Usaha Pembuatan Plat Nomor Kendaraan

plat nomor

Setiap pengendara kendaraan baik itu mobil maupun motor wajib melengkapi persyaratan dalam berkendara. Salah satu kelengkapan bagi kendaraan tersebut adalah plat nomor kendaraan. Saat ini, dengan makin banyaknya pemakai kendaraan yang lalu lalang di jalanan, usaha pembuatan plat nomor kendaraan tidak pernah sepi dari permintaan. Kebanyakan para pelanggan memesan plat nomor yang berbeda dari ukuran standar yang ditetapkan.

Adapun ukuran plat nomor sepeda motor dengan ukuran standar adalah 10cm x 25cm dan untuk ukuran standar plat nomor mobil adalah 40cm x 13.5cm. Semakin lama, variasai pembuatan plat nomor kendaraan semakin beragam, baik itu ukuran maupun modelnya.  Hal itu disesuaikan dengan model kendaraan yang digunakan akan terkesan lebih modis. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan plat nomor kendaraan tersebut berupa alumunium dan akrilik.

Konsumen

Setiap pemilik kendaraan bermotor seperti motor dan mobil, dapat dijadikan sebagai target pasar usaha ini. Para pemilik kendaraan biasanya membuat plat nomor kendaraan jika plat asli mereka hilang, namun ada juga sebagian konsumen yang sengaja membuat plat nomor kendaraannya untuk variasi saja agar plat nomor mereka sesuai dengan nomor yang diinginkan pemiliknya. Biasanya anak muda yang lebih kreatif memesan plat dengan nomor tertentu yang disesuaikan dengan permintaan mereka.

Proses Pembuatan Plat Nomor

Proses pembuatan plat nomor kendaraan tersebut sangat sederhana. Pada awalnya siapkan beberapa cetakan (berupa huruf dan angka) dengan berbagai macam variasi dan model. Kemudian konsumen  dipersilakan untuk memilih model tulisan, ukuran, serta bahan yang diinginkan. Setelah model, bahan dan ukuran ditetapkan, lembaran bahan kemudian dipotong sesuai kebutuhan. Kemudian dilakukan pencetakan plat nomor dengan cara meletakkan cetakan di bawah lembaran alumunium dan dipukul menggunakan palu. Palu tersebut permukaannya dilapisi bahan empuk sehingga tidak merusak bahan tetapi hanya memberikan tekanan yang menghasilkan relief atau kontur berbentuk huruf/angka. Hal itu dilakukan sampai semua tulisan yang diinginkan tercetak dengan jelas.

Proses terakhir adalah pengecatan. Warna cat disesuaikan dengan kondisi kendaraan bermotor apakah kendaraan pribadi, umum atau instansi pemerintah. Adapun warna plat kendaraan yang berlaku di Indonesia:

  • Kendaraan bermotor bukan umum dan kendaraan bermotor sewa: Warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih
  • Kendaraan bermotor umum: Warna dasar kuning dengan tulisan berwarna hitam
  • Kendaraan bermotor milik Pemerintah: Warna dasar merah dengan tulisan berwarna putih
  • Kendaraan bermotor Corps Diplomatik Negara Asing: Warna dasar Putih dengan tulisan berwarna hitam.
  • Kendaraan bermotor Staff Operasional Corps Diplomatik Negara Asing: Warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih dan terdiri dari lima angka dan kode angka negara dicetak lebih kecil dengan format sub-bagian
  • Kendaraan bermotor untuk transportasi dealer (pengiriman dari perakitan ke dealer atau dealer ke dealer): Warna dasar Putih dengan tulisan berwarna merah

Sementara untuk plat berbahan akrilik. Terlebih dahulu dilakukan sablonase pada bahan akrilik tersebut. Setelah itu dilapisi dengan alumunium atau bahan akrilik tersebut hanya sebagai cover dari bahan alumunium yang sudah tercetak. Tujuan dari kombinasi tersebut adalah untuk mempercantik plat nomor kendaraan yang dicetak. Setelah plat kendaraan terbentuk, dilakukan pelubangan untuk pemasangan sekrup pada kendaraan.

Kelebihan usaha

Bisnis jasa ini tidak membutuhkan modal besar, selain itu usaha ini tidak membutuhkan lokasi usaha yang luas. Sehingga Anda bisa meminimalisir biaya operasional, khususnya biaya sewa tempat. Selain itu usaha ini juga masih memiliki pasar cukup luas, karena belum banyak orang yang terjun ke bisnis pembuatan plat nomor.

Kekurangan usaha

Produk plat nomor bukan merupakan kebutuhan pokok, jadi permintaan plat nomor pun tidak sebanyak kebutuhan pokok lainnya. Untuk itu Anda harus bekerja keras untuk lebih kreaif dan inovatif menyediakan model plat nomor yang saat ini banyak beredar dipasaran, misalnya saja dengan menambahkan nama konsumen pada plat nomor kendaraan yang dipesan.

Pemasaran

Untuk bisnis pembuatan plat nomor, pemasaran dapat dilakukan dengan mengenalkan bisnis Anda dari mulut ke mulut. Selain itu Anda juga bisa memasarkan bisnis ini dengan membagikan brosur maupun pamflet pada masyarakat sekitar, agar mereka mengetahui keberadaan usaha Anda.

Kunci Sukses

Untuk menjalankan bisnis ini, diperlukan ketrampilan khusus untuk menciptakan plat nomor. Oleh karena itu sebaiknya Anda meningkatkan ketrampilan dalam membuat plat nomor. Selain itu pilih lokasi yang ramai dilalui kendaraan bermotor, sehingga target peluang untuk memperoleh konsumen lebih besar.

Analisa ekonomi:

Bahan baku 

Alumunium, 2m x 1m tebal 1mm, 1 lembar    = Rp   340.000,00
tebal 0.5mm   1 lembar                    = Rp   115.000,00
tebal 0.6mm   1 lembar                    = Rp   160.000,00
Akrilik, tebal 2mm, 2m x 1m, 1 lembar     = Rp   370.000,00+
Total Bahan Baku                          = Rp   985.000,00

Tenaga kerja 
Karyawan 1 orang x Rp. 500.000,00         = Rp   500.000,00
Total                                     = Rp   500.000,00
Total Pengeluaran
Rp.985.000,00 + Rp.500.000,00             = Rp 1.485.000,00

Pendapatan 
Plat sepeda motor:
standar: 20 x Rp.15.000,00                = Rp   300.000,00
Variasi : 10 x Rp. 50.000,00              = Rp   500.000,00

Plat Mobil
Standar:10 x Rp.35.000,00                 = Rp   350.000,00
Variasi :5 x Rp.200.000                   = Rp 1.000.000,00
Total Pendapatan                          = Rp 2.150.000,00

Keuntungan:
Rp 2.150.000,00 – Rp 1.485.000,00 = Rp 665.000,00/ minggu

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar :http://lh6.ggpht.com/lordsath3n4/SF5zJhnJArI/AAAAAAAAABw/ZvNww3YGJGw/s400/kelompok3.jpg

43 thoughts on “Usaha Pembuatan Plat Nomor Kendaraan”

  1. bank,berapa pasaran harga akrilik mobil n motor??yg model akriliknya biasa dan pke lampu.yg hidup cmn hurup nya aja….tks

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba