olahan jamurJika menu bakso pada umumnya terbuat dari campuran daging sapi dan tepung sagu, kini sebagian besar masyarakat mulai memanfaatkan jamur segar sebagai pengganti daging dalam pembuatan bakso. Inovasi ini dipilih para pelaku usaha karena pada dasarnya jamur memiliki tekstur yang hampir sama dengan daging. Dan ternyata pilihan mereka sangatlah tepat, cita rasa bakso jamur tidak kalah enak dengan bakso daging sapi. Sehingga banyak masyarakat yang akhirnya mengangkat produk bakso jamur ini menjadi sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Video Praktisi

Tips Menghadapi Kompetitor, Owner Poyeng Knit Shop

Seiring meningkatnya minat konsumen akan aneka olahan jamur, saat ini keberadaan menu bakso jamur juga sudah mulai dikenal luas oleh masyarakat di berbagai daerah. Beberapa pengusaha bakso jamur bahkan sudah bisa sukses menjalankan bisnisnya di daerah masing-masing. Sebut saja Roni seorang pedagang bakso jamur di Yogyakarta, beliau telah berhasil menarik minat konsumennya dengan menawarkan bakso jamur kuping dengan kuah bumbu rempah. Selain itu ada juga Kedai Bakso Jamur Radin yang berlokasi di Malang, setiap bulannya kedai bakso tersebut mampu meraup omset hingga 30 juta rupiah melalui inovasi bakso jamur tiram yang ditawarkannya kepada masyarakat. Kondisi ini menjadi bukti nyata bagi kita, bahwa aneka makanan olahan jamur mulai mendapatkan tempat tersendiri di hati para konsumen.

Nah, untuk membantu Anda yang tertarik menekuni bisnis bakso jamur. Berikut ini kami informasikan resep pembuatan bakso jamur tiram, yang bisa Anda praktekan di rumah sebelum akhirnya mengangkat produk tersebut sebagai sebuah usaha.

Resep Bakso Jamur Tiram
bakso jamur
Bahan :
- 500 gram kaki jamur tiram
- 1 butir putih telur
- 1 ons tepung sagu
- Garam (secukupnya)
- Lada (secukupnya)
- Minyak barbeque (secukupnya)

Bahan kuah : 
- 4 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 2 batang daun bawang
- Garam dan lada (secukupnya)

Bahan pelengkap :
- Bawang goreng
- Mie kuning
- Daun sledri
- Saus sambal
- Kecap manis

Cara membuat :

1. Bakso Jamur 
- Haluskan/blender batang jamur dan peras airnya (buang)
- Tambahkan putih telur, aduk rata
- Masukan tepung sagu, garam, lada dan minyak barbeque, aduk rata
- Setelah semua adonan menyatu, buat bulat-bulat kecil menjadi bentuk bakso. 

2. Kuah 
- Masak air dalam panci
- Haluskan bawang merah, bawang putih, dan daun bawang
- Masukan dalam air rebusan
- Tambahkan garam dan lada secukupnya. Biarkan mendidih
- Masukan bakso jamur yang sudah dibentuk. Didihkan.
- Sajikan selagi hangat bersama bahan pelengkap.

Dengan memanfaatkan tekstur jamur yang sangat mirip dengan daging, maka tidaklah mustahil bila Anda menjadikannya sebagai alternatif tepat dalam pembuatan produk bakso. Semoga informasi cara membuat bakso jamur ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, dan bisa menjadi inspirasi bisnis bagi Anda yang sedang bingung mencari peluang usaha. Mulailah dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Ayo berbisnis jamur !!

sumber gambar : http://microsite.yellowpages.co.id/WebMicroClients/ajisakajamur.co.id/resources/Image/BaksoJmrSpc.jpg dan http://1.bp.blogspot.com/_BRkR6Tejxsk/TUJr-hnxsJI/AAAAAAAAABk/bh9TL4mu-yI/s320/143245p.jpg