Strategi Pemasaran Yang Sedang Booming di Era Digital

/ / Pemasaran /

digital marketingLedakan pasar digital yang terjadi di berbagai negara, belakangan ini turut mempengaruhi perubahan tren pemasaran di negara kita. Bila dulunya konsumen belum begitu familiar dengan segala macam aktivitas jual beli di ranah maya, sekarang ini mereka mulai terbiasa dengan transaksi jual beli online sehingga tingkat kepercayaan konsumen pun perlahan-lahan mulai meningkat.

Potensi pasar yang semakin menjanjikan serta banyaknya produk gadget yang dijual bebas di pasaran dengan harga relatif terjangkau, menjadi salah satu faktor pertumbuhan pasar digital di Indonesia. Melihat kondisi ini, tentunya tidak heran bila sekarang ini persaingan bisnis di pasar digital tak kalah bersaing dengan ketatnya persaingan di pasar konvensional. Tak sedikit pelaku usaha yang akhirnya mulai tergiur untuk ikut terjun meramaikan pasar di ranah maya, sehinggga para pelaku bisnis online harus pintar-pintar mencari strategi pemasaran agar tak sampai gulung tikar di tengah perjalanan bisnisnya.

Nah, agar bisnis Anda tak kalah bersaing dengan pelaku bisnis online lainnya. Sedikitnya ada lima strategi pemasaran yang sedang booming di era digital.

1. Manfaatkan Content Marketing

Seperti kita ketahui bersama, konten artikel, video, maupun aplikasi yang ditambahkan di toko online menjadi salah satu alat pemasaran yang bisa digunakan untuk mendongkrak kunjungan pelanggan. Bahkan, tambahan konten memudahkan sebuah situs online untuk bisa ke-index oleh mesin pencarian seperti Google. Sehingga tidak heran bila sekarang ini banyak pelaku bisnis toko online yang sengaja menambahkan konten di situs onlinenya untuk meningkatkan traffic kunjungan konsumen setiap harinya.

2. Mencoba Integrated digital marketing

Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, tak ada salahnya bila Anda mencoba menggabungkan sosial media dan konten. Contohnya saja seperti yang dilakukan Google dengan mencoba menciptakan Google Plus sebagai salah satu situs social media bagi para konsumennya. Dengan strategi ini, Google mencoba memberikan pelayanan prima bagi konsumennya agar mereka lebih loyal dengan situs pencarian tersebut.

3. Menyusun strategi pemasaran yang berkelanjutan

Selain dituntut untuk bisa lebih kreatif, yang terpenting dalam memasarkan bisnis online adalah menjaga konsistensi pelaku usaha untuk mempromosikan lapak onlinenya. Untuk itu, usahakan untuk melakukan aktivitas promosi secara rutin agar profesionalisme bisnis Anda bisa terlihat oleh calon konsumen.

4. Beralihlah ke Mobile Marketing

pemasaran onlineMeningkatnya jumlah pengguna smartphone dan produk gadget lainnya, mendorong para pelaku bisnis toko online untuk mulai menyesuaikan strategi pemasaran yang mereka jalankan. Tak hanya menjangkau konsumen pengguna komputer PC, sekarang ini mereka mulai mengubah tampilan websitenya menjadi mobile friendly sehingga lebih banyak konsumen yang mengunjungi toko onlinenya. Strategi mobile marketing ini perlu Anda perhatikan dengan baik, karena menurut beberapa penelitian, sekarang ini 30-40% transaksi jual beli online datang dari pengguna smartphone.

5. Lakukan pendekatan kepada calon konsumen

Di era digital seperti sekarang ini, tidak ada salahnya bila Anda melakukan berbagai macam pendekatan untuk menarik calon konsumen. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan media televisi, menjadi sponsor acara-acara penting, atau bisa juga memanfaatkan email marketing, dan website direktori online agar bisnis Anda diketahui banyak orang. Contohnya saja seperti tokobagus.com dan berniaga.com yang sekarang ini mulai melakukan pendekatan dengan memasang iklan di media televisi.

6. Perkuat dengan visual marketing

Dari sekian banyak strategi pemasaran online, media visual merupakan salah satu sarana yang cukup efektif untuk meyakinkan calon konsumen. Untuk menjalankan strategi pemasaran visual, sekarang ini Anda bisa memanfaatkan Youtube, Vine, Instagram, Pinterest, ataupun Slideshare.

Agar kedepannya bisnis online Anda bisa tetap bertahan di tengah ketatnya persaaingan pasar, mulailah untuk memanfatkan strategi pemasaran di atas dan tingkatkan jumlah konsumen Anda sebanyak-banyaknya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://img.scoop.it/wMjI9-Ggh6oEzIKgfchTjTl72eJkfbmt4t8yenImKBXEejxNn4ZJNZ2ss5Ku7Cxt
2. http://3.bp.blogspot.com/-Ou7rkAWcDnA/UO09UZofh3I/AAAAAAAAAjA/IksbscJ_rmc/s1600/Social_media.jpg