bakso-malang-cak-ekoBagi masyarakat Indonesia, jajanan bakso adalah salah satu jajanan yang “gak ada matinya”. Oleh sebab itu, terjun ke dalam bisnis makanan bakso adalah salah satu alternatif bisnis yang dapat memberikan prospek ke depan yang cerah.

Video Praktisi

Membangun Kerjasama Tim Bisnis Roti van Java

Meskipun banyak mereka bakso yang ditawarkan di pasar, dengan segmen pasar yang relatif luas, diperlukan standar kualitas tertentu supaya bisnis bakso tetap langgeng. Bakso Malang yang memiliki kekhasan adalah Bakso Malang Kota ‘Cak Eko’.

Didirikan pada awal 2006, Bakso Malang Kota ‘Cak Eko” boleh dibilang adalah satu-satunya Bakso Malang yang memiliki banyak penggemar fanatik. Alhasil, ketika mulai diwaralabakan pada September 2006, peminat terhadap waralaba Bakso Malang Kota Cak Eko kian besar saja. Asal tahu saja, jumlah cabang Bakso Malang Kota ‘Cak Eko’ saat ini telah mencapai 26 buah dimana 24-nya adalah milik franchisee.

Franchise Manager Bakso Malang Kota Cak Eko menceritakan, usahanya ini memang awalnya dibuka di pinggir jalan di Jatiwarna, Bekasi pada Maret pada 2005. Seiring usaha yang laris manis, Bakso Malang Kota Cak Eko pun akhirnya sanggup menyewa sebuah outlet di Tamini Square pada 2006. Saking larisnya usaha si bundar ini, banyak konsumen yang tertarik untuk bekerjasama. Akhirnya jadilah usaha ini dikembangkan melalui sistem waralaba. “Kita mulai franchise justru karena banyak permintaan dari konsumen yang makan, nyoba bakso kami dan memberi masukkan untuk dikerjasamakan saja,” katanya.

Menurut Cak Eko begitu Henky Eko Sriyantono biasa disapa, banyaknya penggemar Bakso Malang Kota ‘Cak Eko’ karena bakso malangnya memiliki banyak keunggulan antara lain dari rasa kuah dan varian isinya yang berbeda dengan kebanyakan bakso malang lain. “Saya butuh tiga bulan untuk menemukan formula yang pas seperti sekarang ini,” ujarnya bangga. Labih jauh kata Cak Eko, formula yang ditemukannya sangat sehat karena tidak mengandung bahan pengawet.

Karena itu, tak salah bila kemudian pada 23 Februari 2007 lalu di Hotel Borobudur Cak Eko mendapat penganugerahan sebagai “Indonesian Creative Innovation Award 2007” dari Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Untuk itu, Bakso Malang Kota Cak Eko menyadari kekuatan dan kelemahan berbisnis bakso. Banyaknya pesaing yang hadir di kancah bisnis restoran Indonesia membuat Bpk. Henky Eko Sriyantono alias Cak Eko semakin berkomitmen dalam meningkatkan kualitas produknya.

Dengan memperhatikan kebersihan, kehalalan, higienitas, dan kesehatan, serta sertifikat halal MUI dan sertifikat BPOM Dinkes serta sertifikat uji laboratorium Bebas Formalin, borax, dan zat zat lain yang membahayakan tubuh konsumen yang dikeluarkan oleh Balitbang, Industri Depperin .

Dengan komitmen yang dimiliki Cak Eko dalam memperhatikan kualitas produk baksonya, tidaklah heran bila hingga saat ini, waralaba Bakso Malang Kota Cak Eko telah memiliki 75 gerai yang tersebar di yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi. Tidak hanya itu. Setelah dinobatkan sebagai Pemenang I Bisnis Indonesia Young Entrepreneur Award 2008 Kategori Utama pada tanggal 9 Juli 2008, dalam waktu dekat ini, franchise Bakso Malang Kota Cak Eko akan membuka cabangnya di Singapore dan California, USA.

Menu Produk yang ditawarkan Bakso Malang Kota Cak Eko adalah : Bakso Campur, Siomay & Batagor, Bakso Urat / Halus, Soto Ayam & Daging, Cwie Mie Malang, Nasi Goreng Jawa, Mie Ayam, Mie Goreng Jawa, Mie Ayam Bakso, Mie Godok & Rawon.

Sedangkan untuk menu minumannya, Bakso Malang Cak Eko menawarkan : Aneka Juice Segar, Es Campur, Sekoteng, Es Dawet, dll. Diracik dengan bumbu-bumbu asli pilihan dan daging sapi segar pilihan tanpa bahan pengawet atau obat-obat yang membahayakan. Mewarisi resep turun-temurun mencoba memanjakan lidah para penggemar makanan bakso di seluruh nusantara sehingga tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke kota Malang.

SISTEM KEMITRAAN USAHA / WARALABA

1. Perjanjian kerjasama mitra usaha Bakso Malang Kota “Cak Eko” diberikan secara perorangan, seorang mitra usaha adalah sekaligus seorang pemilik atau pengelola yang berhak mengoperasikan suatu cabang Bakso Malang Kota “Cak Eko” dalam kurun waktu 5 tahun.
2. Selama terikat kontrak, seorang mitra usaha berhak menggunakan Merk Dagang Bakso Malang Kota “Cak Eko”, Sistem Operasional, Sistem Pelaporan, Sistem Administrasi, Sistem Sumber Daya Manusia dan Sistem Marketing.
3. Untuk menjaga kualitas yang sama, maka seorang mitra usaha harus mengirim karyawannya untuk menjalani pelatihan di Manajemen Bakso Malang Kota “Cak Eko”.

KEUNTUNGAN BERMITRA USAHA

Sebagai seorang mitra usaha Bakso Malang Kota “Cak Eko” , material yang akan diterima adalah :
1. Kesempatan untuk memiliki usaha sendiri, tetapi tidak dengan sendiri.
2. Alat bantu guna mendukung keberhasilan usaha, dalam hal sistem operasional, sistem pemasaran, pemilihan lokasi, pasokan bahan baku, dan sebagainya.
3. Investasi sepenuhnya milik anda, setelah operasional seluruhnya dalam kendali dan pengawasan anda.
4. Kemungkinan keberhasilan lebih besar dibandingkan anda membangun usaha dengan sistem baru anda sendiri, survey menunjukkan 80% keberhasilan bisnis jika kita mengikuti bisnis yang sudah jadi dan kegagalan berkisar 20%, prosentase tersebut berbanding terbalik jika anda membangun usaha secara sendirian.
5. Semua usaha mengandung resiko, tetapi kami berusaha meminimalisir tingkat resiko yang mungkin terjadi dengan cara membantu sepenuhnya keberhasilan mitra usaha menuju sukses.
6. Setelah berakhirnya masa perjanjian mitra usaha atau yang ditunjuk akan diprioritaskan untuk memperpanjang perjanjiann yang akan diatur kemudian, setelah dievaluasi.

PAKET DAN BIAYA WARALABA

I. Paket Food Court Mall
Franchise Fee     : 47 juta
Royalty Fee         :3,5% dari total omzet perbulan
Jangka Waktu     : 5 tahun

II. Paket Mini Resto (40 – 80m2)
Franchise Fee     : 77 juta
Royalty Fee         :3,5% dari total omzet perbulan
Jangka Waktu     : 5 tahun

III. Paket Resto (> 80m2)
Franchise Fee     : 99 juta
Royalty Fee         :3,5% dari total omzet perbulan
Jangka Waktu     : 5 tahun

Alokasi dana Franchise Fee:
1. Hak menggunakan merk/logo Bakso Malang Kota “Cak Eko” selama 5 tahun
2. Design Outlet & Penataan Ruang
3. Pelatihan Karyawan
4. Papan Nama (Neon Box)

Alokasi dana Royalty Fee:
1. Promosi
2. Pengawasan Operasional
3. Quality Assurance

ATURAN OPERASIONAL

1. Untuk menjaga keseragaman rasa dan kualitas, maka selama menjadi mitra Bakso Malang Kota “Cak Eko”, maka semua bahan baku/bahan jadi untuk operasional/berjualan harus di supply dari pihak Manajemen Bakso Malang Kota “Cak Eko”.
2. Pemesanan bahan baku dapat dilakukan mitra pada pukul. 06.00 s/d 20.00 WIB dan pihak manajemen akan melakukan pengiriman sesuai permintaan.
3. Pembayaran bahan baku/bahan jadi dilakukan pada saat bahan tersebut dikirim dan telah diterima di lokasi mitra.
4. Pihak manajemen secara berkala akan melakukan pengontrolan di lokasi mitra mengontrol standar pelayanan, kualitas bahan dan rasa.
5. Pihak Manajemen Bakso Malang Kota “Cak Eko” bersama-sama pihak mitra tiap awal bulan bersama-sama melakukan penghitungan omzet penjualan bulan sebelumnya sekaligus evaluasi.
6. Pihak mitra dilarang keras menggunakan bahan baku/bahan jadi diluar produksi manajemen Bakso Malang Kota “Cak Eko”.
7. Apabila ditemukan penyimpangan atau pelanggaran dari mitra maka secara otomatis kontrak perjanjian kerjasama berakhir dan saat itu juga pihak mitra tidak berhak menggunakan nama Bakso Malang Kota “Cak Eko”. Semua atribut yang ada akan ditarik oleh pihak Manajemen Bakso Malang Kota “Cak Eko”.

Peluang usaha waralaba bakso Malang Cak Eko cukup menjanjikan, Anda pun juga tak perlu khawatir dengan pasokan bahan bakunya. Karena akan rutin dipasok oleh perwakilan Bakso Malang Kota Cak Eko. Perwakilannya itu ada yang berlokasi di Jatiwarna untuk memasok cabang-cabang di Indonesia bagian Barat, dan yang di Surabaya dan Sidoarjo untuk memasok cabang di Indonesia bagian Timur.

” Tidak ada keluhan yang signifikan selama usahanya berjalan dua tahun belakangan ini. Hanya saja, keluar masuk pegawai kadang membuat pengusaha harus mengeluarkan tenaga tambahan untuk mengajari kembali pekerja barunya ” jelas Cak Eko.

sumber gambar : http://www.detikfinance.com/images/content/2008/04/02/480/Bakso%20Cak%20Eko.jpg