goa gongPacitan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata potensial. Di beberapa lokasi wisata tersebut menyimpan berjuta keindahan di kota yang berada di balik pegunungan tersebut. Setiap hari libur banyak sekali pengunjung dari luar Pacitan yang datang ketempat-tempat pariwisata tersebut, bahkan hari-hari biasa pun juga banyak yang datang ketempat pariwisata di pacitan. Itulah keistimewaan kota pacitan, walaupun kotanya kecil tapi sungguh terkenal hingga Pacitan di sebut dengan kota wisata.

Video Praktisi

Temukan Ide Bisnis dari Hobi Travelling

Beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Pacitan antara lain:

Pantai Teleng  Ria
Pantai Teleng Ria menghadap ke Pantai Selatan dengan hamparan Pasir Putih dengan panjang  3 Km. Jarak dari Ibukota Kabupaten Pacitan ke lokasi wisata hanya 3,5 Km, dan dapat dengan mudah dicapai dengan berbagai jenis kendaraan. Fasilitas yang ada di tempat wisata tersebut antara lain gardu pandang, kolam renang, arena bermain anak, penginapan serba guna bongo budoyo dan areal perkemahan, arena pemancingan, dan juga terdapt tempat pendaratan ikan.

Pantai Srau

Pantai Srau berada di wilayah kecamatan Pringkuku pringkuku Kabupaten Pacitan, yang jaraknya kurang lebih 25 Km ke arah barat kota Pacitan dapat dilalui dengan kendaraan umum dan pribadi. Pantai yang mempunyai pasir putih.

Pantai Klayar
Pantai klayar berada di wilayah Kecamatan Donorejo Kabupaten Pacitan, yang jaraknya kurang lebih 35 Km ke arah barat kota Pacitan. Pantai berpasir putih ini memiliki suatu keistimewaan yaitu adanya seruling laut yang sesekali bersiul di antara celah batu karang dan semburan ombak.

Di samping itu juga terdapat Air Mancur Alami yang sangat Indah. Air mancur ini terjadi karena tekanan ombak air laut yang menerpa tebing karang berongga. Air muncrat yang dapat mencapai ketinggian 10 meter menghasilkan gerimis dan embun air laut yang diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda.

Goa Gong
Goa Gong dengan stalagtit dan stalagmit yang konon terindah se-Asia Tenggara mempunyai kedalaman kurang lebih 256 m, selain itu mempunyai 5 sendang yaitu Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, sendang Kamulyan, dan sendang Ralung Nisto yang kono memiliki nilai magis untuk menyembuhkan penyakit. Keindahan Stalagnit dan stalagmitnya sangat memukau diabadikan dengan nama Selo Cengger Bumi, Selo Gerbang Giri, Selo Citro Cipto Agung, Selo Pakuan Bomo, Selo Adi Citro Buwono, Selo Bantaran Angin dan Selo Susuh Angin. Goa ini terletak 30 Km arah barat Kota Pacitan tepatnya Desa Bomo Kecamatan Punung dan dapat dengan mudah dijangkau dengan segala jenis kendaraan.

Goa Tabuhan
Goa Tabuhan terkenal dengan keindahan stalagtit dan stalagmitnya pesinden atau waranggono. Dengan keunikannya tersebut Goa ini telah dikenal luas, hingga saat ini pun juga masih banyak dinikmati wisatawan maupun seniman untuk ajang pentas seni. Gua ini terletak di desa Wareng Kecamatan Punung kurang lebih 40 km dari pusat kota Pacitan ke arah barat.
Berbagai souvenir batu akik juga banyak terdapat disini.

Pemandian Air Hangat
Pemandian Air Hangat dengan Mata air yang masih menyimpan berbagai khasiat dan manfaat utamanya bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Pemandian ini diberi nama ” Tirto Husodo “. Saat ini telah dibangun dua tempat berendam, dua buah kolam renang dan tempat Penginapan. Akses buat ke obyek wisata ini relatif mudah, dapat dicapai dengan kendaraan roda empat dengan kondiri jalan baik, kurang lebih 15 Km dari Kota Pacitan, tepatnya di Kecamatan Arjosari.


Diolah dari berbagai sumber

sumber gambar: http://renithaw.files.wordpress.com/2009/06/goa-gong-20098.jpg