Sirgunggu, Tumbuhan Mujarab untuk Gurah

Pengobatan tradisional gurah yang berkembang di Giriloyo, 17 kilometer selatan Yogyakarta, kini sering dikunjungi pasien dari berbagai kota untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Giriloyo sendiri merupakan sebuah dusun yang berada di dekat tempat para raja-raja Mataram dimakamkan. Di daerah yang masuk dalam kabupaten Bantul tersebut ternyata juga menyimpan keunikan lain, yaitu tempat tumbuh pohon Sirgunggu yang biasa dipakai untuk ramuan gurah. Dengan cara meneteskan getahnya ke hidung pasien, berbagai penyakit Telinga, Hidung, dan Tenggorokan akan disembuhkan, sehingga rasanya menjadi lebih segar.

Tumbuhan sirgunggu merupakan tumbuhan perdu yang tingginya bisa 3 m. Daunnya bertangkai pendek, berbentuk bulat telur sampai memanjang, tebal dan kaku. Tepi daun beringgit. Bunganya berwarna putih-violet tersusun dalam malai. Buah yang berwarna hijau kehitaman berupa buah batu berbentuk bulat telur.

Tumbuhan obat yang satu ini ternyata sudah banyak dimanfaatkan masyarakat sejak dulu. Akarnya diremas-remas halus dan ditelan untuk mendapatkan suara yang jernih. Seduhan akarnya merupakan obat asma, bronkhitis, atau sebagai peluruh air seni (kencing batu).

Kandungan kimia yang terdapat pada tumbuhan sirgunggu berbeda-besa. Daunnya mengandung unsur kalium, sedikit natrium, alkaloid, dan flavonoid flavon. Pada kulit akarnya terdapat glikosida fenol, manitol, dan sitosterol. Sementara kulit batangnya mengandung senyawa triterpen, asam ureanulat, asam kueretaruat, dan asam seratogenat.

Di daerah Giriloyo tersebut, sirgunggu digunakan untuk gurah, yaitu kulit akar ditumbuk dan diseduh dengan air, kemudian diteteskan pada hidung guna mengobati berbagai penyakit yang berkaitan dengan lendir, seperti asma, batuk, atau untuk memperoleh suara yang jernih. Efeknya berupa pengeluaran lendir dari hidung dan mulut.

Dalam kepercayaan para tabib khususnya yang ada di wilayah Giriloyo, hanya sirgunggu dari sana saja yang berkhasiat. Padahal sebenarnya tanaman obat ini bisa tumbuh di mana saja, bahkan di seluruh Indonesia, sehingga dikenal dengan berbagai nama, antara lain kertase, pinggir tosek (Madura), simar baungkudu (Toba), tinjau handak (Lampung), segunggu (Sunda) dan sagunggu, sirgunggu (Jawa).

Pada awalnya, gurah memang hanya dipakai oleh kalangan pondok pesantren, agar suara menjadi bening dan nyaring ketika membaca al-Qur’an, namun pada perkembangannya, saat ini, tak hanya para qori’/ qori’ah saja yang menggunakan jasa para penggurah di Giriloyo ini. Banyak penyanyi dangdut, pop dan rock dan masyarakat luas mencoba membenahi ataupun mempertahankan kemerduan suaranya dengan cara gurah.

Proses pengobatan gurah sendiri rasanya panas dan sedikit perih. Bagi yang pertama kali mengalaminya, mungkin disertai pula dengan rasa sakit yang menyengat pada saraf saluran pernapasan. Kondisi tak nyaman itu, apa boleh buat, tidak bisa dihindari para pasien yang menjalani pengobatan gurah. Inilah pengobatan tradisional untuk mengeluarkan lendir dari dalam tubuh dengan suatu ramuan cairan yang diteteskan melalui hidung, yang kini gencar sebagai salah satu pengobatan alternatif.

Selain itu, banyak pula orang yang meyakini terapi gurah punya khasiat lain yang lebih dahsyat, yakni menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Pada dasarnya, penyakit yang bisa disembuhkan terapi gurah adalah penyakit yang memiliki sifat kelebihan cairan. Seperti, sinusitis, polip, asma, katarak, hingga keputihan.

Dalam pengobatan sinusitis dan polip, jelas terapi gurah diharapkan akan mengeluarkan semua lendir dan kotoran yang melekat pada tulang hidung. Melalui gurah tersebut, bahkan lendir-lendir yang tersembunyi akan keluar dengan sendirinya. Hal yang kurang lebih sama juga terjadi dalam proses pengobatan asma. Lewat terapi gurah, diharapkan lendir yang kerap menyumbat pernafasan si pasien dapat keluar, hingga si pasien bisa bernafas dengan lega.

Selain itu, gurah juga memiliki sifat detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Makanya, ada ahli gurah yang berani mengatakan kalau terapi ini juga bermanfaat mengatasi ketergantungan narkoba. Para pengguna narkoba tersebut mengalami ketergantungan karena zat-zat jahat yang terdapat dalam tubuhnya. Dengan gurah, zat tersebut bisa pelan-pelan dibersihkan.

