Mencoba peluang bisnis online ternyata dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dari mulai menggunakan fasilitas website, blog, hingga jejaring social seperti facebook juga dapat digunakan sebagai media untuk menjalankan bisnis online. Salah satu media yang sering digunakan para pemula untuk mencoba bisnis online yaitu dengan menggunakan blog. Kebanyakan orang memilih blog sebagai media bisnis online yang mereka jalankan, karena media blog yang luas memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis online untuk mengisi blognya dengan conten yang mendukung usahanya.

Video Praktisi

Roti van Java, Mencari Ide Bisnis dari Travelling

Saat ini peluang bisnis online melalui blog masih terbuka lebar, namun sebagian besar dari masyarakat selalu beranggapan bahwa bisnis online yang berpeluang hanya sebatas bisnis affiliasi, link sales, paid review, atau Adsense saja. Padahal sebenarnya masih banyak bisnis offline yang bisa dikembangkan dengan sistem online melalui blog. Misalnya saja dengan menggunakan blog sebagai toko online, yang menyediakan baju dari toko atau butik offline.

Berikut kami berikan beberapa tips sukses bisnis online dengan menggunakan blog :

  1. Gunakan ruang kosong pada blog Anda untuk menawarkan produk yang menjual. Misalnya saja berupa produk ebook, video tutorial, atau bisa juga berupa bisnis jasa seperti jasa pembuatan website. Disamping itu Anda juga bisa menawarkan produk offline melalui blog untuk menambah omset penjualan produk.
  2. Gunakan iklan sebagai salah satu peluang memperoleh penghasilan tambahan. Iklan yang ditawarkan bisa berupa iklan link, iklan banner, atau iklan pilihan lainnya. Iklan yang memberikan kemudahan biasanya yaitu iklan program affiliate.
  3. Posting info produk yang ditawarkan blog Anda, biasanya para konsumen akan tertarik dengan suatu produk setelah mereka membaca ulasan atau info produk yang menjelaskan kualitas produk yang ditawarkan.
  4. Cantumkan bukti atau pengalaman dari pelanggan yang puas dengan produk yang kita tawarkan. Testimoni dari para pelanggan, dapat meningkatkan kepercayaan konsumen baru akan produk yang kita tawarkan.
  5. Fokus pada satu minat berdasarkan hobi yang Anda suka. Dengan melakukan hal yang disukai, Anda dapat menikmati bisnis online melalui blog sehingga mampu bertahan menjalankan bisnis tersebut dalam jangka waktu yang lama. Biasanya para pelaku bisnis online tidak bertahan dengan bisnisnya, karena mereka kurang sabar dan tidak menikmati apa yang dikerjakannya.
  6. Menjaga loyalitas konsumen yang telah ada, dengan memberikan segala informasi secara jujur dan pelayanan yang penuh keramahan. Sehingga para konsumen dengan senang hati akan kembali lagi ke blog Anda.

Dari sebuah blog yang dulu hanya digunakan untuk sharing bersama teman, kini dapat dijadikan sebagai media bisnis yang bisa menghasilkan uang. Sebenarnya semua orang bisa menjalankan bisnis online hanya dengan bermodalkan blog. Yang terpenting adalah kreatifitas untuk selalu memberikan inovasi pada bisnis yang ia jalankan. Salam sukses.
http://englishonline.blogdetik.com/2009/08/10/urgensi-bahasa-inggris-dalam-berinternet/ dan http://balistta.blogspot.com/2010/07/membangun-blog-dengan-wordpressorg.html