Kesalahan Dalam Menjalankan Bisnis Online

kesalahan bisnis onlineJika pekan lalu kita telah membahas tentang kelebihan bisnis online, pekan ini kami akan mengangkat informasi mengenai kesalahan dalam menjalankan bisnis online. Memang tak perlu diragukan lagi jika bisnis online memberikan passive income secara otomatis bagi para pelaku usahanya. Hal ini ternyata mampu menarik minat masyarakat terhadap bisnis online, karena kebanyakan orang menganggap bisnis online sebagai peluang bisnis murah dan mudah untuk dijalankan.

Namun anggapan tersebut tidak berlaku lagi ketika kita sudah menjalankan bisnis tersebut, banyak pelaku bisnis online yang gagal dengan bisnisnya dalam hitungan bulan. Kegagalan bisnis online yang dijalankan, biasanya disebabkan kurangnya penanganan website ataupun blog yang digunakan. Walaupun bisnis online dapat dikerjakan dari rumah, tetap saja membutuhkan  penanganan yang tepat, waktu serta biaya yang dapat menunjang perkembangan website maupun blog yang digunakan.

Sebagian besar kegagalan yang dialami bisnis online, disebabkan oleh kesalahan pelaku usahanya. Berikut tiga kesalahan besar yang sering dilakukan oleh para pemula dalam menjalankan bisnis online miliknya :

1. Adanya pola pikir awal yang salah.

Kebanyakan orang yang mencoba bisnis online, pasti tertarik dengan bisnis tersebut karena menginginkan passive income yang dapat diterima secara instan tanpa adanya kerja keras. Pola pikir yang demikian membuat pelaku usaha hanya fokus memikirkan seberapa besar pendapatan yang akan diterimanya dari hasil sistem bisnis online yang digunakan, tanpa adanya kerja keras dan ketekunan dalam  mengembangkan bisnis yang milikinya.

Untuk menghindari kesalahan tersebut, sebaiknya fokus terlebih dahulu untuk mengembangkan bisnis online yang sedang Anda jalankan, terus lakukan inovasi setiap periodenya. Karena semakin besar bisnis Anda, maka semakin besar pula income yang akan Anda terima.

2. Tidak memiliki rencana dan tujuan yang jelas

Kesalahan para pemula bisnis online yaitu mereka hanya memiliki tujuan untuk mendapatkan income besar secara otomatis, tanpa memiliki perencanaan yang matang.

Sebaiknya rencanakan bisnis online yang akan Anda jalankan, dengan fokus ke satu bidang dan satu kata kunci. Sehingga Anda memiliki perencanaan yang ada sesuai dengan tujuan yang dicitakan. Semakin matang perencanaan yang Anda buat, semakin cepat pula tujuan akhir yang Anda harapkan.

3. Cepat Menyerah sebelum tujuan tercapai

Menjalankan bisnis online mungkin bukan sekali dua kali Anda akan menemukan kegagalan. Diawal memulai bisnis, Anda mungkin akan merasakan stress karena nilai materi yang telah dikeluarkan belum sesuai dengan income yang diperoleh.

Dalam keadaan seperti itu sebaiknya Anda selalu mengingat pelaku bisnis online yang sekarang sudah sukses dengan bisnisnya. Bukan hanya sekali mereka gagal, tnamun mereka menggunakan kegagalan yang mereka alami sebelumnya sebagai pembelajaran dan cambukan motivasi untuk memperbaiki sistem yang mereka gunakan sebelumnya. Yakinlah bahwa dulu mereka mengawali bisnisnya dengan keadaan yang sama dengan keadaan Anda.

Kesalahan dan kegagalan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi kekurangan – kekurangan yang masih ada dalam bisnis Anda. Semoga dengan informasi bisnis online pekan ini, dapat membantu Anda meraih sukses dengan bisnis online. Salam sukses.

8 thoughts on “Kesalahan Dalam Menjalankan Bisnis Online”

  1. yupps, memang butuh ketekunan tuk menjalankan bisnis online. Selalu melakukan ekspansi tuk pengembangan cara berjualan……semoga baik pada akhirnya.

    Reply
  2. Betul, bisnis online butuh kerja keras juga. Apalagi yang menjual produk nyata. 2 tahun pertama ujian terberat yang sangat sulit dilalui.

    Reply
  3. Memang betul, tahap paling berat membangun bisnis adalah di awalnya, baik itu bisnis offline maupun online. Setelah berjalan dengan baik, punya pengunjung/ pelanggan tetap, pasar dan omset yang memadai, barulah dapat bernafas lega dan mulai terasa mudah..

    Reply
  4. benar sekali pendapat diatas…
    cara kerja bisnis online memang butuh ketekunan & strategi tertentu untuk mencapai hasil seperti yang kita inginkan.
    jadi di pikir 2x dahulu sebelum terjun di dunia bisnis online.
    bisnis online dengan memiliki website e-commerce atau website affiliasi misalnya, ibarat kita punya toko dalam dunia maya.jadi perlu dipikirkan juga apakah bisnis online yang kira2 akan kita ikuti,bagaimana stategi untuk mencari konsumen/meningkatkan traffic website, bagaimana menulis artikel/posting dgn tema atau judul yang menarik pembaca dan sebagainya. tujuannya tetap sama juga dengan bisnis konvensional yaitu menarik pelanggan/pembeli supaya tertarik membeli produk kita.

    Reply
  5. sebagian besar iklan-iklan dan ulasan tentang bisnis online membentuk pola pikir yang no 1. bahwa bisnis online itu mudah.

    menurut pengalaman orang-orang yang sudah menjalankan bisnis online, ternyata bisnis online tidak ada bendanya dengan kerja konvensional yang butuh kerja keras. bedanya cuma terletak pada medianya saja.

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba