Prospek Bisnis Properti 2010

perumahanProspek cerah bisnis properti 2010.  Banyak pengamat dan pelaku bisnis mengatakan bahwa sektor properti merupakan salah satu bisnis yang akan mengalami pertumbuhan secara cepat. Ini di karenakan suku bunga KPR dan KPA akan terus di turunkan oleh otoritas moneter. Selain itu pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2010 yang di perkirakan mencapai 5% – 5,5% membuat para pelaku bisnis semakin optimis dengan peningkatan sektor properti. (Tempo Interaktif, 2 Januari 2010).

Tak ayal bisnis ini pun masih menjadi pilihan utama kebanyakan orang. Ada aggapan bahwa bisnis ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan uang.  Menjadi agen properti misalnya, merupakan  peluang usaha yang sangat menggiurkan. Selain pekerjaan ini pun sangat santai dan tidak akan sesibuk orang kantoran, usaha ini juga sangat cocok  dijadikan sebagai bisnis sampingan atau bagi Anda yang telah memasuki masa pensiun.

Keuntungan Investasi di Properti

Banyak cara untuk berinvestasi ke properti. Anda dapat memulai bisnis ini dengan membeli rumah tinggal, membangun rumah sewaan, ruko, kost-kostan, atau tanah kosong. Dari semua pilihan tersebut, membeli dan menjual rumah sewaan lebih baik menjadi pilihan bagi Anda yang baru akan mulai berinvestasi di properti. Dari hasil sewa itu, kemudian ditabung untuk diinvestasikan kembali.

griya pesonaSeperti bisnis lainnya, bisnis properti juga memiliki kendala dalam mengelolanya misalnya para penyewa yang telat membayar sewa rumah, pindah tanpa memberitahu, bangunan yang rusak, dan kesulitan lainnya yang dapat terjadi. Jika Anda bersedia direpotkan dengan urusan semacam ini, maka bisnis ini memang cocok untuk Anda.

Langkah Memulai Bisnis Properti diantaranya :

  1. Komitmen dalam penggunaan uang dan waktu.
  2. Melakukan riset dan menetapkan rencana sebelum berinvestasi.
  3. Perluas wawasan dari buku, kursus, seminar juga internet. Bila perlu bekerjalah paruh waktu dahulu, sebagai broker properti, keuntungannya Anda dapat mempraktekkan ilmu yang Anda pelajari, mendapatkan komisi, membangun jaringan, dapat melakukan riset dilapangan langsung tentang resiko atau problem yang mungkin timbul dalam berbisnis properti.
  4. Bekerja samalah dengan agen penjual rumah atau broker properti, karena akan membantu Anda memahami lebih jauh tentang bisnis ini.
  5. Riset dan up date berita mengenai suku bunga, kenaikan harga properti, harga sewa. Sesuaikanlah harga dengan kondisi lingkungan dan bangunannya.

Untuk itu bagi Anda yang ingin menggeluti peluang bisnis properti di tahun 2010, mungkin inilah saatnya untuk segera Anda memulainya. Jangan bingung untuk memulainya, berikut adalah beberapa contoh bisnis yang bisa anda geluti:

  1. Kontraktor, yaitu jasa pelaksanaan bangunan yang resmi diatur didalam peraturan dengan mendapat upah jasa profesi. Upah yang diterima pun cukup lumayan yaitu sebesar 10 persen dari nilai transaksi.
  2. Agen Penjualan, memperjual belikan rumah milik orang lain biasanya karena kita kenal dengan nama makelar (perantara).
  3. Biro Design, merupakan peluang bagi para arsitek untuk merancang bangunannya. Baik design interior maupun eksteriornya.
  4. Sewa Properti, Anda dapat menyewakan tempat tinggal seperti rumah, kost-kostan bahkan tanah kosong yang biasanya banyak dicari oleh para penjual makanan yang menggunakan gerobak atau warung tenda. Karena, terkadang  mereka tidak berjualan seharian melainkan hanya pada waktu tertentu saja.

Sumber gambar : tim bisnisUKM