5 Inspirasi Bisnis Kuliner Kalau Bosan Jadi Karyawan!

5-inspirasi-bisnis-kuliner

Pernahkah Anda merasa lelah karena di akhir bulan harus berhemat? Makan hanya dengan sayuran karena stok uang di dompet sudah menipis. Ketika di kantor, Anda bertekad untuk bekerja lebih keras, tapi uang lembur tidak kunjung cair. Jika sudah terlalu capek jadi karyawan yang gajinya paspasan, bagaimana kalau Anda mulai berjualan makanan? Keuntungannya lumayan dan jam kerja lebih fleksibel. Ini beberapa inspirasi bisnis kuliner yang bisa Anda coba.

  1. Ayam Geprek

Berjualan makanan pedas masih menjadi trend tahun ini. Salah satu kuliner yang diminati karena kenikmatannya adalah ayam geprek. Ayam yang digoreng garing lalu dilumuri sambal ini punya banyak penggemar. Lihat saja, ada banyak restoran yang menjualnya sebagai menu utama. Jika Anda ikut menjualnya maka akan mendapat keuntungan yang cukup besar, bisa mencapai 100%.

Untuk mulai berjualan ayam geprek, maka bahan yang dibutuhkan adalah ayam broiler, cabe rawit, cabe merah, dan bumbu-bumbu lainnya. Anda cukup membelinya di pasar, tidak usah ke supermarket khusus. Berjualan ayam goreng pedas ini juga tidak membutuhkan peralatan khusus, karena Anda bisa memakai pisau, talenan, wajan dan perangkat lain di dapur. Selain itu, Anda tidak perlu mencetak brosur, karena promosinya bisa lewat media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

Walau ada banyak restoran yang menjual ayam geprek, namun peluang bisnis kuliner ini masih bagus, asal Anda mengutamakan rasa dan konsistensi. Tentukan standar, misalnya sambal level 1 memakai 2 cabe rawit, level 2 butuh 4 cabe, dan sebagainya. Selain itu, buatlah variasi, misalnya ayam geprek dengan keju mozzarella, geprek sambal matah, dan lain-lain. Bisnis ini juga bisa bertahan, jika Anda mengutamakan service, dengan pelayanan yang ramah dan durasi pengantaran yang singkat.

  1. Nasi Telur

Inspirasi bisnis kuliner yang selanjutnya adalah nasi telur. Makanan ini terlihat sederhana, namun ternyata banyak penggemarnya. Sepiring nasi dengan telur ceplok, disajikan dengan kecap istimewa. Siapa yang bisa menolak pesonanya? Walau awalnya termasuk makanan rumahan, namun orang-orang suka makan nasi telur karena nikmat dan harganya terjangkau. Biasanya berkisar antara 10.000 hingga 15.000 saja.

Saat akan mengolah ide bisnis kuliner ini, bahan-bahannya juga sangat sederhana. Anda hanya butuh beras berkualitas bagus untuk dimasak jadi nasi pulen dan telur ayam. Selain itu, bawang putih, kecap manis, dan kecap asin menambah kegurihan menu ini.  Ketika ada pesanan dadakan, Anda bisa membeli bumbu dan telurnya di toko kelontong, jadi hemat bensin karena tidak usah beli ke pasar induk.

Anda bisa membuat nasi telur dengan tambahan serundeng agar lebih gurih rasanya. Selain itu, berikan sambal untuk menyeimbangkan rasa menjadi manis, gurih, dan pedas. Untuk variasi, selain telur ceplok, Anda juga bisa menjual telur dadar sebagai lauk utama. Telur ini berukuran besar dan tebal karena pada adonannya ditambah tepung bumbu dan air.

  1. Burger

Berjualan burger masih menjadi ide bisnis kuliner yang bagus, walau makanan ini sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu. Camilan berat ini bisa Anda jual, walau tidak terlalu pintar memasak. Cara membuatnya sangat mudah karena hanya memanggang roti bun dan memanaskan beef patty di wajan teflon, lalu menyusunnya dan menambahkan sayuran serta saus tomat.

Jika Anda memiliki rumah di dekat sekolah atau perkampungan, berjualan burger menjadi peluang bisnis kuliner yang bagus. Juallah burger mini yang harganya hanya berkisar 4.000-6.000 rupiah per buah, menyesuaikan dengan uang saku mereka. Sediakan juga minuman es sachetan sebagai pelengkap. Keuntungan berjualan ini masih cukup, karena walau harganya murah, tapi banyak pembelinya.

Saat akan belanja bahan mentah, Anda cukup pergi ke pusat frozen food. Di sana tersedia roti bun dan patty burger dengan berbagai harga. Pilih patty yang harganya terjangkau, agar Anda bisa menjualnya dengan harga murah. Di pusat frozen food itu lengkap, bahkan ada pula saus tomat dalam kemasan besar. Sementara sayuran pelengkapnya seperti selada dan tomat bisa dibeli di pasar.

  1. Nugget Pisang

banana-nugget

Berjualan nugget pisang juga jadi peluang bisnis kuliner yang menarik, karena makanan ini masih banyak disukai, terutama oleh kaum muda. Nugget pisang adalah makanan olahan pisang yang dibalut tepung roti, digoreng, lalu diberi topping. Banyak penggemar nugget manis ini yang memesan topping rasa cokelat, vanila, atau cappucino.

Cara membuat nugget pisang ini cukup mudah karena hanya butuh pisang tanduk atau pisang raja, telur, tepung roti, air, susu, margarin, dan krim topping. Peralatan masak yang dibutuhkan juga pasti ada di dapur, yaitu blender, oven, loyang persegi, dan juga pisau. Tidak butuh modal yang banyak untuk memulai bisnis kuliner ini. Jadi, sangat cocok untuk pemula.

Anda ingin jualan nugget pisang selalu laris? Selain mengunggulkan variasi topping, jalinlah kerjasama dengan perusahaan ojek online. Jadi pelanggan tidak usah pergi jauh-jauh ke stan milik Anda hanya untuk membeli nugget manis ini. Mereka tinggal membuka aplikasi, lalu memesan dan menunggu kurir makanan datang.

  1. Martabak Manis

Inspirasi bisnis kuliner yang selanjutnya adalah berjualan martabak manis. Sejak dulu sudah ada camilan yang satu ini, namun Anda bisa tampil beda dengan adonan yang bervariasi. Misalnya martabak manis dengan base adonan pandan, cokelat, atau red velvet. Cara membuatnya mudah, cukup tambahkan esen pandan atau pewarna makanan warna merah. Anda juga bisa menggunakan sari daun pandan asli atau rebusan rosella untuk pewarna alami.

Selain variasi adonan, tambahan topping pada martabak manis juga jadi daya tarik pembeli. Taburannya tidak hanya meses cokelat, keju, atau kacang, tapi ada serutan cokelat warna warni, permen isi kacang, biskuit cokelat krim, atau selai cokelat kacang. Rasanya makin istimewa dan tampilannya jadi indah. Anda juga bisa menawarkan paket berupa martabak manis dengan 8 jenis topping, jadi bisa dimakan ramai-ramai dan saling mencoba rasanya.

Selain martabak manis ukuran besar, martabak manis ukuran mini yang harganya lebih terjangkau, bisa jadi menu andalan di bisnis kuliner Anda. Untuk membuat martabak mini, gunakan snackmaker berbahan teflon. Setelah jadi, bungkus di kemasan mika dan siap dijual di bazaar atau stan di depan sekolah. Anda juga bisa menerapkan sistem delivery order, jadi pembeli tinggal telepon atau WA dan menunggu pesanannya datang.

Ada beberapa ide bisnis kuliner yang bisa Anda terapkan demi meraih keuntungan. Misalnya berjualan martabak manis, ayam geprek, nugget pisang, atau burger. Kemaslah makanan itu dalam kotak yang bersih dan ditempel stiker logo agar lebih menarik. Para pembeli akan tahu kontak WA dan Instagram Anda yang tertera pada stiker.

Dari 5 jenis jualan ini, mana yang paling Anda suka?

 

sumber gambar: unsplash.com/@rollelflex_graphy726
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/yoshi/perang-5-merek-banana-nugget

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba