Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis

Ketika kita sudah menemukan sebuah konsep bisnis yang ingin dijalankan, biasanya kita tidak tahu apa yang harus dipersiapkan sebelum membuka usaha tersebut. Disini akan dijelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum memulai usaha. Hal ini dilakukan agar kita dapat membuka usaha dengan sistematis dan meminimalisir kesalahan ataupun kerugian akibat kesalahan perencanaan.

Secara umum, ada 5 hal yang harus kita pertimbangkan sebelum membuka usaha, yaitu :

  1. Produk.
  2. Sistem Manajemen.
  3. Analisa Pasar / Konsumen.
  4. Strategi Pemasaran.
  5. Analisa Keuangan.

Produk

Pertimbangan masalah produk ini menyangkut antara lain :
Apa keunggulan produk kita dibandingkan produk dari pesaing.
Apakah produk kita memiliki suatu nilai yang lebih dibanding pesaing.
Bagaimana cara memperoleh bahan baku serta berapa biaya bahan baku tersebut.
Apakah ada teknologi dalam pembuatan produk tersebut.
Apakah dalam membuat produk tersebut harus menggunakan tenaga ahli, atau bisa dilakukan siapa saja.
Jika bisa dilakukan siapa saja, bagaimana cara melatih mereka agar dapat membuat produk yang sesuai.
Apakah kemasan produk tersebut sudah menarik untuk dilihat.

Sistem Manajemen

Yang termasuk dalam sistem manajemen adalah :
Siapa pemilik usaha ini? Jika ada orang selain kita bagaimana tugas dan wewenangnya. Disarankan untuk menggunakan sistem kepemimpinan tunggal, tujuannya agar tidak ada kebijakan yang saling tumpang tindih serta pembagian tugasnya jelas.
Berapa jumlah kebutuhan ruangan untuk usaha ini, dan apakah usaha ini membutuhkan suatu ruangan khusus.
Bagaimanan sistem operasionalnya. Apakah perlu waktu untuk menyiapkan produk atau apakah kita perlu waktu dalam pengantaran produk tersebut.
Jika dilakukan pengiriman, apakah ada sistem pengepakan/pengemasan yang harus dilakukan agar tidak terjadi kerusakan.
Bagaimana jalur operasional untuk usaha ini, dari mulai anda mendapatkan bahan baku sampai produk tersebut dibeli oleh konsumen.

Analisa Pasar

Dalam analisa pasar, yang harus kita ketahui adalah :
Siapa target konsumen dari produk kita.
Apakah produk kita sudah pernah diujicobakan ke konsumen, dan bagaimana pendapat mereka.
Jika sudah tahu siap terget konsumen kita, apakah kita tahu keinginan dan kebutuhan mereka akan produk ini. Apakah mereka menginginkan hal lain agar dapat menikmati produk kita.
Siapa saja kompetitor kita dalam produk ini, dan bagaimana mereka melakukan pelayanan kepada konsumennya.

Strategi Pemasaran

Setelah kita mengetahui kondisi pasar dari produk ini, kita dapat menciptakan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi pasar dan juga kondisi usaha kita. Berikut yang harus dipersiapkan dalam melaksanakan strategi pemasaran :
Apa nama brand/merek produk kita. Apakah brand/merek tersebut cukup familiar didengar atau sulit diucapkan.
Jelaskan strategi penjualan produk ini agar sampai ke konsumen. Jika dalam melakukan penjualan memerlukan salesman, bagaimana cara agar salesman bisa menjual produk kita.
Apa kegiatan promosi / publikasi yang kita lakukan agar konsumen bisa tahu dan mencoba produk kita. Hal yang paling penting dalam promosi awal adalah konsumen harus tahu dan mencoba dari produk kita.
Bagaimana konsumen membeli produk kita. Apakah harus datang ke toko kita, atau kita yang mendatangi konsumen. Jika konsumen yang datang ke toko kita, apakah letak toko kita dekat dan mudah dengan konsumen. Jika kita yang mendatangi konsumen, dengan cara apa kita mendatangi konsumen. Apakah dengan sistem penitipan ke retail, supermarket atau melakukan penjualan langsung.

Analisa Keuangan

Hal terakhir yang harus dipertimbangkan adalah analisa keuangan. Berikut pertimbangan dalam hal keuangan :
Berapa kebutuhan total investasi usaha kita
Darimana kebutuhan investasi tersebut terpenuhi ( siapa yang mensuplai atau beli darimana )
Darimana pendapatan usaha ini berasal. Jika memiliki banyak produk, berapa harga dari setiap produknya dan berapa target penjualan dari setiap produk.
Berapa harga pokok produk tersebut. Ini termasuk pembelian bahan baku, biaya pengangkutan bahan baku dan upah pembuatan produk.
Berapa biaya operasional setiap bulannya untuk menjalankan usaha ini. Dimasukan juga berapa penyusutan alat – alat yang memiliki masa waktu pakai.
Berapa keuntungan bersih setiap bulannya dan apakah keuntungan ini sesuai dengan biaya investasi yang kita keluarkan.

Diolah dari berbagi sumber

Sumber gambar : http://altahida.files.wordpress.com/2009/02/bisnis-online.jpg

18 Komentar

  1. awal yang harus di dilakukan seorang manajer untuk menjadi sukses dalam berbisnis itu apa….,,,,,!

  2. Bisnis yang bagus itu adalah yang sudah dibuka dan dijalankan, diiringi dengan doa dan ikhtiar.Urusan untung rugi serahkan pada Allah Swt. Kalau mau untung , perbanyak sedekah , kalau lagi rugi hajar juga dengan sedekah…..Amin
    hepiburger@gmail.com

  3. keuntungan dan kerugian itu beda tipis kenapa harus takut rugi toh untung dan rugi sama ko, sukses bisnis!!

  4. keuntungan dan kerugian itu beda tipis kenapa harus takut rugi toh untung dan rugi sama ko, sukses bisnih !!

  5. Usaha batik yg paling prospek utk skrg ini jgn takut gagal yg penting belanja dan jual pasti ada hasilnya krn batik sdh ada passrnya 200 jt orang indonesia blm lagi utk mancanegara apa lagi sdh ada himbauan pemerintah utk mengenakan batik dikantor kantor instansi pemerintah..yang perlu anda lakukan adalah jalankan sekarang jg ide anda disini bukan disana dan nanti…

  6. Langkah-Langkah dan strategi apa saja untuk memulai dari awal usaha batik ( distributor batik ) ???

    Mohon Bisa di beri pertimbangan-pertimbanganya, karena usaha ini baru pertama kali saya coba

  7. Biasanya yang menjadi kendala dalam embuka cafe atau rumah makan adalah tempat, karena tempat yang strategis pasti sewanya mahal, sedangkan bagi pemula hal ini baru ,memulai dan belum tentu langsung dapat pelanggan yang memadai, bagai mana menyiasati hal tersebut ya.

  8. sy ingin membuka usaha tp terus terang sy takut nantinya usaha sy gagal n takut merugi. Bgm cara menghilangkan perasaan diatas? 081317420106

  9. sy ingin membuka usaha cafe,saat ini sdh punya tempat yg cukup strategis namun kendalanya sy Blm menemukan sdm yg mumpuni terutama utk mengolah menu2 cafe. Menu yg sy inginkan a/l makanan ringan spt spageti bermacam panganan serta minuman jus.

  10. Yang perlu diingat untuk memulai suatu Usaha adalah bahwa kita punya Hak yang sama untuk sukses, jadi hilangkan rasa takut, minder, tetap berdo’a, belajar dan berusaha. Bangkitlah Usahawan2 muda, Ayo raih Hak kita, tp jangan lupa dgn kewajiban “Bayar Zakat dan Pajaknya”

  11. menurut saya dalam membuka suatu bisnis tak perlu repot dan berani dalam mengambil keputusan serta resiko yang ada..
    apabila kita sudah takut terlebih dahulu untuk mengambil suatu resiko, maka kapan usaha kita akan dapat berkembang dan kapan kita akan berani untuk mengambil keputusan yg tepat untuk usaha kita..
    ckup 5w+1h yg kita terapkan terlebih dahulu..

  12. IKLAS
    dengan semua yang dijalani
    semua usaha
    semua rasa capek dan semua biaya yang kita keluarkan
    PASRAH
    atas semua yang kita dapat
    percaya rejeki ditangan Tuhan

  13. langkah² yang di tempuh dalam meningkat kan omset , dan mempertahankan omset ,,,,

    Strateginya,

    sedangkan strategi untuk menarik minat konsumet dalam berbisnis cafe & resto

  14. kadang-kadang kekhawatiran sebelum melakukan usaha, pasti terjadi pada siapapun. takut gagal, takut tidak laku dll. dan menentukan produk. masalahnya sekarang bagaimana melawan rasa rakut dan menyangkuit produk apakah kita buat pasar sendiri atau kita mengikuti pasar atas produk kita.

  15. menurut saya bisnis itu terbagi menjadi 2 bagian: .bisnis moderen yaitu di mana bisnis ini kita harus mengejar pasar, .bisnis tradisional yaitu di mana kita harus menunggu pasar.

Comments are closed.