ide bisnisKetika hendak merintis sebuah usaha, terkadang para pemula masih sering bingung untuk memilih model usaha yang paling sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.

Video Praktisi

Menyiasati Persaingan Bisnis PaperOn

Karena itu, untuk membantu para pemula menentukan model usaha yang paling tepat, berikut kami informasikan beberapa kategori model usaha yang bisa Anda pilih untuk Anda jalankan berikutnya.

1. Creator (Memproduksi barang)
Yang dimaksudkan dengan creator disini adalah memanfaatkan pengetahuan, skill, dan passion yang Anda miliki untuk menciptakan  sebuah produk  yang potensial untuk dipasarkan atau memang dibutuhkan oleh pasar.

Contohnya saja seperti memproduksi aneka macam kerajinan bagi Anda yang memiliki skill dan passion di bidang kerajinan. Membuka restoran atau rumah makan bagi Anda yang memiliki hobi dan keahlian memasak. Membuat baju, jilbab, mukena, dan lain sebagainya bagi Anda yang memiliki hobi menjahit, serta masih banyak lagi aneka macam ide bisnis lainnya yang bisa Anda jalankan dengan model usaha tipe creator ini.

2. Consumer Servis (Memberikan pelayanan jasa bagi konsumen)
Model usaha yang kedua adalah memberikan pelayanan jasa atau Consumer Service kepada para konsumen (baik konsumen individual maupun kelompok). Contohnya saja seperti peluang bisnis jasa laundry, jasa catering, bisnis bengkel motor maupun mobil, jasa ojek, usaha rental mobil, jasa potong rambut, bimbingan belajar, serta beragam jenis peluang bisnis jasa lainnya yang bisa Anda jalankan sesuai dengan skill yang dimiliki.

3. Product Sales (Penjualan produk)
Model Usaha yang ketiga yaitu berperan sebagai pemasar atau distributor barang-barang yang dibutuhkan para konsumen. Biasanya, model bisnis ini banyak dicari para konsumen, karena modal dan resikonya tidak terlalu besar serta keuntungan yang didapatkan juga cukup menjanjikan. Untuk model usaha semacam ini, Anda bisa mencoba melalui bisnis retail, menjadi reseller produk-produk Branded, atau menjadi agen pemasar produk pelaku UKM di sekitar Anda.

4. Business Servis (Memenuhi kebutuhan pelaku bisnis)model usaha
Selain membidik para end user (konsumen akhir), Anda juga bisa memberikan pelayanan bagi para pelaku bisnis lain. Contohnya saja seperti membuka bisnis sablon plastik (untuk kemasan produk), menjadi konsultan marketing bagi perusahaan-perusahaan besar, trainer bisnis bagi pelaku bisnis atau para pemula, jasa pengiriman barang, jasa pembuatan gerobak usaha, dan lain sebagainya.

Nah, setelah mengetahui keempat kategori model usaha yang bisa Anda jalankan, kini giliran Anda untuk memilih model usaha yang tepat bagi Anda. Semoga informasi tips bisnis memilih model usaha yang tepat ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca, dan membantu para pemula yang ingin terjun di dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://uk.moo.com/images/ideas/evaluate-your-business-idea/slideshow.jpg?q=1-25848129475519831345
2. http://bisnisaceh.com/images/web/choices2.jpg