Manisnya Peluang Usaha Onde-Onde Mini Segerrr Bener !

 

manisnya-peluang-usaha-onde-onde-mini-segerrr-bener
https://sajiansedap.grid.id/read/10739431/onde-onde-pandan-mini-camilan-imut-yang-ternyata-bisa-dibuat-di-rumah-?page=all

Memilih usaha onde-onde mini merupakan pilihan yang sangat tepat. Camilan yang satu ini merupakan makanan ringan sederhana yang cukup digemari masyarakat. Anda tentu sudah mengenal onde-onde mini bukan??
Makanan ini diduga dibawa pendatang dari Tiongkok, lalu berkembang luas. Onde-onde mini dapat ditemukan di toko maupun dijual di pedagang kaki lima. Nama ‘onde-onde mini’ mengacu pada sekelompok makanan yang terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen.

Beberapa variasi yang ditawarkan kini semakin berkembang dengan menawarkan bentuk yang lebih menarik dan unik. Disajikan dengan inovasi warna-warni yang menggoda sehingga menarik untuk dicoba. Baru-baru ini inovasi yang paling dikenal adalah onde-onde mini yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi berbagai varian pasta kacang hijau, coklat, keju, ubi dan lain-lain. Variasi lain dibuat dari tepung terigu, dikenal sebagai onde-onde mini gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Solo.

Dipasaran, onde-onde mini telah banyak dijual sebagai makanan tradisional yang sangat mudah untuk ditemui dilingkungan sekitar tempat tinggal kita. Dari pegamatan yang dilakukan selama beberapa tahun lalu onde-onde mini selalu disajikan dalam bentuk tampilan yang sama. Inovasi yang diberikan untuk menyajikan onde-onde mini selama ini dinilai masih kurang. Hal ini merupakan peluang bagi anda untuk mengembangkan usaha onde-onde mini ini dengan variasi yang lebih unik dan menarik.

Peluang Usaha Onde-Onde Mini

Onde-onde mini merupakan salah satu makanan kecil atau snack yang berasal dari tepung ketan, berbentuk bulat,  dan didalamnya terdapat isi kacang hijau. Pada bagian luarnya terdapat taburan biji wijen yang memberikan rasa dan sensasi yang khas. Pada biasanya onde-onde mini ini berisi kacang hijau atau kacang merah. Namun tahukah anda apabila onde-onde ini bisa diinovasikan dengan mengkombinasikan sesuatu yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya?

Pernahkah Anda membayangkan onde-onde mini yang seger?? Onde-onde mini yang dimaksud adalah onde-onde yang berisikan aneka macam buah-buahan. Buah-buahan yang digunakan seperti stroberi, nanas, melon, pisang, nangka dan lain-lain. Dengan adanya inovasi baru ini tentunya ini akan menambah variasi onde-onde mini yang ada di Indonesia.

Ini juga memberkan kesempatan bagi anda untuk mengembangkan bisnis “onde-onde mini segerr” ini . Rasanya tentu akan lebih lezat dan unik. Onde-onde memiliki gizi yang baik karena menggunakan buah-buahan segar.

Onde-onde seger ini memiliki peluang besar untuk dikembangkan menjadi bisins franchise. Franchise anda akan memiliki nilai jual yang tinggi karena memiliki inovasi yang cukup luar biasa. Sebelum membuka gerai, ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan seperti target pasar, lokasi, pemasaran, dan image produk. Onde-onde mini seger merupakan produk baru sehingga image produk sangat mempengaruhi keinginan konsumen.

Sebelum Usaha Onde-Onde Mini Ketahui Resep Pembuatannya

Sebelum memulai usaha onde-onde mini alangkah lebih baiknya jika anda mengetahui mengenai onde-onde mini. Salah satunya yaitu mengetahui resep pembuatannya. Berikut resep pembuatanya :

Bahan – Bahan Onde-Onde Mini :

  • 250 gram tepung ketan
  • 25 gram tepung
  • 20 gram gula pasir
  •  1 butir telur
  •  Garam secukupnya
  •  Vanili secukupnya
  • 150 ml air hangat
  • Nanas
  • Stroberi
  • Melon
  • Pisang
  • Nangka

Cara Membuat Onde-Onde Mini :

  1. Pertama-tama buat kulit onde-onde mini dengan campur tepung ketan, tepung sagu, gula, vanili, telur, garam. Setelah semua bahan tercampur diaduk-aduk sampai rata.
  2. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit ke dalam adonan tersebut. Campur adonan sampai kalis.
  3. Selanjutnya setelah semua adonan kalis ambil adonan sedikit dan pipihkan. Isi lembaran tersebut dengan berbagai macam buah yang telah disedikan. Kemudian tutup isian aneka buah dengan adonan tersebut.
  4. Celupkan adonan ke dalam air, kemudian gulingkan ke dalam wijen.
  5. Selanjutnya goreng onde-onde mini dengan menggunakan minyak panas dan api kecil.
  6. Jika warna sudah mulai menguning dan onde-onde mengapung, angkat dan tiriskan.
  7. Onde-onde segerrr siap dihidangkan.

Demikian tadi adalah cara mengolah onde-onde mini dengan variasi isian buah-buahan.

Nah apabila anda ingin bergerak untuk ikut serta mencoba usaha yang satu ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini ada tips memulai usaha onde-onde mini yang bisa anda jadikan gambaran dan bekal untuk menekuni bisnis ynag satu ini.

Tips Usaha Onde-Onde Mini

Resep dan Inovasi Rasa

Sebelum anda menentukan untuk menekuni usaha onde-onde mini ini maka hal yang perlu anda perhatikan adalah inovasi rasa dan resep. Jika pada biasanya onde-onde mini hanya berisi kacang hijau atau kacang merah. Maka bermainkah dengan kreatifitas anda. Buat inovasi baru dalam memberikan tampilan dan rasa yang menarik. Anda bisa menginovasikannya mulai dari bentuk onde-onde, resep cita rasanya, warna onde-onde, hingga isian onde-onde yang bisa anda variasikan dengan berbagai macam buah-buahan atau isian lainya untuk menarik para pelanggan.

Bahan Yang Berkualitas

Hal terpenting dalam memulai usaha kuliner adalah dengan selalu memperhatikan kualitas baku. Maka usahakan agar anda memilih bahan baku dengan kualitas yang paling bagus. Hal ini untuk menjaga cita rasa dan kualitas dari makanan itu sendiri. Semakin berkualitas dan sehat makanan yang anda tawrkan maka akan semakin tinggi pula nilai jualnya.

Kebersihan

Sebelum memulai usaha onde-onde mini ini usahakan untuk memilih bahan baku yang bersih. Tidak hanya itu saja, jaga higienis alat yang digunakan untuk mengolah makanan tersebut. Hal ini juga akan mempengaruhi kualitas makanan yang dihasilkan. Semakin higienis suatau makanan maka akan semakin menjadi kepercayaan pelanggan.

Kemasan Yang Menarik

Salah satu hal yang menjadi perhatian umum adalah kemasan. Peranan kemasan bukan hanya sebagai pembungkus saja. Meski onde-onde mini ini tergolong camilan yang sederhana namun apabila dikemas dengan bungkus yang unik dan menarik tentu akan dapat meningkatkan minat pelanggan untuk membeli. Maka sangat penting untuk memperhatikan masalah desain kemasan dan bentuk kemasan. Buat kemasan yang sesuai dan tentuknya unik dan menarik.

Perhitungan Modal

Sebelum memulai usaha onde-onde mini ini anda perlu untuk membuat rincian modal usaha secara lengkap dan terperinci. Beberapa hal bisa anda pertimbangkan seperti, menghitung modal kotor, modal setiap bungkus dan keuntungan yang diperoleh dari usaha tersebut.

Konsep Usaha

Selanjutnya hal yang perlu anda perhatikan adalah konsep usaha anda. Tentukan lokasi usaha yang akan anda jadikan sebagai tempat untuk berjualan, target pasar, modal usaha, harga jual dan sistem marketing usaha anda.

Demikian adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk usaha onde-onde mini. Semoga dapat membantu anda mendapatkan gambaran sebelum anda memulai usaha tersebut.

Usaha yang anda jalankan tentunya akan berkembang pesat dengan adanya kreatifitas. Nah untuk itu agar dapat bersaing dan bertahan dengan pelaku usaha lainnya perlu adanya inovasi dan kreasi. Maka dari itulah teruslah untuk mengembangkan ide inovasi anda dalam menekuni bisnis kuliner yang satu ini.

 

Diolah dari berbagai sumber

2 thoughts on “Manisnya Peluang Usaha Onde-Onde Mini Segerrr Bener !”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba