp 65.000

Dalam satu bulan Keuntungan Bersih yang didapatkan Rp 65.000 x 30 = Rp 1.950.000

Itulah ulasan mengenai usaha rumahan sup buah yang bisa kamu jadikan ide untuk memulai bisnis. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu ya. Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha rumahan kamu #NaikKelas Ikuti terus informasi tentang usaha rumahan menarik lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya semakin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan usaha!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba