Sepatu dan sandal bisa dikatakan kebutuhan kedua setelah kebutuhan pangan sudah terpenuhi. Ya, Sepatu bermutu tak harus mahal. Percayakah?  Kenapa tidak?! Kunjungi saja bursa sepatu di kawasan sentra industri sepatu dan sandal desa Wedoro, antara Waru dan Sidoarjo, Jawa Timur.

Video Praktisi

Menanggapi Adanya Pasar Jenuh

Tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Sidoarjo, Surabaya dan sekitarnya. Hampir setiap hari, banyak warga Kota Surabaya dan masyarakat berbagai penjuru daerah yang mengunjungi sentra industri sepatu tersebut. Para pengunjung umumnya berbelanja sepatu dan sandal. Banyak model tersedia, termasuk pilihan produk berbahan kulit maupun sintetis. Tidak hanya itu bagi pengunjung luar kota maupun luar jawa juga tak asing lagi, karena banyak yang berkunjung untuk mendapatkan harga dan mutu yang dapat di jangkau oleh semua lapisan masyarakat. Baik untuk di jual kembali maupun dipakai sendiri ataupun untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Perkembangan Desa Wedoro sebagai sentra industri sepatu dimulai sejak tahun 2000 silam. Sentra industri ini sudah mampu memikat hati publik. Jumlah pengunjung sentra industri yang mengkonsentrasikan diri pada produksi sepatu dan sandal juga meningkat pesat. Jajaran toko-toko yang hampir seluruhnya menjual sepatu, sandal inipun tertata rapi. Berbagai macam jenis dan merk sandal dan sepatu tersedia di sana. Bahkan, Wedoro tak kalah bersaing dengan kawasan bursa alas kaki di daerah lainnya.

Melihat jumlah pengunjung yang membludak, praktis, ratusan kepala keluarga di Desa Wedoro menggantungkan hidup sepenuhnya sebagai pengusaha dan perajin sepatu. Kesuksesan para pengusaha dan perajin Wedoro tak terlepas dari sejumlah strategi jitu. Selain menawarkan harga produk relatif murah, mereka juga membidik konsumen dengan mutu yang cukup terjamin.

Boleh dikatakan, setiap konsumen memang menginginkan membeli produk berkualitas. Kendati demikian, harga tinggi terkadang menjadi ganjalan. Kendala itulah yang nampaknya dapat disiati oleh sejumlah pengusaha sepatu di Wedoro.  Industri kecil tersebut telah menjadi motor penggerak dominan pertumbuhan ekonomi penduduk sekitar.

Selain itu keberhasilan ini tak terlepas dari perhatian Pemerintah Desa Wedoro. Menyadari potensi wilayahnya yang cukup menjanjikan, mereka pun mengupayakan kemudahan pencapaian lokasi melalui sarana pendukung yang telah tertata rapi.

Sentra Industri Kecil seperti Wedoro ini adalah suatu usaha yang baik untuk dikembangkan. Industri-industri seperti inilah yang dibutuhkan bangsa kita untuk segera mengurangi angka pengangguran yang jumlahnya semakin membengkak. Namun yang juga dibutuhkan adalah bagaimana cara pemeliharaan konsumen agar industri ini tidak mati dan tetap bisa maju dan berkembang lebih baik lagi.

(Sumber gambar: http://suarasurabaya.blogspot.com/2008/12/sentra-sepatu-dan-sandal-wedoro.html)