10 Cara Promosi Instagram Ini Cocok Untuk Olshop. Nggak Perlu Bayar!

Bisnis online shop saat ini mulai banyak menjamur, Instagram sebagai salah satu media sosial populer banyak dipakai untuk tempat promosinya. Melakukan promosi Instagram untuk akun online shop sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara baik itu berbayar atau gratis. Tak sedikit yang kemudian berhasil menjaring banyak pembeli setelah melakukan promosi di media sosial yang satu ini. Nah, berikut ini 10 cara promosi di Instagram yang bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal.

10 Cara Promosi Instagram

1. Mengadakan Kontes Atau Lomba

Hadiah secara umum disukai oleh semua orang, termasuk calon pembeli potensial. Mengadakan kontes bisa jadi penarik yang bisa mengenalkan produk dan bisnis online shop yang dijalankan. Bagi online shop pemula, hadiah yang diberikan bisa berupa produk gratis atau ongkos kirim gratis sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Saat mengadakan kontes maka bisa memberikan beberapa persyaratan seperti harus mengikuti akun Instagram olshop dan memberikan komentar positif.

Selain dilakukan di awal pembukaan untuk proses pengenalan, kontes ini juga bisa dilakukan secara berkala. Ini dapat diadakan pada hari-hari besar atau perayaan sehingga bisa tetap menarik para pengikut.

2. Mempromosikan Melalui Media Sosial Yang Berbeda

Tak sedikit masyarakat yang memiliki akun di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Youtube. Online shop sebaiknya juga memiliki beberapa akun yang terhubung sehingga bisa menjangkau lebih luas. Di bio atau unggahan untuk media sosial dengan platform yang berbeda maka bisa menambahkan informasi mengenai nama akun Instagram. Bisa juga secara berkala mengingatkan pengikut di media sosial lainnya untuk mem-follow akun Instagram. Promosi di Instagram di akun media sosial lainnya bisa dilakukan secara soft sehingga pengikut tidak merasa terganggu.

3. Menuliskan Di Kartu Nama Atau Informasi Paket Produk

Akun Instagram juga bisa disematkan di kartu nama atau informasi paket produk yang dikirimkan kepada pembeli. Cara offline ini bisa dibaca langsung oleh orang lain yang menerima kartu nama atau paket produk yang dijual. Adanya informasi mengenai nama akun media sosial seperti Instagram tersebut bisa mendorong orang lain untuk bisa langsung mencarinya jika membutuhkan. Apalagi jika sudah membeli produk atau ingin mencari produk lainnya maka kemungkinan akan mencari akun media sosial penjualnya.

4. Menambahkan Keterangan Akun Di Aksesoris

Promosi Instagram secara offline bisa dilakukan dengan menuliskan nama akun olshop di aksesoris yang dibagikan secara gratis atau sebagai hadiah. Aksesoris ini dapat berupa gantungan kunci, kaos, buku catatan, pena, dan lain-lain. Saat aksesoris tersebut nantinya dipakai dan dilihat oleh orang lain maka bisa terlihat nama akun Instagram olshop. Ini bisa menjadi salah satu jenis iklan di Instagram secara offline yang efektif apalagi jika benda aksesoris tersebut disukai dan digunakan sehari-hari sehingga bisa diingat dan dilihat orang lain.

5. Memberikan Komentar Yang Relevan, Namun Tidak Spam

Di Instagram saat ini ada banyak akun olshop yang melakukan spam komentar di postingan akun populer. Hal tersebut cukup mengganggu dan berpotensi untuk di-block karena melakukan spam. Apalagi jika komentar yang diberikan sama sekali tidak ada hubungannya dengan unggahannya. Sebenarnya ini bisa menjadi cara iklan di Instagram gratis namun harus berhati-hati. Bisa saja memberikan komentar pada akun lain yang populer, namun harus berupa komentar positif yang berhubungan dengan postingan. Memberi komentar juga sebaiknya tidak terlalu sering.

6. Interaktif Membalas Komentar/DM

Akun olshop di Instagram perlu untuk menjalin hubungan dengan pengikutnya. Misalnya jika ada yang bertanya di kolom komentar maka perlu dibalas, meskipun tidak harus semuanya. Begitu juga dengan pesan pribadi, jika merupakan pertanyaan penting maka perlu untuk segera dijawab. Akun yang aktif membalas komentar akan mendapatkan perhatian dari pengikutnya. Ini bisa menjalin hubungan baik sehingga memberikan image ramah. Secara tak langsung ini bisa menjadi cara promosi di Instagram yang dapat mendorong penjualan.

Admin akun olshop apakah itu menggunakan jasa karyawan atau dikelola diri sendiri harus bijak dalam menerima komentar. Jika olshop bisa menjawab komentar dengan bijaksana dan menyenangkan maka bisa menarik lebih banyak pengikut.

7. Promosi Di Fanpage Jual-Beli Facebook

Fanpage Facebook yang berhubungan dengan jual beli bisa digunakan untuk promosi akun olshop. Instagram sendiri berafiliasi dengan Facebook sehingga bisa saling menghubungkan dengan mudah.Di Facebook sendiri ada banyak fanpage yang mudah untuk diikuti untuk media promosi. Mengunggah postingan dengan membagikan link Instagram di fanpage Facebook bisa dilakukan dengan gratis.

8. Widget Blog/Website

Bagi yang memiliki blog atau website maka bisa memberikan informasi mengenai akun Instagram di sana. Selain informasi, bisa juga menggunakan fitur widget media sosial sehingga postingan di Instagram bisa juga muncul di blog. Ini bisa diatur apakah hanya ingin agar profilnya saja yang kelihatan atau postingan Instagram yang diunggah setiap saat.

Memasang banner atau link di website atau blog sendiri yang terhubung ke akun Instagram juga saat ini mudah dilakukan. Blog sendiri perlu untuk memiliki konten seperti artikel dengan SEO baik sehingga trafiknya tinggi dan dapat menjadi tempat untuk promosi akun online shop.

9. Menambahkan Tagname, Lokasi, Dan Tagar Yang Sesuai

Mengunggah foto di Instagram bisa disertai dengan tagname akun yang relevan. Selain itu lokasi juga perlu ditambahkan agar bisa dijangkau oleh orang yang berada di lokasi target. Penambahan lokasi ini bisa lebih mudah jika akun yang dimiliki berupa akun jenis bisnis.

Tagar atau hashtag berhubungan dengan pencarian di Instagram. Perlu untuk memahami penggunaannya dan mengetahui mana hashtag populer yang relevan. Sebuah akun olshop sebaiknya juga memiliki tagar unik yang hanya dimiliki oleh akun tersebut sebagai identitas diri. Nama akun Instagram atau nama produk sendiri bisa dijadikan sebagai salah satu tagar. Terlalu banyak tagar juga terlihat kurang elok sehingga sebaiknya sedikit namun efektif.

10. Menambahkan Keterangan Di Akun Marketplace

Online shop biasanya tidak hanya berjualan melalui media sosial namun marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan sejenisnya. Melalui akun marketplace tersebut bisa juga jadi salah satu cara promosi di Instagram. Akun olshop di Instagram bisa disebutkan dalam keterangan profil atau postingan produk.

Promosi Instagram ini ditujukan utamanya untuk meningkatkan jangkauan pada pembeli potensial. Ini diharapkan berujung pada meningkatnya penjualan. Akun Instagram sendiri perlu dibuat dengan memperhatikan konten yang menarik baik itu untuk promosi produk atau informasi yang berkaitan dengan produk.

Nah itulah 10 cara promosi Instagram yang telah dijelaskan bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya khusus. Ini memudahkan bagi pebisnis pemula yang ingin lebih dulu mengenalkan produk tanpa perlu mengeluarkan biaya promosi yang besar. Iklan di Instagram untuk produk sendiri dapat berbayar atau tidak namun yang penting adalah efektif sehingga meningkatkan penjualan.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba