Video Praktisi

Membangun Bisnis dari Hobi, Poyeng Jogja

Jika kita memang ingin berniat untuk membuka usaha, banyak cara dan banyak pilihan yang bisa kita jadikan pegangan usaha kita. Salah satu pilihannya adalah menjual masakan Mie Ayam dengan cara berkeliling menggunakan gerobak. Salah satu contoh yang bisa kita ambil adalah Rahmat. Seorang pemuda dari Klaten yang sudah 3 tahun ini menjalankan profesi sebagai penjual Mie Ayam keliling. Awalnya Rahmat ikut dengan orang lain yang memiliki usaha mie ayam di sebuah rumah makan. Namun, setelah ia dipercaya, akhirnya rahmat menjajakan sendiri dengan menggunakan gerobak yang dipinjami oleh majikannya.” Saya banyak belajar dalam menggunakan bumbu mie ayam ini. Setelah dirasa cukup dan memiliki keyakinan, akhirnya saya meminta ijin untuk menjajakan sendiri mie ayam ini ” jelas rahmat.

Dalam menjalankan usahanya ini, Rahmat juga masih menjalankan kerjasama dengan majikannya yang dulu. ” Gerobak dan supply bahan baku mie saya dapatkan dari majikan. Sedangkan bumbu lainnya saya beli sendiri di pasar ” jelasnya. Memang cara ini sangat bermanfaat bagi anda yang tidak memiliki cukup modal usaha, namun rahmat yang bercita – cita ingin membuka usaha mie ayam di warung makan menuturkan bahwa yang paling penting dari usaha mie ayam keliling ini adalah semangat untuk melaksanakanya.

Konsumen
Konsumen yang menjadi pelanggan dari usaha mie ayam ini biasanya adalah mahasiswa, anak sekolah atau orang rumahan. Selain menjual mie ayam, rahmat juga menawarkan menu minuman berupa es teh atau es jeruk, serta ceker ayam (kaki ayam) sehingga ia dapat menambah penghasilan usahanya.