Usaha Salon Khusus Laki-laki “Barbershop”

barbershopTaukah apa itu barbershop??? Barbershop ialah salon tapi khusus untuk para lelaki. Bukan hanya perempuan saja yang selalu memperhatikan penampilan, tapi laki-laki juga membutuhkan penampilan oke juga. Mulai dari potong rambut, cuci rambut, pijat dan perawatan yang lain yang sesuai dengan kebutuhan laki-laki. Kebanyakan para lelaki malu masuk ke salon-salon yang biasa soalnya takut di bilang feminim, maklum juga disalon tersebut kebanyakan pengunjungnya perempuan.Konsumen

Target pasar usaha salon khusus laki – laki “ barbershop ” lebih jelas dan spesifik. Jasa ini khusus ditujukan bagi kaum hawa yang membutuhkan penampilan oke. Dari mulai anak – anak, pelajar, mahasiswa, remaja, lelaki dewasa, bapak – bapak dan kakek – kakek menjadi konsumen utama bisnis ini.

Info Bisnis

Untuk memulai bisnis jasa satu ini, tidak membutuhkan peralatan yang terlalu banyak seperti layaknya salon wanita. Peralatan yang dibutuhkan salon khusus laki – laki juga tidak banyak dan relatif tidak susah untuk didapat. Peralatan tersebut hanya sekedar peralatan cukur dan perlengkapan potong rambut.

Peralatan yang  dibutuhkan yaitu mesin cukur pemotong rambut, sisir potong, pisau cukur, handuk kecil, kap potong, sikat rambut, semprotan air, sisir vidal, kuas muka, gunting pendek, gunting  zig zag dan penyemprot untuk sedikit membasahi rambut konsumen.

Sedangkan untuk perlengkapan usaha yang dibutuhkan adalah kursi pangkas, kaca, meja berlaci, lemari dan  lampu pangkas. Untuk tempat usaha, luas ruangang yang dibutuhkan minimal 5m x 8m. Kebutuhan ruangan salon meliputi ruang tunggu, ruang potong, ruang cuci rambut dan ruang administrasi.

Pemasaran

Untuk mempromosikan bisnis barbershop Anda, bisa melalui iklan di media massa, maupun membuat brosur dan pamflet yang berisikan pelayanan jasa pada barbershop Anda. Disamping itu agar konsumen lebih tertarik dengan salon Anda, pasang neon box maupun papan nama barbershop Anda di depan lokasi usaha.

Kelebihan bisnis

Bisnis salon khusus laki – laki memiliki target pasar yang lebih spesifik, sehingga segala sesuatunya bisa lebih fokus. Dari mulai penunjang usaha yang dibutuhkan, sampai pemasaran yang digunakan juga bisa lebih fokus untuk laki – laki.

Kekurangan bisnis

Perkembangan model rambut, cepat berubah. Sehingga diperlukan keterampilan yang selalu update dengan minat pasar saat ini, jika tidak ingin kalah saing dengan barbershop baru yang banyak bermunculan saat ini.

Kunci sukses

Agar bisnis ini tidak kalah saing dengan bisnis barbershop lainnya, berikan pelayanan prima bagi para konsumen. Karena pelanggan akan merasa senang dan akan kembali lagi ke salon tesebut, apabila dilayani dengan ramah, dan model yang diinginkan sesuai dengan permintaan konsumen. Dengan begini peluang usaha salon khusus laki-laki atau barbershop ini banyak dikunjungi konsumen.

