Inspirasi Bisnis, Peluang Bisnis, Peluang usaha

Spinner Untuk Keripik Sayur dan Buah

mesin spinerIndonesia sebagai negara agraris memiliki berbagai potensi bisnis di bidang pertanian. Beberapa komoditi pertanian bisa dengan mudah kita jumpai di seluruh daerah di Indonesia, sebut saja areal persawahan yang ditanami padi, yang merupakan sumber bahan makanan pokok bagi masyarakat. Selain padi, masyarakat pun biasa memanfaatkan gandum atau jagung sebagai penggantinya. Belum lagi jika kita mengunjungi wilayah pegunungan di Indonesia. Sebagian besar masyarakat di wilayah pegunungan menggantungkan hidupnya dari tanaman sayur dan buah-buahan.

Seperti yang telah kita ketahui, berbagai ragam sayur dan buah-buahan tersebut mengandung banyak manfaat. Kita bisa mengetahui manfaat dari sayur dan buah dengan melihat kandungan zat gizinya. Untuk melihat kandungan zat gizinya, warna sayur dan buah biasa menjadi indikasi sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli. Misalnya sayuran yang berwarna hijau. Warna hijau ini dihasilkan dari senyawa klorofil, yang terbukti ampuh untuk melawan kanker, serta banyak terdapat kandungan vitamin dan mineralnya. Jadi, semakin pekat warna hijaunya, semakin banyak pula kandungan vitamin dan mineralnya.

Selain hijau, kita biasa menjumpai buah-buahan yang berwarna merah. Kandungan likopen terdapat dalam buah ataupun sayur yang berwarna merah, dan merupakan senyawa antioksidan. Selain itu ada pula yang berwarna orange, yang mengandung beta dan alfa karotein, yang dikenal juga sebagai senyawa antikanker. Ada pula warna biru atau abu-abu yang mengandung antosianin, yang baik untuk kesehatan jantung.

Berbagai macam sayur dan buah-buahan bisa dengan mudah kita dapatkan di swalayan maupun di pasar-pasar tradisional. Namun hal ini bukanlah tanpa kendala. Para konsumen biasanya mendapati sayur dan buah-buahan tersebut tidak lagi segar atau bahkan busuk. Kalaupun konsumen bisa mendapatkan sayur ataupun buah yang segar, biasanya hal tersebut dilakukan dengan mencampurkan zat-zat kimia berbahaya. Hal ini tidak hanya merugikan konsumen, namun pedagang dan petani pun dirugikan.

spinerPokok permasalahan dari proses pemasaran tersebut adalah masa habis pakai atau kadaluarsa. Hal ini diperparah dengan minimnya pengetahuan masyarakat tentang cara pengolahan sayur dan buah agar tetap awet. Salah satu solusi untuk permasalahan ini adalah dengan mengolah sayur dan buah-buahan tersebut menjadi keripik. Untuk mengetahui proses pembuatan keripik sayur dan buah, beberapa media baik cetak, elektronik, hingga media online sudah banyak yang membahas tentang hal tersebut. Salah satunya adalah bisnisukm.com. Ulasan tentang proses pembuatan keripik sayur dan buah sudah pernah dibahas sebelumnya di beberapa artikel, bahkan tersedia dalam format ebook dan video tutorial.

Secara garis besar, proses pembuatan keripik sayur dan buah ini memang mudah. Dalam proses pembuatannya, kita memerlukan vacuum frying untuk menggoreng sayur atau buahnya. Penggunaan mesin vacuum frying memang sangat dianjurkan, karena sayur atau buah tidak bisa menjadi keripik jika digoreng menggunakan penggorengan biasa, sebab akan meleleh atau gosong. Setelah digoreng dengan menggunakan vacuum frying, sayur atau buah tersebut harus ditiriskan untuk mengurangi kadar minyak maupun airnya. Mesin spinner untuk keripik sayur dan buah bisa menjadi solusi yang tepat untuk proses penirisan tersebut.

Adapun kelebihan menggunakan mesin spinner ini antara lain, mempercepat proses pengeringan sehingga sayur atau buah menjadi crispy, membuat keripik dengan rendah lemak, serta yang terpenting adalah membuat keripik sayur atau buah menjadi awet atau tahan lama. Sayur dan buah-buahan yang kita buat dengan menggunakan mesin spinner ini bisa tahan 6-12 bulan. Namun ketahanan atau masa kadaluarsanya pun tergantung jenis kemasan yang digunakan. Bisa dikatakan mesin spinner inilah yang menjadi solusi agar sayur dan buah-buahan milik petani bisa sampai ke tangan konsumen meskipun dalam jangka waktu yang lama. Kita pun tidak perlu  kesulitan untuk mendapatkan mesin spinner ini.  Salah satunya, kita bisa mendapatkan mesin vacuum frying dan mesin spinner dengan spesifikasi tertentu atau bahkan sesuai keinginan kita di alamat www.anekamesin.com.

Bisnis keripik sayur dan buah sekarang ini masih menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Hal tersebut tentunya bisa menjadi alternatif bagi para pedagang maupun petani untuk bisa mengembangkan usaha mereka di bidang agribisnis. Dengan proses pembuatan yang tidak terlalu rumit, melimpahnya bahan baku, maka tidak ada kekhawatiran lagi bagi para pelaku bisnis di bidang agribisnis ini.Baiklah, semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih.

Informasi
Berbagai mesin pembuat keripik sayur dan buah dapat diperoleh :
Aneka Mesin
d/a : Jl. Baru Mulungan No. 15 Gondangan Penen Sendangadi Mlati Sleman, Yogyakarta
Call Support : Senin – Sabtu (Jam 08.00 – 16.00)

  • » Phone : (0274) 6945 660
  • » Phone : (0274) 4360 789
  • » Telkomsel : 081-22-77-999-12
  • » Indosat : 08574-33-666-88
  • » XL : 0878-91-20-20-10

Fax : (0274) 4360 789
Website : http://anekamesin.com