17 Kuliner Turki Yang Bisa Jadi Ide Usaha Menarik

Menjajal kuliner Turki adalah salah satu cara merasakan betapa sangat kayanya budaya dari Istanbul ini. Turki adalah sebuah negara dari Timur Tengah yang sangat terkenal dengan keindahan alam dan budayanya. Kuliner Turki ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan cukup populer karena sensasinya yang menggoda. Berbagai macam hidangan dari turki selalu menarik untuk dicoba.

Nah berikut ini ada beberapa kuliner Turki menarik yang wajib kamu tahu dan bisa jadi ide usaha lho. Mau tahu ada apa aja? Yuk langsung kita simak bareng kuliner menarik dari mancanegara Turki.

17 Macam Kuliner Turki

Kebab Turki

Makanan yang satu ini pasti sudah sangat familiar dan sebagian masyarakat Indonesia sudah pernah mencicipi kebab. Makanan ini asalnya dari Turki dan kini menjadi makanan yang bahkan sudah dikenal oleh dunia. Kebab ini biasanya berisi irisan daging kambing atau sapi yang dipanggang.

Kemudian ditambahkan sayuran bawang bombay, selada, tomat, timun dan topping lainnya. Lalu dibungkus dalam sebuah roti tipis bersama dengan saus dan mayonaise. Cita rasa dari kebab ini tentunya sangat unik dan lezat. Tidak hanya sekedar menjadi camilan namun juga mengenyangkan lho. Tak heran jika masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan yang satu ini.

Baklava

Kuliner yang satu ini adalah sebuah roti manis yang tak kalah enak dengan kebab. Makanan ini jadi salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan. Baklava ini merupakan roti lapis berisi kacang yang dihidangkan bersama madu dan sirup. Mirip dengan makanan Indonesia yakni bolen pisang.

Borek

Hampir mirip dengan baklava namun ternyata berbeda ya meski pun sama-sama roti. Bedanya borek ini berisi keju, daging cincang, sayuran bayam dan kentang. Dengan perpaduan rasa bahan tersebut menjadikan rasanya nikmat dan gurih. Borek ini biasanya dimasak dengan cara dipanggang atau bahkan bisa direbus sebelum dipanggang.

Ada 2 macam borek ini ternyata, ada yang kering ada pula yang basah. Teksturnya cukup lembut , empuk dan sangat lumer ketika digigit. Uniknya sebelum dihidangkan borek ini ditaburkan biji wijen diatasnya.

Kumpir

Makanan yang satu ini namanya adalah kumpir, rasanya juga tak kalah lezat dengan kebab dan makanan lainnya. Sajian ini berasal dari kentang yang dipanggang dengan topping sosis, sayur dan saus yang rasanya gurih dan lezat. Jika di Turki makanan ini bisa dengan mudah ditemukan di pasar-pasar atau ditepi jalan yang dijajakan oleh para pedagang kaki lima.

Dolma

Makanan Turki ini sekilas dengan lemper khas Indonesia. Namun jika lemper biasanya dibungkus menggunakan daun pisang. Berbeda dengan makanan yang satu ini dibungkus menggunakan daun anggur. Daun untuk membalut makanan ini pun bisa ikut dimakan pula. Biasanya daun yang dipakai untuk membuat dolma ini adalah daun terong, paprika, tomat, anggur dan kol. Isian dari makanan ini adalah nasi dengan potongan daging cincang yang kemudian dikukus sampai matang.

Manti

Makanan yang satu ini adalah kuliner Turki yang tak kalah menarik dan enak untuk dicicipi. Terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibungkus dengan adonan pangsit. Untuk menikmatinya bisa dengan cara digoreng maupun direbus. Nah uniknya makanan ini dinikmati dengan saus yoghurt.

Kofte

Makanan yang satu ini adalah hidangan main course. Semacam steak namun berukuran kecil seperti perkedel. Makanan ini terbuat dari olahan daging ayam, sapi atau kambing yang digiling dan dicampur dengan bumbu. Untuk mengolah kofte ini dengan cara di panggang, di rebus ataupun di goreng. Biasanya kofte ini dihidangkan bersama salad, nasi dan saus.

Pide

Makanan yang satu ini adalah pizza Turki, bentuknya yang unik mirip dengan daun panjang. Topping pide ini terdiri daging cincang, paprika dan keju. Sangat nikmat dan pas dinikmati untuk teman santai.

Kokoretsi

Makanan ini dikenal dengan nama kokorek yang mana merupakan jeroan. Kemudian di lilit dengan usus domba atau kambing. Kemudian dibakar bersama dengan bumbu yang semakin menjadikan aromanya sedap dan gurih. Biasanya untuk menikmati makanan ini ditambahkan dengan roti baquette yang dibumbui oregano dan paprika.

Hummus

Hummus adalah salad khas Turki yang berbahan dasar kacang arab, olive oil, air lemon, lada dan garam. Makanan ini masuk dalam makanan pembuka yang biasanya dikonsumsi dengan roti. Cara menikmatinya pun cukup unik yakni dengan cara robi dipotong kemudian dicocol dalam hummus.

Simit

Makanan yang satu ini adalah simit, roti berbentuk bundar dengan lubang pada bagian tengahnya seperti donat. Simit ini kemudian ditaburi biji wijen diatasnya. Simit ini merupakan jajanan yang biasanya dijadikan sarapan yang mengenyangkan. Penyajiannya pun biasanya dipadukan dengan keju, sosis dan topping lainnya.

Lahmacun

Hampir mirip dengan pide, makanan ini mirip dengan pizza. Lahmacun ini terbuat dari adonan roti yang dipanggang dengan topping seperti tomat, bawang bombay dan peterseli. Untuk menikmati makanan ini cukup unik yakni dengan cara digulung.

Boza

Kuliner kali ini adalah minuman khas Turki yang sangat unik. Minuman ini terbuat dari bahan gandum yang difermentasi. Rasanya cukup unik, dengan perpaduan rasa asam manis dengan tekstur yang lumayan cukup kental.

Kunefe

Kunefe ini adalah makanan khas Turki yang terbuat dari adonan pastri yang ditumpuk dan diberi isi keju, kacang dan disiram dengan sirup atau madu. Pada umumnya ditaburi dengan kacang giling sebagai garnish. Makanan ini terbuat dari helaian pastri yang diberi keju yang dilunakkan.

Makanan ini dimasak dengan piring tembaga kecil dan dihidangkan saat sedang panas dalam sirup. Seperti baklava makanan ini dimasak dalam jumlah besar dalam loyang dan dipanggang dalam oven. Kemudian di olesi pewarna sebelum dipanggang. Cara makannya dipotong terlebih dulu dan disiram dengan sirup gula atau madu dan ditaburi kacang pistachio. Bentuknya pun cukup unik bisa berupa roll atau gulung.

Sup Mercimek

Makanan ini sangat khas di Turki, terbuat dari kacang lentil kuning. Biasanya makanan ini sebagai makanan pembuka yang rasanya sangat lezat. Selain itu kandungan gizi yang ada di dalamnya cukup baik untuk tubuh. Makanan ini disajikan dengan perasan jeruk nipis segar dengan roti.

Kanafeh

Merupakan makanan hidangan pastry yang biasanya disajikan sebagai makanan penutup. Olahan adonan ini berbentuk helaian. Disajikan berlapis bersama isian seperti keju dan kacang. Kemudian disiram dengan sirup atau madu. Rasanya yang manis legit sangat cocok bagi para penggemar kuliner manis.

Lokum

Lokum ini terkenal dengan nama Turkish Delight yakni manisan khas Turki. Terbuat dari bahan dasar gel pati dan gula. Manisan ini dihidangkan dalam bentuk potongan kecil kubus, bundar dengan berbagai warna yang menarik. Nah biasanya ditaburi gula bubuk agar tidak lengket. Menariknya bahan dasarnya bisa ditambahkan kurma, kacang, hazelnut, walnut. Bahan perasa lainnya biasanya lemon, kayu manis, mint, rosewater, dan jeruk bergamot.

Demikian tadi adalah beberapa jenis makanan kuliner Turki yang menarik dan bisa jadi ide usaha loh. Semoga membantu memberikan ide dan inspirasi usaha. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba