Ide Usaha Sederhana Ini Bisa Kamu Awali di Garasi Rumah, Benarkah?

Memulai ide bisnis sederhana dari garasi rumahIde usaha sederhana dengan memanfaatkan garasi rumah menjadi sebuah ide menarik yang patut untuk dicoba. Mengawali sebuah usaha sah-sah saja dengan cara yang sederhana. Tak melulu berekspetasi tinggi memulai usaha harus besar dan sempurna. Bahkan dengan mengandalkan modal sederhana pun bisa mendatangkan kesuksesan. Asalkan pandai dan kreatif dalam memutar otak untuk memodifikasinya. Di zaman serba mahal sekarang ini banyak orang yang berangan ingin memulai sebuah usaha namun terbatas dengan modal.

Tak sedikit orang yang memiliki berbagai macam ide namun tak kunjung eksekusi karena keterbatasan modal. Terutama modal untuk sewa tempat yang seperti kita tahu kini harganya cukup tinggi. Tak main-main beberapa ruko disewakan dengan harga yang fantastis. Bagi para pengusaha pemula yang memiliki keterbatasa modal tentu sangat memberatkan. Alih-alih mendapatkan keuntungan, namun yang dapat malah kerugian lantaran untung yang seharusnya bisa ditabung dan untuk modal membeli bahan baku ternyata habis untuk sewa tempat. Nah pilihan untuk menjadikan garasi rumah sebagai lokasi usaha mampu membantu menghemat pengeluaran untuk sewa tempat usaha.

Ide Usaha Sederhana Dari Garasi 

Pentingnya Lokasi Usaha 

Tahukah kamu tempat usaha atau tempat usaha merupakan salah satu hal penting dan pokok yang harus diperhatikan bagi para pelaku usaha? Tanpa adanya tempat usaha maka tidak ada yang menunjang berlangsungnya kegiatan jual beli. Bahkan jika lokasi atau tempat usahanya tidak mendukung tentu akan menyulitkan untuk mendatangkan pelanggan. Dampak positif dari adanya tempat usaha pun mampu meningkatkan pendapatan dan menjadi daya tarik. 

Bagi sebagian orang memulai usaha selalu identik dengan ide usaha yang unik butuh modal besar, kapasitas produksi yang besar, bahkan harus menyewa ruko atau tempat usaha yang mentereng agar terlihat keren di mata calon konsumen. Wajar saja kalau sampai saat ini banyak orang Indonesia yang hanya sebatas ingin jadi pengusaha, tanpa berani melangkah untuk kewujudkan keinginannya karena keterbatasan dalam berkreatifitas. 

Memulai Usaha Dari Garasi 

Padahal, sebenarnya memulai usaha tak melulu dari hal-hal besar. Jika kita berfikir kreatif dan mencoba memanfaatkan tempat yang ada. Berawal dari ide usaha sederhana, kamu bisa memanfaatkan lokasi yang ada dirumahmu seperti, garasi mobil atau ruang kosong yang ada di rumah untuk disulap menjadi tempat usaha. Nah pertanyaanya memangnya bisa? Jawabannya, tentu saja bisa. 

Tak sedikit orang-orang kreatif menyulap tempat kosong yang tak terpakai dirumahnya untuk dijadikan tempat usahanya. Dengan desain dan konsep yang menarik tentu akan menarik para pelanggan untuk datang. Keunikan dan kreatiatifitas yang kamu tata sedemikian rupa maka akan mendatangkan para pelangan meski lokasi rumah kamu jauh dari keramaian. Ditambah dengan adanya bantuan sosial media tentu akan memudahkan mereka untuk menemukan lokasi usahamu. 

Kalau tidak percaya, lihat deh kesuksesan Larry Page dan Sergey Brin yang dulunya hanya menyewa garasi milik seorang temannya demi merintis Google. Sekarang kamu bisa lihat kan, setiap kantor Google di berbagai dunia membuat semua orang berdecak kagum. Tapi itu kan Larry Page dan Sergey Brin, pasti lain kalau kejadiannya di Indonesia.

Tak perlu muluk-muluk membayangkan kesuksesan Larry Page dan Sergey Brin. Kamu bisa memulai mewujudkan mimpi besarmu dari beberapa ide usaha sederhana ini yang bisa kamu garap dari rumah dengan memanfaatkan ruangan dirumah. Apa saja itu? Yuk simak beberapa ide usaha sederhana yang bisa diawali dari garasi rumah.

Ide Usaha Sederhana Memanfaatkan Garasi 

Coffee Shop 

Buat kamu yang punya angan pengen jualan kopi atau memiliki kedai kopi, ngak melulu harus seperti kedai kopi kebanyakan sekarang. Kamu bisa menyulap garasi rumah menjadi cafe atau warung kopi kecil-kecilan. Kalian pasti memiliki garasi mobil atau ruang kosong di rumah yang, kamu bisa mendekor ulang ruangan tersebut menjadi coffee shop atau warung kopi kecil-kecilan untuk mendatangkan keuntungan setiap bulan. 

Tak perlu menyiapkan menu makanan barat dan makanan berat yang susah untuk dibuat. Kamu bisa menyajikan berbagai macam menu minuman dan ma misalnya olahan kopi, coklat atau  jarang atau tak terpakai. Nah kamu bisa memanfaatkannya sebagai lokasi untuk jualan seperti, kopi, susu,milkshake dengan aneka makanan ringan sebagai pendamping.

Hal terpenting yang diperhatikan adalah menentukan harga makanan atau minuman yang kamu jual. Sesuaikan dengan kemampuan konsumen di lingkungan sekitar. Selain itu kamu juga bisa mengusung konsep unik untuk usaha cafe atau warung kopi yang kamu buka. Contohnya dengan menghias garasi dengan wallpaper kekinian berisi quote-quote positif. Atau kamu juga bisa menambahkan interior unik seperti lampu dan meja kursi yang seragam. 

Barber Shop 

Selain usaha makanan kamu juga bisa buka usaha barber shop di garasi rumah. Kalau dulu jasa potong rambut kebanyakan dibuka di bawah pohon rindang, sekarang kamu bisa memanfaatkan garasi mobil atau ruang kosong di rumah untuk memulai usaha barber shop khusus pria. Apalagi belakangan ini pertumbuhan usaha barbershop semakin bertumbuh pesat.

Sebelum memulai usaha barber shop ini, kamu bisa melakukan survey kecil-kecilan tentang seberapa banyak pria yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggalmu. Bisa kamu bayangkan jika minimal dalam sehari ada sekitar 5 orang yang potong rambut, dengan minimal harga Rp 25 ribu per orang. Bukankah cukup lumayan? 

Bengkel Motor 

Buat kamu yang hobi otomotif, kamu juga bisa manfaatkan garasi rumah untuk memulai usaha bengkel motor. Sekarang ini siapa yang tak punya kendaraan roda dua ini, bahkan dalam satu rumah bisa punya dua sampai tiga motor. Tentu pasarnya sangat menjanjikan bukan? Apalagi buat kamu yang memang punya hobi utak-atik otomotif, selain menyalurkan hobi kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan setiap bulan.

Tapi ingat, meski dimulai di rumah tapi usahakan ide usaha ini kamu kemas dengan konsep yang menarik dan buat senyaman mungkin. Dalam usaha jasa, pelayanan memegang peranan utama. Buatlah ruang tunggu yang nyaman untuk konsumen dan pastikan pelayanan jasa perbaikan motor benar-benar terjaga kualitasnya. Jika pelayanan yang diberikan memuaskan, tidak menutup kemungkinan bisnis bengkel motor tersebut semakin dikenal luas masyarakat sekitar.

Nah itulah beberapa ide usaha sederhana dari garasi, semoga dapat memberikan inspirasi buat kamu yang sedang mencari ide menarik, unik dengan budget yang irit. Kini saatnya mewujudkan segala angan untuk membangun sebuah usaha. 

So, tunggu apa lagi? Mulailah dari yang mudah, mulailah dari yang kecil dan, mulailah dengan modal murah, dan yang paling penting mulailah dari sekarang juga. Jangan lupa simak terus ide usaha menarik lainnya, solusi memulai usaha dan beragam usaha unik lainnya. 

Ikuti terus kisah menarik dari perjalanan para pelaku usaha lainnya hanya di BisnisUKM.com dan jangan lupa tonton juga liputan usaha dari para pengusaha sukses hanya di chanel youtube TVBisnis. 

Leave a Comment