Salah satu strategi promosi yang sering digunakan para pengusaha untuk mengenalkan produk mereka yaitu dengan mengikuti pameran. Pameran merupakan ajang untuk mengenalkan produk dan ajang untuk meningkatkan penjualan dengan menjaring konsumen sebanyak – banyaknya.

Video Praktisi

Membuat Konsep Produk Coklat

Berkembangnya event pameran yang diadakan pemerintah maupun berbagai perusahaan event organizer, memberikan keuntungan besar bagi para pelaku usaha kecil. Sebagian besar UKM mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya, selain itu ketatnya persaingan bisnis juga memaksa mereka untuk mempromosikan bisnisnya ke pasar. Dengan adanya pameran, para UKM dapat mempromosikan produk mereka langsung dengan terjun melihat peluang pasar bagi produk mereka.

Selain itu pameran juga memberikan banyak manfaat bagi usaha Anda, bila ingin mengetahui manfaat pameran bagi perkembangan bisnis, antara lain sebagai berikut :

1. Sebagai sarana mengenalkan produk baru

Pameran bisa digunakan sebagai ajang untuk mengenalkan produk baru, sehingga masyarakat luas mengetahui adanya produk baru yang Anda ciptakan. Selain itu Anda juga bisa mempromosikan produk dengan membagikan contoh produk, brosur atau pamphlet, serta kartu nama perusahaan. Sehingga makin banyak masyarakat yang mengenal produk Anda.

2. Mengenalkan produk dengan inovasi baru

Selain produk baru, pameran juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mengenalkan produk lama yang diberikan inovasi baru. Sehingga masyarakat luas mengetahui adanya pembaruan produk yang Anda lakukan, agar konsumen lama Anda tiak merasa bosan dengan produk yang sudah ada. Dan pelanggan baru juga bisa merasakan inovasi baru yang dimiliki produk Anda.

3. Memperkuat citra perusahaan

Jika produk Anda sudah berhasil diterima pasar, melalui pameran Anda dapat memperkuat image atau citra perusahaan. Tunjukan eksistensi perusahaan Anda dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen, untuk meningkatkan empati masyarakat dan menanamkan citra baik perusahaan Anda dimata para konsumen.

4. Mengetahui informasi mengenai pesaing

Pameran bisanya diikuti banyak pelaku usaha, tidak menutup kemungkinan pelaku usaha di bidang yang sama juga mengikuti pameran tersebut. Kesempatan tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui informasi mengenai perusahaan pesaing, dari mulai harga yang ditetapkan pesaing, produk unggulannya, peralatan yang digunakan, atau sekedar mengetahui perkembangan bisnis mereka.

5. Survey pasar melalui pameran

Melalui pameran Anda dapat melakukan survey pasar, dengan melihat seberapa besar minat pengunjung pameran terhadap produk Anda. Dari hasil penjualan selama pameran, dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi, dan untuk menentukan strategi bisnis ke depannya.

6. Meningkatkan kualitas SDM dan teamwork

Dengan mengikuti pameran, Anda juga menilai kualitas SDM serta teamwork yang Anda miliki. Setidaknya Anda bisa melihat kemampuan SDM marketing dalam melayani pengunjung dan melihat kemampuan kerjasama tim dalam meningkatkan penjualan produk selama pameran.

Saat ini kegiatan pameran sering diadakan oleh perusahaan event organizer, ini ada untung dan ruginya. Keuntungan adanya pameran yaitu para UKM terbantu untuk mengenalkan produknya, namun ada pula ruginya karena tidak semua pameran ramai dikunjungi konsumen. Oleh karena itu Anda harus jeli dalam memilih kegiatan pameran yang ditawarkan. Sebelum mengikuti sebuah pameran, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

  • Carilah informasi mengenai siapa, kapan dan dimana penyelenggara pameran tersebut. Biasanya pameran yang diselenggarakan organisasi besar, memiliki sumber daya dan strategi pemasaran yang lebih baik.
  • Cek terlebih dahulu mengenai jumlah pengunjung pameran. Ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung pameran terakhir yang diadakan organisasi tersebut. Hindari pameran yang jumlah kunjungannya cenderung sedikit. Selain itu sebagai bahan pertimbangan, Anda juga bisa melihat testimoni dari para peserta pameran sebelumnya.
  • Berapa banyak stand yang ditawarkan dan berapa biaya yang ditawarkan. Sebelum Anda mengambil keputusan untuk mengikuti pameran, mintalah kepastian dari panitia mengenai jumlah stand yang diperbolehkan ikut pameran.
  • Tanyakan sarana pendukung pameran, jangan mengiyakan sebuah pameran jika Anda belum mengetahui tentang sarana promosi yang diberikan selama pameran berlangsung. Perhitungkan juga antara biaya yang Anda keluarkan untuk mengikuti pameran dengan sarana yang diberikan panitia. Bila dirasa tidak seimbang, lebih baik jangan mengambil pameran tersebut.

Strategi promosi melalui pameran, dapat Anda coba untuk memasarkan bisnis yang Anda jalankan saat ini. Dengan mengikuti pameran yang sesuai dengan kebutuhan sebuah bisnis , akan sangat membantu pemasaran bisnis tersebut. Semoga sedikit informasi pemasaran bisnis ini dapat bermanfaat, salam sukses.

sumber gambar : Tim BisnisUKM