Aktivitas

Workshop Pengolahan Mangga di Kabupaten Rembang

new-20Pada Kamis (27/05), Tim bisnisukm.com mendapat kehormatan untuk menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi Pembentukkan Klaster Mangga di BAPPEDA Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Pemerintah Kabupaten melalui BAPPEDA Rembang secara langsung menawarkan kerja sama untuk memotivasi para pengusaha maupun petani mangga di Kabupaten Rambang agar meningkatkan kualitas bisnis atau nilai jual dari salah satu komoditi kabupaten tersebut. Dalam acara yang dihadiri oleh para pengusaha dan petani mangga se-Kabupaten Rembang itu, Tim bisnisukm.com berkolaborasi dengan seorang pakar bidang pengolahan hasil pertanian, Retnosyari Septiyani, S.TP, M.Sc.

Mangga yang merupakan salah satu komoditi pertanian di Kabupaten Rembang ini tengah mengalami penurunan nilai jual di pasaran. Hal ini membuat resah para pengusaha dan petani mangga yang menggantungkan hidupnya dari hasil pertanian tersebut. Atas dasar itulah, pemerintah Kabupaten Rembang mempunyai inisiatif untuk membangkitkan asa para pengusaha dan petani mangga. Dengan mengajak bisnisukm.com, pemerintah Kabupaten Rembang berharap adanya solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Dan setelah Tim bisnisukm.com bertatap muka langsung dengan para pengusaha dan petani mangga pun, akar permasalahannya ditemukan dan Tim bisnisukm.com menawarkan solusi tuntas untuk meningkatkan nilai jual mangga, yakni dengan cara pengolahan mangga menjadi beberapa makanan dan minuman agar selain nilai jualnya meningkat, mangga yang dihasilkan bisa awet atau tahan lama di pasar.new-17

Di awal acara, para pengusaha dan petani mangga sudah menyimpan banyak keresahan dan pesimis dalam meningkatkan kembali nilai jual mangga. Namun keadaan berbalik drastis setelah Tim bisnisukm.com memaparkan solusi untuk meningkatkan nilai jual mangga dengan berbagai macam olahannya. Dari hasil acara tersebut, pemerintah Kabupaten Rembang pun menawarkan kerja sama lanjutan kepada Tim bisnisukm.com untuk pelatihan berkala secara langsung dengan klaster atau kelompok-kelompok petani mangga.