UMKM Wajib Melek Digital, Ini Dia Trend Pemasaran Tahun 2021

Trend pemasaran terus berkembang dengan sangat cepat seiring dengan perkembangan teknologi. Mulai dari gaya hidup, bisnis dan juga pemasaran turut mengikuti perkembangan zaman. Kehadiran inovasi juga merupakan pengaruh dari perkembangan zaman yang semakin canggih. Sehingga segala sesuatunya terasa semakin mudah dan efektif.

Tak terkecuali dengan pemasaran yang kini perlahan mulai beralih secara digital. Seiring dengan berjalannya waktu pemasaran digital pun berkembang semakin modern dan canggih. Para pelaku UMKM dituntut harus mengikuti perkembangan tersebut demi usahanya tetap berjalan. Meski terlihat sulit namun tidak mau harus mengikuti perkembangan pemasaran digital. Tujuan utamanya agar para pelaku UMKM tidak mengalami ketertinggalan.

Trend Pemasaran Digitalisasi 2021

Ditahun 2021 ini pemasaran digital mulai gencarkan. Terutama oleh pemerintah yang terus mendorong agar para pelaku UMKM bisa melek digital. Tujuannya tentu membantu UMKM lokal naik kelas dan bangun dari keterpurukan selama pandemi. Berbagai rencana pemasaran digitalisasi disusun untuk mencapai tujuan. Begini trend pemasaran digital tahun 2021 :

Smart Bidding

Smart bidding adalah kumpulan strategi bidding otomatis yang mengandalkan machine learning untuk mengoptimalkan konversi. Cara kerja media ini adalah pada saat kamu menambahkan audience ke grup iklan menggunakan bidding otomatis. Strategi bidding ini akan mengetahui orang yang paling penting untuk kamu. Nah dengan google semakin menyempurnakan smart bidding dan algoritmanya maka ini akan menjadikan pemasaran digital sebagai pilihan paling populer.

Konten Video

Trend pemasaran 2021 berikutnya adalah dengan mengandalkan konten video. Video marketing ini adalah bagian dari pemasaran online yang disajikan dalam bentuk klip video yang dipasang di platform video maupun website. Video marketing ini merupakan trend yang paling banyak digunakan saat ini. Secara konsep mungkin masih sama dengan tampilan video lama. Namun cara penyajiannya yang lebih menarik.

Kamu bisa menampilkan iklan dengan durasi yang lebih pendek, animasi, informatif, unik dan menarik. Tentunya yang bisa ditampilkan di youtube maupun tiktok. Paling penting kamu doharapkan bisa membuat konten yang relevan dan memggambarkan produk yang kamu jual.

Menggunakan SEO

SEO adalah Search Engine Optimization yakni cara mengoptimalkan website agar bisa mendapatkan peringkat teratas dalam hasil pencarian mesin google. Cara mudah memahaminya adalah SEO menempatkan websitemu agar muncul pada urutan pertama mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Dengan begitu potensi dan kesempatan untuk mendapatkan trafik organik tertinggi akan lebih besar. Selain mendapatkan trafik yang tinggi kamu juga akan mendapatkan trafik yang tepat. Bagi para pelaku bisnis UMKM yang memiliki webiste maupun blog SEO menjadi hal yang wajib.

Optimasi tersebut sangat penting karena memiliki banyak manfaat salah satunya mencari sumber informasi, trafik dominasi dihalaman pertama, website mudah ditemukan dengan beberapa kata kunci, brand awarness dan kredibilitas akan meningkat, trafik organik mudah dikonversi sebagai pelanggan. Berikut ini adalah beberapa media untuk mengecek trafik webitse.

Ubersuggest

Media ini menyediakan fitur analisis SEO yang cukup lengkap. Selain itu fiturnya juga sangat friendly sehingga mudah dipahami dan digunakan oleh para pengguna. Media tersebut bisa diakses secara gratis meskipun untuk mendapatkan fitur lebih lengkap kamu harus mengupgradenya.

Google Analythic

Para pelaku UMKM yang memiliki wesbite media yang satu ini merupakan alat yang cukup penting. Dengan media ini maka kamu bisa memahami trafik website secara detail. Ada beberapa data yang bisa kita dapatkan dari google analythic ini diantaranya adalah realtime, demografi pengunjung, perilaku pengunjung, jumlah trafik, sumber trafik, kecepatan website.

Similiar web

Salah satu media yang digunakan untuk mengecek trafik. Banyak data yang bisa kamu dapatkan salah satunya adalah jumlah trafik, sumber trafik (meliputi sosial media, email, mesin pencari), persentase organik trafik, paid trafik, minat trafik.

Alexa

Merupakan web analythic milik amazon dan media ini cukup populer karena memiliki fitur website trafik statistik. trafik website akan ditampilkan dalam bentuk alexa rank. Peringkat tersebut ditentukan berdasarkan jumlah trafik dan jumlah pageview. Selain itu kamu juga bisa melihat metrik engagement, durasi pageview dan bounce rate.

Chatbot

Trend pemasaran digital selanjutnya adalah penggunaan chatbot. Sekarang ini baru beberapa persen perusahaan yang menggunakan chatbot. Bagi yang belum tahu chatbot ini adalah sebuah program komputer yang dapat menstimulasikan percakapan. Teknologi ini sebagai asisten digital yang dapat memahami dan memproses permintaan pengguna dan memberikan jawaban relevan.

Chatbot ini perannya cukup penting bagi sebuah bisnis karena memudahkan dalam operasional bisnis sehingga bisa menghemat biaya cs. Bahkan juga dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan. Maka dari itu ditahun 2021 mulai lebih dikembangkan. Untuk saat ini chatbot ini sudah pada tingkatan kemampuan percakapan yang lebih luas.

Demikian pembahasan kita tentang beberapa trend pemasaran tahun 2021 yang bisa kamu gunakan. Pastikan jika kamu juga tak mau kalah dan ketinggalan strategi pemasaran online untuk meningkatkan penjualan. Sekian dan terima kasih !

Leave a Comment