(Sumber gambar: http://heqrisonline.blogspot.com/2009/06/tumbuhan-sirguggu-banyak-manfaatnya.html)

30 Komentar

  1. saya sudah lama mengidap asma
    sering kali batuk dengan dahak yang tidak mau keluar sering kali nafas saya sesak akibat dahak
    sudah banyak obat yang saya konsumsi tapi masi saja kambu
    apa yg cocok obat buat saya ..

  2. seperti apa bentuk tumbuhan sirgunggu itu,, saya orang bandung,,,,kalo beli dimana,,mohon,,infonya,,,trmaksh

  3. didaerah medan,nama daunnya apa…?,apa ada tumbuh didaerah medan dan sekitarnya…?,kalau ada..bagaimana menggunakan daunnya utk terapi hidung,,terima kasih

  4. Dimana saya mendapatkan bibit tanaman sirgunngu,atau pesan
    kemana,harga per batangnya berapa,bisa di tanam di daerah dataean rendah tdk.?

  5. Bisa minta info lengkap dimana alamat penggurah diatas, suami saya perokok berat, ingin menggurah hidungnya agar bisa bernafas lebih lega, terima kasih.

  6. apakah ada yang menjual obat tetes Gurah paru-paru di kota kota bandung. dan berapa harganya.
    apa bila ada boleh kah untuk di bawa keluar daerah, dan bagaimana cara memakainya di luar kota bandung? apakah ada yang harus di hubungi?

  7. Asalm…, ada yang tahu nama obat gurah yang sudah dijadikan kapsul??? mohon infonya.., terima kasih sebelumnya…, salam…,

  8. Bisa minta infonya untuk alamat gurah hidung di yogyakarta dmn ya? Biayanya sekitar berapaan? Tq

  9. mohon bantuan alamat penggurah THT di Surabaya dan bagaimana cara menjadi penggurah yg profesional. terima kasih

  10. pak tabib gurah saya tertarik utk datang dimana ya alamatnya?please kontak saya secepatnya…trmksh..salam

  11. trima kasih atas informasinya…apakah kita kalau mau menggurah sendiri harus membaca do’a tertentu(sunda; jampe jampe)?trima kasih.085224884457

  12. salam kenal, saya mau pesen pohonnya, atau bibitnya brp harganya?alamat kantornya/tokoya dimana,tlp 085618 55554

  13. Bagaimana Saya bisa Mendapatkan Pohon sirgunggu ?
    saya menderita bronkitis, Jika lagi kambuh bikin sesakā€¦apakah dgn gurah hidung bisa sembuh? adakah kapsul gurah yang mujarab ? dimana saya bisa beli?
    Terima kasih banyak Atas jawabannya!!

    Agung/Banyuwangi
    08123 37 666 37

  14. saya menderita alergi hidung, sering pilek dan meler sehingga klo lendir berlebih saya menjadi sesak…apakah dgn gurah hidung bisa sembuh…apakah gurah hidung berbahaya ? adakah kapsul gurah yang mujarab ? dimana saya bisa beli…trims

    Dicke JSH Siregar
    081542160769

  15. Dimana ya sy bs dptkan tanaman ini dlm btk siap pakai (mgkn berbentuk jamu) utk obat polip maupun masih berupa tanaman (sy tertarik krn unik sekali manfaatnya) ? Terima kasih banyak..

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami http://www.bisnisukm.com
    Informasi dan penawaran telah kami kirimkan melalui email
    Salam sukses
    Terimakasih

  16. untuk pak piet, bagaimana cara untuk mendapatkan resep tradisional tersebut? kontak saya di gexi@lycos.com

    Saya juga memerlukan alamat gurah ini, silahkan hubungi email saya.
    Ada efek samping ndak kalo digurah? katanya sakit ya? thx.

  17. Saya,telah lama mengidap penyakit asma dan banyak lendir di saluran pernapasan ,entah berapa banyak obat yg telah saya konsumsi tapi tidak kunjung sembuh,saya harus beli kemana ya alamatnya obat gurah.no tlp saya 085217397136.

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.

    Salam sukses
    Terima kasih

  18. sirgunggu itu apa? apakah pngobatan itu harus dilakukan oleh orang yang ahli atau siapa sja jg bisa?

    Jawaban:

    terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    informasi telah kami kirim melalui email.

    Salam sukses
    Terima Kasih

  19. Apakah Bapak atau Ibu punya alamat lengkap penggurah ini? saya mempunyai 2 anak balita yang punya bakat asma dan sering sekali pilek.. Terima kasih banyak…

    jawaban:

    terima kasih telah mengunjungi virtual office www.bisnisukm.com
    informasi tempat telah kami kirim melalui email.

    Salam sukses
    Terima Kasih

  20. Terkadang tidak disadari disekitar kita banyak peluang yang bisa mendatangkan uang hanya gimana caranya, saya tadinya pengusaha tapi skrg nganggur bingung mau kerja apa… tapi saya punya resep obat tradisional hanya jiwa saya tidak di obat2an tp tokcer resep ini kalau ada yang berminat akan saya berikan tinggal gmn caranya dan lagi semua material resep ini mudah mendapatkannya. ada berminat.

Comments are closed.