Peluang Bisnis

Wedang Ronde, Peluang Bisnis Kuliner Ini Sehangat Minumannya

Kuliner Indonesia sangat beragam, baik yang kuliner asli Indonesia ataupun yang dibawa dari luar negeri. Seiring berjalannya waktu kuliner mengalami perkembangan hingga antara satu makanan dengan makanan lainnya mengalami percampuran menjadi ragam makanan baru. Hal tersebut melahirkan peluang bisnis kuliner yang lumayan. Meski banyak makanan baru tidak lantas membuat makanan-makanan lama atau tradisional punah, salah satunya adalah wedang ronde.

Wedang ronde meski tidak asli Indonesia namun sudah ada sejak zaman dahulu kala. Ronde merujuk pada makanan bulat dari tepung ketan yang direbus dan diberi isian. Ronde ini merupakan makanan yang dibawa dari China, di China makanan ini menjadi makanan tradisional dan masuk ke Indonesia pada masa sebelum Indonesia merdeka.

Wedang ronde sendiri merupakan kuliner yang menjadi minuman khas Jawa Tengah. Minuman ini dibuat dari sari jahe dengan isian yang beragam. Umumnya wedang ronde berisi ronde, kolang-kaling, roti tawar, agar-agar, dan kacang. Rasa wedang ronde ini manis dan pedas hangat.

Khasiat Wedang Ronde

Tidak hanya sebagai minuman biasa, wedang ronde ini sering digunakan sebagai minuman obat. Wedang ronde disajikan dalam keadaan hangat sehingga sering dijadikan penghangat tubuh. Selain itu wedang ronde memiliki beberapa khasiat bagi tubuh.

  1. Mencegah risiko serangan jantung
  2. Mengatasi perut kembung
  3. Meredakan sakit kepala
  4. Menyembuhkan sakit tenggorokan
  5. Menurunkan kolesterol
  6. Mengobati diabetes

Dari beberapa khasiat diatas banyak orang yang akhirnya memilih wedang ronde untuk dijadikan sebagai minuman obat. Apalagi wedang ronde ini hangat bagi tubuh dan biasa ditemui pada sore hingga malam hari.

Analisis Peluang Bisnis Kuliner Wedang Ronde

Peluang bisnis kuliner wedang ronde

sumber gambar: cahya nugraha kompasiana

Wedang ronde biasanya dijual menggunakan gerobak yang menetap atau berkeliling, penjual wedang ronde yang seperti ini merupakan penjual tradisional. Namun kini wedang ronde mulai banyak dilirik oleh para pelaku usaha dengan cara yang lebih modern. Apalagi wedang ronde ini termasuk minuman yang long lasting, keberadaaannya tidak tergerus zaman dan tidak tertutup makanan lain.

Minuman ini juga disukai oleh semua kalangan. Ronde aman dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bahan-bahannya alami tanpa pemanis atau perasa buatan sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Rasa dari wedang ronde juga cocok untuk lidah anak-anak sampai orang tua karena manis meski ada sedikit rasa pedas dari jahe.

Kebanyakan konsumen wedang ronde ada pada usia 20 tahun ke atas, paling banyak orang-orang tua. Pasar yang segmented ini tidak lantas menurunkan peluang wedang ronde karena minuman ini banyak dicari saat malam hari, terlebih saat memasuki bulan puasa, lebih banyak lagi yang menjadikan minuman ini sebagai takjil berbuka.

Bahan yang mudah didapatkan dan cara membuat yang mudah menjadi keuntungan usaha wedang ronde. Satu porsi wedang ronde kira-kira bermodalkan kurang dari lima ribu rupiah dan dapat dijual dengan minimal enam ribu rupiah. Cukup murah memang, namun kamu sudah bisa mendapat keuntungan yang lumayan dari sini. Apalagi jika melihat peminatnya yang tinggi, wedang rondemu akan selalu ramai pembeli.

Penyajian Wedang Ronde

Wedang ronde adalah minuman hangat, pada penjual-penjual tradisional yang menggunakan gerobak biasanya menyediakan wedang ronde untuk makan di tempat atau dibawa pulang menggunakan kemasan sendiri. Jika tidak membawa kemasan sendiri wedang ronde akan dibungkus menggunakan plastik kiloan. Memang masih sangat tradisional.

Biasanya penyajian wedang ronde ini menggunakan mangkuk kecil dan sendok yang lumayan besar. Wedang ronde akan lebih nikmat disantap selagi hangat. Jika kamu berniat menjalankan usaha wedang ronde ini buatlah sebisa mungkin agar usaha wedang rondemu berbeda dari wedang ronde tradisional kebanyakan.

Bagaimana cara membuat wedang rondemu unik dan berbeda? Selain dengan inovasi rasa wedang ronde kamu bisa berinovasi dalam kemasan wedang ronde. Jika selama ini wedang ronde lebih mengutamakan makan di tempat dan dibawa pulang dengan kemasan yang seadanya, kamu buat hal yang berbeda. Gunakan kemasan yang apik!

1. Kemasan thin wall

peluang bisnis kuliner thin wall

Kemasan thin wall ini bentuknya sama seperti wedang ronde tradisional, berbentuk mangkuk. Pembedanya adalah thin wall berbahan dasar plastik PET atau PP yang aman bagi makanan. Kemasan ini fleksibel dan tahan panas, cocok untuk wedang ronde yang panas. Thin wall hadir dalam beragam ukuran dan disertai penutup yang aman menjaga wedang ronde dari kebocoran.

2. Kemasan Cup plastik

kemasan cup plastik

Selain thin wall yang berbentuk mangkuk, kemasan yang bisa digunakan untuk penyajian wedang ronde adalah kemasan cup plastik. Sama-sama berbahan dasar plastik PET atau PP, cup plastik berbentuk gelas yang transparan. Ukurannya beragam mulai dari 14 oz sampa 22 oz. Plastik yang digunakan tahan panas dan ramah tinta sehingga bisa disablon untuk menyematkan identitas usahamu.

3. Paper Bowl

Peluang bisnis kuliner paper bowl

Terakhir, kamu bisa menggunakan kemasan paper bowl untuk bisnis kulinermu yang satu ini. Bentuknya mangkuk namun bahan dasarnya kertas foograde yang aman untuk makanan. Meski kertas kemasan ini dijamin tidak akan bocor atau menyerap air karena permukaannya dilapisi juga dengan plastik tipis. Agar semakin aman paper bowl juga hadir dengan penutup.

Itu dia peluang bisnis kuliner wedang ronde, minuman tradisional yang bisa kamu kreasikan agar lebih modern. Bagaimanapun kreasimu terhadap wedang ronde ini pastikan kamu memilih kemasan yang baik karena kemasan menjadi salah satu kunci penjualan. Jangan bingung memilih kemasan yang baik untuk produkmu.

Rumah kemasan diKemas.com bisa menjadi salah satu pilihan terbaik membuat kemasan untuk wedang rondemu. Semua kemasan yang kamu butuhkan dan cocok untuk wedang ronde bisa kamu dapatkan di diKemas.com. Tidak hanya menyediakan kemasan, diKemas.com juga menyediakan desain dan konsultasi gratis bagi kamu. Kapan lagi beli kemasan dapat desain yang mempercantik kemasanmu? Yuk konsultasi dulu ke diKemas.com