Usaha Modal Kecil Untung Besar, Bagaimana Caranya?

usaha-modal-kecil-untung-besar-bagaimana-caranya
sumber gambar: Unsplash.com/Brenan Greene

Siapa pun yang ingin menjalankan bisnis pasti pertama yang dipertimbangkan adalah soal kepemilikan modal. Apakah dengan modal sekian lantas bisa menjalankan bisnis ini atau itu? Selain modal juga pasti sudah berpikiran ke depan alias menebak-nebak apakah bisnis yang dijalankan bisa mendatangkan keuntungan yang besar?

Dalam pelajaran ekonomi saja ada pernyataan dengan modal sedikit diharapkan dapat keuntungan yang paling optimal. Optimal di sini bukan berarti banyak, tapi sebenarnya dengan modal kecil bisa dapat untuk besar itu bukan hanya angan kosong lho. Ini dia tipsnya!

Tips Supaya Kamu Bisa Memaksimalkan Modal Kecil Yang Kamu Punya

Siapa sih yang nggak suka sama keuntungan besar? Dengan modal berapapun, asalkan diniatkan dan dieksekusi dengan baik, nggak mustahil bisa untung besar. Ini dia tips-tips yang juga didapatkan dari pengusaha sukses Bob Sadino.

1. Lakoni bisnis yang kamu kuasai dan minati

Terkadang, sedikit kekeliruan yang dilakukan seseorang dalam menjalankan bisnis adalah “meniru” karena memang banyak yang meniru dan sukses. Padahal, mungkin mereka tidak memiliki pemahaman mengenai jenis bisnis itu sehingga perlu riset dahulu sebelum eksekusi. Nah, apabila kamu melakoni bisnis yang memang kamu kuasai (sekalipun belum banyak yang melakukan bisnis ini), itu adalah poin plus buatmu.

Dengan memilih bisnis sesuai kemampuan, kamu jadi bisa lebih hemat banyak waktu bahkan bisa langsung eksekusi tanpa melalui tahap riset yang panjang. Kamu sudah tahu produk apa dan bagaimana plus dan minusnya jika menjalankan bisnis tersebut. Kamu jadi lebih gampang menentukan peluang keuntungan dan kerugian di masa yang akan datang.

Intinya jangan memaksa kalau memang kamu nggak menguasai suatu bisnis. Lebih baik utamakan yang memang kamu kuasai dan minati. Itu juga bisa bikin kamu lebih betah menjalankan bisnisnya.

2. Kabarkan bisnismu pada teman-teman

Itulah mengapa penting bagi kita untuk punya banyak teman atau relasi, apalagi untuk urusan seperti ini. Dengan mengabarkan soal bisnismu ke teman, bukan nggak mungkin mereka yang akan melarisi produkmu atau bahkan jadi mitra bisnis yang potensial. Kita nggak pernah tahu arah datangnya bantuan. Bisa jadi kamu yang tadinya hanya sekadar promosi bisnis malah diajak kolaborasi? Itu juga bisa jadi keuntungan buat kamu kan?

3. Rancang dan jalankan sendiri strategi promosi

Biasanya orang yang tidak percaya diri akan menggunakan jasa konsultan dan sejenisnya untuk mengurus masalah strategi promosi. Bukankah sekarang apa-apa bisa tinggal akses internet? Cari saja tips mendapatkan strategi promosi yang oke melalui website bisnis seperti bisnisukm.com misalnya. Media sosial juga bisa jadi penolong luar bisa buat kamu yang butuh mengabarkan eksistensi bisnismu dari Sabang sampai Merauke bahkan ke seluruh dunia. Kamu cukup mempelajari saja ilmu komunikasi pemasaran dan itu pun bisa otodidak kok.

4. Buat skala prioritas

buat-skala-prioritas
sumber gambar: Unsplash.com/Alvaro Reyes

Prioritas ini dimaksudkan supaya arus kas tidak mengalir ke sembarang tempat alias hanya mengalir sesuai dengan kesepakatan awal atau kebutuhan paling penting dan mendesak. Tanpa membuat skala prioritas, kondisi keuanganmu bisa kacau. Sebagai contoh yang harus diperhatikan adalah ketika kamu memutuskan menjadi sponsor suatu kegiatan dan menggelontorkan sejumlah dana tapi kamu tidak menganggarkan itu dengan baik. Bisa-bisa kasmu jebol.

5. Daripada pinjam bank, ajak saja saudara atau temanmu untuk berinvestasi

Terkadang pelaku usaha awal akan terburu-buru ingin pinjam uang dari bank untuk permodalan. Sebaiknya ini dihindari dulu ya karena sebetulnya justru akan merepotkan. Kamu tentu punya sanak saudara dan teman kan? Ajak saja mereka untuk berinvestasi. Kalau bisnismu nantinya akan laris banget, bisa jadi mereka nggak ragu untuk berinvestasi lebih pada bisnismu. Ayo semangat!

6. Manfaatkan media sosial dengan sebaik-baiknya

manfaatkan-media-sosial
sumber gambar: Unsplash.com/Rob Hampson

Media sosial wajib banget dipakai untuk pebisnis di zaman ini. Penduduk kita yang didominasi oleh milenial selalu mengetahui banyak informasi melalui media sosial. Kamu harus punya strategi dalam memaksimalkan promosi produkmu. Mengelola media sosial juga tidak bisa sembarangan. Ciptakan kesan menyenangkan bagi followers untuk mengikuti setiap update terbaru dari akun media sosial bisnismu.

7. Pantang menyerah dan kerja keras adalah kunci

jangan-menyerah
sumber gambar: Unsplash.com/Emma Matthews

Bisa kok dengan modal kecil mendapatkan keuntungan besar. Tapi harus dibarengi dengan sikap pantang menyerah dan selalu mau kerja keras. Kesuksesan itu nggak instan lho, semua butuh perjuangan. Mungkin nanti ketika kamu sudah menjalankan bisnis, akan banyak hambatan yang kamu temui. Tetap tenang menghadapi semua jenis rintangan bisnis ya! Jangan jadikan itu sebagai penghalang, justru rintangan dalam bisnis sangat dibutuhkan supaya bisnismu bisa terus berkembang.

Pokoknya jangan pernah ada kata bosan dalam berproses kalau memang kamu ingin sukses. Kamu juga harus banyak sabar karena kesabaranmu nggak akan pernah sia-sia. Hidup ini kalau datar-datar aja nggak asik! Memang kita butuh banyak cobaan supaya menjadi lebih tangguh.

 

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba