1355568_frozen-yogurtYoghurt telah lama dikenal sebagai minuman berkhasiat. Rasanya yang asam menyegarkan cocok dinikmati kapan saja dan dimana saja. Ada beberapa jenis yoghurt, ada yang bentuknya paling kental mirip pudding (Set Yoghurt), agak encer (Stir Yoghurt), dan paling encer (Drink Yoghurt). Dari ketiga jenis tadi manakah yang Anda suka? Setiap orang pasti mempunyai alasan masing-masing untuk memilihnya.

Video Praktisi

Menyiasati Persaingan Bisnis PaperOn

Apabila Anda menginginkan sensasi berbeda dalam menikmati yoghurt, Anda boleh mencoba produk yang satu ini, yaitu es krim yoghurt atau frozen yoghurt. Ya, kini telah hadir yoghurt dalam sajian es krim. Tentu ini menjadi sajian yang sangat menarik, apalagi bagi anak-anak.

Es krim yoghurt atau frozen yoghurt atau dikenal dengan istilah froyo telah dikenal di Amerika Serikat sejak akhir tahun 1970-an dan kini menjadi booming di Indonesia. Froyo, merupakan cara lain dalam menikmati sensasi yogurt. Di Jakarta, Frozen yoghurt telah menjadi jajanan favorit banyak orang, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Jadi jangan heran apabila Anda melihat antrean panjang orang yang rela menunggu seporsi es krim yoghurt di beberapa gerai froyo di Jakarta. Biasanya es krim yoghurt atau frozen yoghurt disajikan dengan toping aneka buah segar, namun ada juga yang menggunakan topping  kacang, wijen dan lain-lain.

Mungkin di daerah Anda belum ada gerai yang menjual eskrim yoghurt ini. Nah inilah peluang bisnis Anda, dan tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba membuatnya atau bahkan menciptakan resep sendiri. Secara umum proses pembuatannya sama dengan pembuatan es krim pada umumnya. Coba simak langkah-langkah pembuatan es krim yoghurt di bawah ini:

Bahan :

  1. Whipped cream cair dingin 500 ml.
  2. Yoghurt jeruk 500 ml.
  3. Whipped cream bubuk 6 sendok makan.
  4. Selai mix fruit 100 gram, siap pakai.
  5. Gula halus 100 gram.

Alat & Kemasan:

  1. Baskom.
  2. Mixer.
  3. Cup mika transparan.

Cara membuat :

  1. Campur whipped cream cair dingin dan whipped cream bubuk dalam wadah, lalu mixer (gunakan kecepatan rendah kemudian berangsur – angsur tambahkan kecepatannya). Kocok hingga adonan tercampur rata dan mengembang.
  2. Setelah itu masukkan yoghurt dan selai mix fruit. Kocok terus namun jangan terlalu over, karena bisa mencair.
  3. Setelah tercampur rata dan lembut, tutup dengan plastic wrap dan simpan dalam lemari es (freezer) ± 4 jam.
  4. Setelah beku, diamkan sebentar, lalu kocok lagi dengan mixer hingga merata. Masukkan freezer lagi ± 4 jam.
  5. Setelah 4 jam, keluarkan lagi dari freezer dan kerok sedikit demi sedikit. Pindahkan dalam cup plastik.
  6. Es krim siap disajikan dengan aneka topping buah-buahan segar, kacang, wijen, dan lain-lain.
    Nb: Standar hasil Jadi : 15 cup

Untuk mempermudah dalam pembuatannya dan menghasilkan produk yang baik dapat digunakan mesin khusus yaitu soft-serve es krim. Menikmati yoghurt beku seperti menikmati es krim memberikan sensasi rasa berbeda. Selamat mencoba.

sumber gambar: http://wb7.itrademarket.com/pdimage/68/1355568_frozen-yogurt.jpg