Analisa  Ekonomi

Modal Awal
Peralatan:
Alat cukur modern                               Rp  4.000.000,00
Kain penutup + sikat                            Rp    300.000,00
Bangku cukur khusus                             Rp  3.000.000,00
Cermin                                          Rp    500.000,00+
Jumlah                                          Rp  7.800.000,00

Penyusutan
(Masa pakai peralatan 4 tahun.
Nilai residu Rp 1.000,00.
Biaya penyusutan per tahun                   = (Rp  7.800.000 – Rp 1.000) / 4
                                             =  Rp  1.949.750,00

Biaya penyusutan per bulan                   =  Rp    162.479,00 )
Renovasi tempat usaha                           Rp  2.000.000,00+
Jumlah modal awal                               Rp  9.800.000,00

Biaya operasional / bulan

Sewa tempat (8jt/thn)                           Rp    667.000,00
Promosi                                         Rp    250.000,00
Listrik                                         Rp    350.000,00
Telepon                                         Rp    100.000,00
Gaji tukang cukur                               Rp    800.000,00
Biaya perlengkapan                              Rp    300.000,00
Biaya penyusutan peralatan                      Rp    162.479,00+
Jumlah                                          Rp  2.529.479,00

Omzet / bulan

Biaya potong rambut Rp 10.000.
Plus pijat ringan Rp 15.000.
Rp 15.000 x 10 x 30 hari                     =  Rp  4.500.000,00

Laba / Rugi per bulan:
Rp 4.500.000 – Rp 2.529.479,00               =  Rp  1.970.521,00 

(Sumber gambar: http://diazhandsome.files.wordpress.com/2008/04/potong-rambut-potong.jpg)

10 Komentar

  1. sy ada rencn buka barber shop di denpasar bali, tapi sy kesulitan untuk mesti memulai darimana, dan kebetulan dana sy jg msh belum max, tol share langkah2 yg mesti sy lakukan. mksh ya

  2. Dear;
    Saya berencana menjalankan usaha barbershop;tempat dan peralatan saya yg sediakan,bagaimana perhitungan gaji tukang cukurnya, bagi hasil atau sebaiknya dipatok,

    Thanks

  3. saya pemula yang sedang mempersiapakn berdirinya barbershop di Bengkulu, mendukung ABSI. mohon info lebih lanjut keberadaan dan pengurus asosiasi ini., tmks salam

  4. Usaha Barbershop (lazim disebut Tukang Cukur;tukang pangkas;pemangkas) adalah usaha yang sangat menjanjikan baik bagi pribadi maupun bagi Pemerintah. Oleh karena atas prakarsa dan pemikiran banyak orang, maka pada 17 Agustus 2010 ini akan dideklarasikan berdirinya ABSI, Asosiasi Barbershop seluruh Indonesia, yang meliputi usaha maupun orang-orang yang terlibat didalamnya di 33 propinsi di lebih dari 457 kota/kabupaten 4952 kecamatan serta 70.502 kelurahan/desa yang Insya Allah akan bergabung bersama-sama di Asosiasi barber shops Indonesia berdiri sebagai organisasi yang bertujuan untuk mendidik, membina, mensejahterakan dan meningkatkan harkat dan martabat seluruh anggotanya dalam segala aspek sosial ekonomi budaya. ABSI bertujuan menegakkan dan menjunjung kemandirian, professional. Kesejahteraan dan kesetaraan yang berharkat dan bermartabat terutama bagi anggotanya dan anak bangsa.

  5. saya lagi yari tok buka di daerah banjaran barangkarli ada rekan yg minat hub hp 085222210910

  6. Potong rambut adalah salah satu pilihan keinginan untuk memlulai usaha
    yang nantinya dipadukan dengan cuci sepeda motor dan stan baso dalam
    satu kesatuan usaha. Kapan ya mimpi itu terwujud…
    Sukses selalu untuk bisnis UKM

    Salam,
    rijadi

  7. Untuk wilayah JABODETABEK, dimana tempat pelatihan usaha barbershop.
    Selain ketrampilan pangkas rambut, juga manajemen usahanya.
    Mohon informasi.

    Salam,
    /karsono

  8. Kl kita yg nyediain tempat dan peralatan, bgm biasanya bagi hasil dengan pemangkasnya? apa bisa digabung dgn pijat refleksi?

Comments are closed.