Manajemen UKM

3 Tips Kenali Peluang Bisnis yang Bisa Bertahan di Tahun 2018

3 Tips Kenali Peluang Bisnis yang Bisa Bertahan di Tahun 2018Banyak yang memprediksi hampir 60% pelaku bisnis skala kecil bakalan tutup di tahun 2018. Perkiraan ini bukannya tak beralasan, karena kedepannya hanya pelaku bisnis yang bisa bersahabat dengan ranah online saja yang bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan peluang bisnis digital.

Meski saat ini ada banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan para calon pengusaha, tapi nyatanya tak semua ide bisnis bisa bertahan lama. Bahkan banyak penelitian menyebutkan rata-rata para pemula hanya mampu mempertahankan bisnisnya paling lama tiga tahun saja.

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Biar bisnis kecil yang hanya diprediksi bertahan tiga tahun ini masa aktifnya bisa terus kamu perpanjang, sebaiknya kamu pahami dengan baik 3 tanda peluang bisnis yang bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar.

Satu, jangan bangga dulu punya ide bisnis kreatif. Karena ide yang tak sesuai dengan pasar hanya akan jadi peluang bisnis yang abstrak untuk dijalankan.

Tak jarang calon pengusaha muda punya mimpi besar dengan segudang ide kreatif yang didapat dari inspirasi di luar negeri. Tapi nyatanya, tak semua ide kreatif yang sukses di luar negeri bisa diaplikasikan di pasar Indonesia. Jadi, sebaiknya sebelum menentukan peluang bisnis yang akan dijalankan di tahun 2018, sebaiknya pastikan ide tersebut tidak sekedar jadi angan-angan tapi juga bisa diaplikasikan di pasar kita.

Dua, pastikan peluang bisnis yang bakal kamu jalankan bisa menghasilkan keuntungan besar.

Jangan cepat puaps ketika ide bisnis yang kamu miliki bisa diterima pasar. Sebab belum tentu ide bisnis tersebut menghasilkan keuntungan besar setiap bulan. Dalam berbisnis tidak hanya eksistensi saja yang harus kamu pikirkan, tapi juga perhatikan dari omzet yang kamu terima, berapa persen laba bersih yang kamu dapatkan setiap bulan. Jangan sampai omzet besar ternyata biaya operasional juga besar, alhasil laba yang didapat tidak sepadan dengan kerja keras yang kamu jalankan saat ini.

Tiga, jangan latah ikut-ikutan pilih ide bisnis yang sedang trend tapi tak bertahan lama.

Bisnis yang sedang hits bukan tidak mungkin hanya bersifat sementara, karena umumnya trend pasar terus berganti seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat kita. Jangan sampai ide bisnis yang kamu pilih hanya jadi trend sesaat yang nasibnya ke depan belum bisa terbaca.

 

Jadi, apa kamu sudah tepat memilih peluang usaha? Kenali tiga tanda di atas sebelum akhirnya memilih peluang bisnis yang bakal kamu jalankan di tahun 2018 mendatang.