pemimpin perusahaanMemimpin sebuah perusahaan memang gampang-gampang susah. Dikatakan gampang, karena selama ini sudah banyak pelaku usaha di Indonesia yang sukses memimpin perusahaannya hingga melesat di tingkat nasional maupun internasional. Namun, banyak juga yang mengatakan susah, sebab tidak sedikit dari mereka yang harus menelan kegagalan dalam menjalankan  perusahaannya.

Video Praktisi

Latar Belakang Menjalankan Bisnis Kerajinan

Melihat kondisi tersebut, bisa dikatakan bahwa kesuksesan seorang pemimpin di sebuah perusahaan sangat dipengaruhi oleh skill dan pengetahuan yang mereka miliki. Hal ini sangatlah penting, mengingat sebagai pemimpin Anda dituntut untuk bisa menciptakan budaya kerja yang efektif dan memberikan teladan yang baik bagi para karyawan perusahaan. Oleh karena itu, sebelum menjadi seorang pemimpin, ada baiknya bila Anda memperhatikan beberapa kunci sukses yang perlu diperhatikan agar bisa berhasil memimpin perusahaan.

Berikut adalah 7 rahasia sukses yang perlu Anda perhatikan dalam memimpin perusahaan.

  1. Sebagai seorang pemimpin, tentunya Anda harus memiliki pandangan yang cukup luas mengenai planning jangka pendek maupun planning jangka panjang yang hendak dicapai perusahaan. Hal ini sangatlah penting, mengingat seorang pemimpin harus memiliki tujuan yang jelas sebelum akhirnya memutuskan untuk membawa anak buahnya berjuang bersama menuju puncak kesuksesan usaha.
  2. Poin kedua yang perlu Anda perhatikan yaitu jeli dalam melihat peluang pasar. Sebagai seorang pelaku usaha, pastikan bahwa Anda siap menghadapi berbagai macam kondisi yang ada di lapangan. Belajarlah untuk mengamati perubahan minat pasar, dan jangan terlalu optimis ketika pasar sedang bagus serta jangan pula terlalu pesimis ketika pasar sedang memburuk. Persiapkan strategi pemasaran dengan matang, agar bisnis Anda tidak tenggelam ditengah ketatnya persaingan pasar.
  3. Rahasia yang ketiga adalah menjaga citra baik perusahaan maupun nama baik Anda sebagai seorang pimpinan. Tak bisa kita pungkiri bila pencitraan diri atau menjaga nama baik perusahaan merupakan salah satu hal yang paling penting dalam mengembangkan sebuah usaha. Ketika kualitas perusahaan Anda mulai diakui masyarakat luas, maka tidak menutup kemungkinan bila peluang sukses bisnis Anda bisa semakin terbuka lebar.
  4. Memiliki tekad dan niat yang kuat untuk membawa perusahaannya menuju puncak kesuksesan. Seperti kita ketahui bersama, modal awal yang dibutuhkan seorang pelaku usaha adalah niat yang kuat untuk segera mulai melangkah, serta tekad bulat para pemimpin perusahaan agar tak putus asa di tengah perjalanan usaha.pemimpin yang baik
  5. Jadilah motivator bagi seluruh karyawan Anda. Hal ini perlu kita perhatikan, mengingat seorang pemimpin tentunya akan menjadi panutan bagi para karyawannya. Oleh karena itu, sebisa mungkin kerjakanlah hal-hal yang positif untuk menginspirasi para karyawan dan berikan suntikan semangat agar produktivitas kerja mereka setiap hari bisa maksimal.
  6. Membangun pondasi yang kuat untuk meminimalisir kegagalan. Tingginya tingkat persaingan bisnis, menuntut Anda untuk terus berkarya dan berusaha meningkatkan nilai tambah yang dimiliki perusahaan. Contohnya saja seperti meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, meningkatkan kemampuan SDM, menciptakan inovasi baru, menyusun strategi pemasaran yang unik, serta beberapa faktor lainnya yang bisa meningkatkan daya saing perusahaan Anda.
  7. Berani mengambil tantangan. Sebagai pimpinan perusahaan, pastinya Anda harus siap untuk mengambil berbagai tantangan dan menjadikannya sebagai peluang baru untuk mendatangkan untung yang lebih besar setiap bulannya. Bila sebagian besar masyarakat menjadikan tantangan tersebut sebagai kendala, maka sebagai seorang pelaku usaha Anda bisa lebih kreatif dan inovatif untuk menjadikan tantangan tersebut sebagai peluang bisnis baru yang kedepannya menjanjikan untung besar bagi perusahaan Anda.

Semoga informasi tips motivasi bisnis yang membahas tentang rahasia sukses memimpin perusahaan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula dalam menjalankan usahanya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://simonmainwaring.com/wp-content/uploads/2011/06/ceo.jpg
2. http://blog.thecompanywarehouse.co.uk/wp-content/uploads/2010/08/company-formation-parts.jpg