Berdasarkan urutan bahan makanan pokok di dunia, jagung menduduki urutan ke 3 setelah gandum dan padi. Di Indonesia sendiri, jagung merupakan komoditi tanaman pangan kedua terpenting setelah padi. Bahkan dibeberapa daerah seperti Madura dan Gorontalo, jagung merupakan makanan pokok.

Video Praktisi

Mencari Ide Bisnis Dari Limbah Rumah Tangga

Jagung ditanam setiap musim sehingga selalu tersedia sepanjang tahun. Jika jagung telah ditanam atau diusahakan masyarakat setempat, ini berarti jagung mampu memberi peluang berusaha, dapat dilakukan dan diterima oleh masyarakat setempat sehingga berdampak pada penyerapan tenaga kerja serta pengembangan industri-industri kecil dan menengah. Jagung berperan penting dalam perekonomian nasional dengan berkembangnya industri pangan yang ditunjang oleh teknologi budi daya dan varietas unggul.

Berdasarkan komposisi kimia dan kandungan nutrisi, jagung mempunyai prospek sebagai pangan dan bahan baku industri. Pemanfaatan jagung sebagai bahan baku industri akan memberi nilai tambah bagi usahatani komoditas tersebut. Penanganan dan pengolahan hasil pertanian memang penting untuk meningkatkan nilai tambah, terutama pada saat produksi melimpah dan harga produk rendah, juga untuk produk yang rusak atau bermutu rendah. Jagung dapat diolah menjadi berbagai produk olahan. Salah satu hasil olahan jagung yang cukup digemari adalah tortilla atau kerupuk jagung. Kecenderungan konsumen yang lebih menyukai produk makanan ringan yang praktis dan siap santap seperti kerupuk jagung ini nampaknya memberikan harapan baru bahwa diversifikasi jagung menjadi kerupuk jagung dapat diterima oleh masyarakat indonesia.

Proses pengolahan produk ini cukup sederhana sehingga berpotensi membuka peluang usaha sebagai industri rumah tangga.  Mutu produk olahan yang baik dapat meningkatkan nilai jual dan memperluas pasar. Pengolahan kerupuk jagung dilakukan dengan 3 tahap (pembuatan tepung jagung, pembuatan nasi jagung, dan pembuatan kerupuk jagung).

Berikut disajikan nilai gizi dari kerupuk tortila.
Tabel Nilai gizi kerupuk jagung.

tabel

Pembuatan Kerupuk Jagung:

Bahan :
Beras jagung 2 kg, minyak goreng 1 liter, larutan bumbu ( garam halus 10 gr, bawang putih 10 gr, air 100 ml).

Pembuatan tepung jagung:

  1. Tumbuk/giling jagung pipilan menjadi beras jagung.
  2. Rendam beras jagung dengan air bersih selama satu malam.
  3. Tiriskan kemudian giling sampai halus.

Pembuatan nasi jagung:

  1. Campur tepung jagung dengan laruta bumbu hingga merata
  2. Kukus adonan tersebut selama kira-kira 30 menit.

Pembuatan kerupuk jagung:

  1. Masukkan nasi jagung yang telah masak dalam keadaan hangat ke dalam alat penggilingan mie.
  2. Lakukan penggilingan
  3. Potong-potong (3 cm x 3 cm). Tempatkan potongan kerupuk basah dalam tampah.
  4. Keringkan kerupuk jagung di bawah sinar matahari langsung selama 2 hari
  5. Setelah kering, goreng dengan minyak goreng yang berkualitas agar hasilnya baik.

Umur simpan tortilla yang dikemas dengan plastik polipropilen ketebalan 0,08 mm yang disimpan pada suhu 25 0C adalah sekitar 4 bulan (aroma dan ketengikan sebagai sifat mutu kritis).

(Sumber gambar: http://wb7.itrademarket.com/pdimage/88/s_1409188_jagung.jpg )