10 Ide Makanan Jadul Yang Cocok Jadi Peluang Usaha

Ngomongin makanan jadul memang tak akan pernah ada habisnya. Makanan jadul adalah makanan yang merupakan jajanan yang ada pada kala masa kecil ketika kita jajan di SD. Jika kemarin kita bahas tentang jajanan camilan jadul. Sekarang kita masih akan bahas tentang seputar makanan jadul SD.

Menyantap makanan jadul memang mampu seketika membawa pada kenangan masa kecil. Ciri khas dari makanan jadul sangat melekat dalam memori ingatan para anak kelahiran tahun 90an. Beberapa jenis makanan jaman dulu seakan mengambil hati dan merayu untuk bernostalgia masa kecil.

Meski banyaknya makanan kekinian yang kini sudah banyak bermunculan ditengah-tengah kita. Nyatanya makanan jadul masih sangat di rindukan para kaum 90an. Hanya dengan memakan makanan jadul ini mampu membuat hati sumringah dan tersenyum senang.

Tak sedikit pula makanan jadul yang kini muncul di tengah masyarakat dengan tampilan berbeda. Dengan sentuhan modifikasi yang lebih menarik dan disajikan dengan konsep kekinian. Ini tentu membuktikan jika makanan jadul tidak ada matinya dan akan terus memiliki banyak penggemar.

Tidak hanya digemari oleh anak 90an namun anak milenial pun tidak menutup kemungkinan akan menyukainya pula. Tentu dengan dikemas lebih menarik dengan konsep kekinian. Nah gimana nih para pebisnis makanan bisa banget kan beberapa makanan jadul ini bisa jadi ide bisnis yang menarik untuk ditekuni.

Lalu kira-kira makanan jadul apa saja yang bisa dijadikan referensi dan di modifikasi lebih menarik lagi dengan tampilan yang lebih kekinian? Dari pada penasaran yuk kita simak bareng.

10 Ide Makanan Jadul

Telur Dadar Mini

Buat para anak jaman 90an pasti sangat familiar dengan makanan yang satu ini. Namanya telur dadar mini yang terbuat dari telur puyuh dan di sajikan dengan saus dan kecap di atasnya. Sangat enak di makan saat masih hangat. Nah meskipun sekarang sudah hampir tidak ada yang menjual kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang digunakan simpel dan mudah untuk ditemukan.

Sate Aci Bakar

Makanan yang satu ini adalah salah satu makanan jadul jaman SD yang juga cukup digemari. Namanya sate aci bakar, yang mana aci di rebus dan berbentuk kotak ditusuk dalam tusuk sate dan kemudian dibakar dan diberi bumbu pedas manis. Bahan adonannya ini mirip dengan cilok yang membedakannya adonan ini rasanya lebih plain. Nantinya ketika dibakar akan ditambah dengan berbagai bumbu untuk menambah rasa.

Martabak Terang Bulan Mini

Makanan yang satu ini hampir mirip dengan leker namun lebih tebal. Nah sangat mirip dengan martabak terang bulan yang kini dijual di pinggir jalan. Namun dulu bentuknya lebih kecil dan lumayan cukup tebal. Makanan ini sangat mengenyangkan, dan isiannya pun beragam, ada coklat, susu, keju, mesis dan masih banyak lagi.

Leker

Sekilas makanan yang satu ini mirip dengan crepes. Makanan yang satu ini namanya leker, yang mana dulunya bisa dengan mudah kita temukan di sekolah dan di sekitar rumah. Bentuknya bulat, tipis garing dan biasanya diisi dengan coklat meses, keju serut, pisang, kismis ataun topping lainnya. Rasanya manis dan perpaduan antara topping dan leker garing yang sangat menarik. Sangat menggugah selera disantap saat masih hangat.

Telur Gulung

Makanan yang satu ini adalah yang terfavorit dari jaman dulu. Bahkan sampai sekarang makanan yang satu ini tetap eksis dan banyak penggemarnya. Telur ini adalah telur ayam yang ditambahkan dengan micin dan diaduk lama hingga berbuih kemudian digoreng dan digulung dengan tusuk sate. Dinikmati dengan saus dan kecap manis.

Es Gabus

Siapa yang ingat dengan makanan yang satu ini? Es gabus adalah namanya, lucu memang biasanya terbuat dari tepung sagu dan gula yang diolah sedemikian rupa dan di masukkan dalam freezer. Namanya gabus karena bentuk dan teksturnya seperti gabus. Biasanya es ini berwarna-warni. Teksturnya empuk dan kenyal namun keras. Rasanya tidak terlalu manis dan menggunakan pewarna alami sehingga aman untuk dikonsumsi.

Es Potong Goreng

Es potong goreng ini adalah makanan tradisional, makanan ini cukup populer dan disukai para anak di jaman dulu. Sederhana namun mengena, es ini cara membuatnya sangat unik, dengan cara digoyangkan gerobaknya hingga bahan es dingin. Kemudian dicelupkan dalam coklat cair yang akan menambah rasa manis. Uniknya lagi es ini berbentuk panjang, dan ketika ada orang beli barulah es ini di potong.

Es Serut

Makanan yang satu ini juga tak kalah menarik dan populer jika dibandingkan dengan es potong goreng. Yang membuatnya menarik adalah karena warnanya yang mencolok dan berwarna-warni. Es ini terbuat dari sirup coco pandan sehingga aman dikonsumsi dan tidak menggunakan pemanis buatan. Cara membuatnya pun cukup unik karena menggunakan es balok yang diserut. Kemudian dicetak menggunakan cetakan yang berasal dari batok kelapa. Jikalau jaman dulu biasanya di beberapa tempat diberi tambahan susu kental manis coklat diatasnya dan taburan meses.

Es Tong Tong Roti

Siapa yang tak suka dengan es yang satu ini? Ini juga merupakan makanan favorit para anak SD jaman dulu. Es tong tong ini dinamakan begitu karena penjualnya biasanya membunyikan suara “tong tong” pada saat keliling. Ada beberapa rasa yang ditawarkan, coklat, vanila, strawberry. Dulu disajikan dengan roti tawar. Atau dimasukkan dalam gelas kertas, bahkan ada beberapa varian yang dikemas dengan kemasan gelas plastik diisi dengan mutiara, potongan roti tawar dan meses.

Nah demikian tadi adalah beberapa referensi makanan jadul jaman SD yang bisa jadi ide dan dimodifikasi jadi makanan kekinian untuk dijadikan peluang bisnis. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba