“ Orang sukses adalah orang yang selalu belajar dari kesalahan ”.

Video Praktisi

Roti van Java, Mencari Ide Bisnis dari Travelling

Jika ditanya “apakah pernah membuat kesalahan?” Mungkin hampir semua orang akan menjawab “iya pernah”. Hal itu wajar  bagi seorang manusia, semua orang sering melakukan sesuatu dengan salah ketika mereka belum mengetahui mana yang benar. Bahkan orang yang sudah ahli pun juga pernah melakukan kesalahan. Karena mereka bisa menjadi orang yang ahli seperti sekarang, setelah mereka berhasil mencari jawaban yang benar untuk menghindari kesalahan – kesalahan yang pernah mereka perbuat.

Saat kita mengerjakan sesuatu, terkadang kita belum bisa melakukannya dengan baik hingga tak jarang kita membuat sebuah kesalahan. Walaupun semua orang pernah melakukan kesalahan, namun tidak banyak dari mereka yang mampu belajar dari kesalahan yang dilakukannya. Biasanya mereka hanya bisa menangisi dan menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang pernah mereka lakukan. Padahal sebenarnya dalam sebuah kesalahan terdapat pembelajaran besar yang dapat kita ambil manfaatnya.

Dari kesalahan yang telah kita perbuat, baik sengaja maupun tidak kita sengaja. Memberikan pembelajaran besar pada diri kita, salah satu manfaatnya yaitu untuk selalu mengevaluasi sikap yang selama ini masih kurang tepat. Kesalahan yang sering kita buat, sebenarnya muncul karena adanya kekurangan informasi pada diri kita. Sehingga dengan adanya evaluasi kekurangan – kekurangan yang kita miliki dapat membantu kita untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di waktu yang akan datang.

Disamping untuk mengevaluasi segala hal yang telah kita kerjakan, adanya kesalahan juga dapat memberikan motivasi bagi kita untuk mencari tahu bagaimana caranya bangkit dari kegagalan yang kita peroleh atas kesalahan kita. Karena setiap kesalahan yang telah kita perbuat, pasti memiliki cara dan solusi yang paling tepat untuk menyelesaikannya. Sebenarnya dimana ada kesalahan pasti ada cara tepat utuk menentukan  hal yang benar.

Begitu juga dalam menjalankan bisnis, jika seseorang masih menggunakan strategi bisnis yang salah tak jarang bisnis yang mereka jalankan akan gagal. Namun dengan adanya pembelajaran tersebut, para pelaku bisnis akan berusaha memperbaiki strategi yang digunakan untuk mengembangkan bisnisnya. Semua tergantung pada individu masing – masing, jika ingin menjadi orang yang sukses adalah belajarlah mencari jalan keluar dari kesalahan Anda. Semoga dengan adanya motivasi belajar dari sebuah kesalahan, dapat memberikan inspirasi bagi Anda untuk tetap berusaha bangkit dari kegagalan. Salam sukses.

sumber gambar : http://cicinyulianti.files.wordpress.com/2010/02/learning1_1.jpg