ilustrasi mencari bisnis rumahanAwal tahun merupakan moment yang sering dimanfaatkan banyak orang untuk membuat rencana dan menentukan target baru yang ingin mereka capai. Baik dalam hal karir, keluarga, kehidupan, termasuk juga merencakan peluang bisnis yang memungkinkan untuk mereka coba.

Video Praktisi

Roti van Java, Mencari Ide Bisnis dari Travelling

Tak bisa dipungkiri bahwa peningkatan jumlah entrepreneur di Indonesia yang menunjukan kemajuan positif, memberikan motivasi bagi masyarakat lainnya untuk saling berlomba membuka usaha. Lihat saja jumlah pelaku usaha dengan modal kecil sampai pelaku usaha bermodal milyaran rupiah, yang saat ini telah bermunculan dan meramaikan persaingan pasar lokal maupun pasar internasional. Tentu Anda juga berminat untuk ambil bagian bukan?

Memutuskan untuk memulai usaha memang tidak mudah, banyak orang takut untuk memulainya karena alasan modal. Padahal jika Anda memiliki tekad dan niat yang kuat, sebenarnya banyak peluang usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil, misalnya saja bisnis rumahan. Memanfaatkan segala potensi yang ada di rumah untuk menjalankan bisnis, menjadi alternatif tepat bagi Anda untuk menekan modal usaha yang dibutuhkan. Sehingga Anda bisa tetap membuka usaha, meskipun modal yang Anda miliki terbatas.

Memasuki pertengahan bulan kedua di tahun 2011, tidak ada salahnya bila Anda mulai merencanakan peluang bisnis yang memiliki prospek cukup bagus kedepannya. Jika saat ini modal yang Anda miliki terbatas, mulailah dengan memilih peluang usaha kecil yang bisa Anda jalankan dari rumah.

Nah, untuk mempermudah Anda mencari ide bisnis rumahan di tahun 2011. Berikut kami informasikan kepada para pembaca mengenai beberapa ide bisnis yang memiliki prospek cukup bagus.

  • Bisnis kuliner. Prospek bisnis kuliner memang tidak ada matinya, begitu juga dengan tahun ini. Perkembangan bisnis kuliner akan semakin meningkat seiring dengan meluasnya minat pasar akan produk-produk kuliner. Anda bisa membuka warung makan dengan menu tradisional, bisnis katering, bisnis kue, warung soto dan bakso, warung pecel lele dan penyetan, bisnis angkringan, warung makan bagi konsumen vegetarian, dll.
  • Bisnis energi. Yang dimaksud energi disini adalah bahan bakar dan gas. Anda bisa menjadi agen atau menjadi sub agen gas elpiji. Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan bahan bakar dan gas, bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis rumahan yang cukup menjanjikan. Bukan itu saja, saat ini PLN pun membuka kerjasama untuk kios pembayaran listrik bagi komunitas masyarakat. Sehingga peluang Anda untuk menjalankan bisnis energi di rumah, semakin terbuka lebar.
  • Bisnis jasa kesehatan maupun kecantikan. Semakin hari masyarakat semakin mementingkan kesehatan dan penampilan mereka. Keadaan tersebut bisa Anda jadikan sebagai peluang untuk mendapatkan keuntungan cukup besar. Misalnya saja dengan membuka klinik kesehatan di rumah, jasa bidan swasta, mencoba bisnis salon kecantikan, bisnis jasa potong rambut, jasa rias pengantin, dll.
  • Bisnis pendidikan dan pelatihan. Meningkatnya kepedulian masyarakat akan pentingnya pendidikan dan skill, membuat mencari peluang bisnis rumahanbisnis di bidang tersebut memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi. Lihat saja pertumbuhan lembaga bimbingan belajar, jasa les privat, lembaga kursus bahasa, kursus computer, kursus memasak, kursus kecantikan, serta lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang saat ini sudah banyak beredar di lingkungan kita. Jadi tidak menutup kemungkinan, Anda pun juga bisa membuka bisnis pendidikan di rumah Anda.
  • Bisnis retail. Menekuni bisnis retail dengan produk kebutuhan sehari-hari masyarakat memang menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin membuka bisnis rumahan. Berada di lingkungan pemukiman warga, membuat bisnis tersebut memiliki potensi pasar yang sangat bagus. Anda bisa mencoba membuka toko kelontong, warung sembako, atau minimarket dengan memanfaatkan ruang kosong yang ada di rumah Anda.

Setelah mengetahui beberapa ide bisnis di atas, selanjutnya Anda bisa merencanakan bisnis rumahan yang paling tepat bagi Anda. Dan cobalah yakinkan diri Anda untuk action sekarang juga. Semoga info bisnis untuk pekan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan membantu Anda yang sedang mencari peluang usaha. Selamat mencoba dan salam sukses.

Info bisnis :
Keuntungan dari bisnis rumahan
Bisnis rumahan dengan modal kecil
Bisnis rumahan beromset jutaan rupiah

sumber gambar : http://www.dirjournal.com/business-journal/wp-content/uploads/2009/06/businessideas1.gif dan http://images.marketingtips.com/startupbusinessopportunity.jpg