Kemasan, Peluang usaha, Pemasaran

4 Kunci Biar Usaha Minuman Kamu Makin Berkembang!

Usaha minuman waralaba memang sedang berkembang beberapa tahun ke belakang ini. Banyak yang mulai menjadikannya sebagai lahan untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Menjamurnya usaha semacam ini salah satunya dikarenakan munculnya minuman-minuman kekinian yang beragam. Minuman kekinian semacam ini banyak digemari oleh orang-orang sehingga penjualannya meningkat tinggi.

Keuntungan dari usaha ini memang cukup tinggi sehingga menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Maka dari itu banyak orang yang akhirnya terjun menjalankan usaha minuman ini. Dari banyak usaha minuman yang berkembang ada jenis usaha minuman waralaba yang tidak membutuhkan modal banyak namun hasil penjualannya harus dipotong dengan besaran tertentu.

Usaha waralaba ini kini banyak dilakoni oleh para pelaku usaha karena mudah. Selain itu biasanya waralaba sudah memiliki nama, brand, atau merek yang terkenal sehingga orang-orang sudah mengenalnya dan akan meningkatkan penjualan. Usaha waralaba paling banyak ditemui pada bidang atau sektor minuman dan makanan. Pada bidang minuman biasanya bisnis waralaba ini datang dari minuman-minuman kekinian luar Indonesia, seperti Thailand dan Taiwan.

Usaha waralaba ini sudah memiliki nilai plus di mata konsumen sendiri sehingga tidak terlalu susah untuk memasarkan produknya. Tapi lain ceritanya jika kamu membuka usaha minuman sendiri yang tidak berafiliasi pada siapapun. Kamu harus mempersiapkan semuanya, namun semua keuntungan dan hasil penjualan akan masuk ke kantongmu. Karena memulai usaha sendiri, brand atau merekmu pun perlu diperkenalkan lebih luas lagi.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengembangkan usahamu serta mendongkrak penjualan produkmu.

Baca Juga  Bisnis Franchise Minuman Kekinian Yang Bisa Kamu Coba!

1. Sering mengadakan dan melakukan promo

Jika kamu baru merintis usaha minuman sendiri dan usahamu baru berkembang kamu harus sering memperkenalkannya pada khalayak umum yang menjadi calon konsumenmu. Cara memperkenalkan usaha yang bisa kamu lakukan adalah dengan sering-sering melakukan promosi. Mudahnya dengan datang ke acara-acara sekolah seperti event tertentu dan bazaar karena minuman kekinian seperti ini pangsa pasarnya adalah anak-anak muda usia sekolah atau kuliah. Promo yang bentuknya pemotongan harga atau beli satu gratis satu juga bisa dilakukan sebagai langkah awal pengenalan usahamu.

2. Manfaatkan pemasaran usaha minuman dengan media sosial

Selain dengan melakukan promosi dan promo yang bentuknya pemotongan harga, kamu juga bisa memanfaatkan sosial media untuk memasarkan produkmu. Sekarang ini eranya pemanfaatan media sosial dalam segala aktivitasmu dan media sosial dianggap efektif untuk alat pemasaran. Media sosial yang digunakan sebagai alat pemasaran biasanya adalah instagram dan facebook. Melalui kedua media sosial tersebut kamu bisa memposting foto produk semenarik mungkin untuk meningkatkan engagement produk.

3. Datangi calon konsumen

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendatangi calon konsumenmu secara langsung. Mendatangi di sini maksudnya adalah kamu membuka temoat usaha di tempat yang dekat dengan keramaian calon konsumen. Misalnya pangsa pasarmu adalah anak-anak muda usia sekolah, maka kamu bisa membuka tempat usaha di depan sekolah saat jam pulang sekolah. Atau jika pangsa pasarmu adalah anak kuliahan kamu bisa membuka tempat usaha di foodcourt kampus.

Aspek Paling Penting Usaha Minuman, Kemasan Produk yang Baik

Hal yang tidak boleh luput dan menjadi salah satu aspek penting dalam mengembangkan usahamu adalah kemasan produk yang tepat dan baik. Produk minuman yang dijual baik jenis usaha minuman waralaba ataupun usaha minuman sendiri menggunakan kemasan gelas, baik yang berbahan dasar plastik atau yang berbahan dasar kertas.

Baca Juga  Kemasan Makanan Ringan Untuk Usahamu!

1. Kemasan plastik cup

 

usaha minuman kemasan plastik

Produk minuman dingin dikemas dan di sajikan pada konsumen menggunakan kemasan cup plastik yang bahannya fleksibel namun kokoh. Bahan dasar ini cocok untuk mengemas produk dengan suhu yang dingin apalagi minuman dingin menggunakan banyak es batu, selain dingin es batu bersifat solid atau keras. Kemasan plastik cup ini hadir dengan banyak ukuran mulai dari 12 oz sampai yang paling besar 22 oz. Agar minuman lebih menarik secara kemasan biasanya kemasan plastik cup ini bisa disablon dengan desain yang bisa kamu sesuaikan sendiri. Lebih menarik daripada plastik cup yang hadir secara polos.

2. Kemasan paper cup

usaha minuman kemasan kertas

Usaha minuman juga menghadirkan produk minuman hangat. Biasanya produk minuman ini dikemas menggunakan kemasan paper cup atau cup kertas. Meski bahan dasarnya kertas, kemasan ini dapat mengemas produk dengan baik karena dilapisi plastik tipis pada permukaan kemasannya. Kemasan ini juga mencegah kebocoran dan tidak meresap air. Sama seperti kemasan cup plastik, paper cup juga bisa disablon agar lebih menarik.

Kemasan menjadi kunci penarik perhatian calon konsumen karena konsumen akan melihat kemasan produk pertama kali. Jadi bagi kamu pelaku usaha minuman pastikan kemasan untuk produkmu baik dan tepat. Memilih kemasan juga tidak bisa asal-asalan, harus sesuai dengan produkmu baik dari jenisnya dan bahan bakunya.

Untuk kemasan produk percayakan pada diKemas.com, ahlinya kemasan. Jika belum yakin kamu menginginkan kemasan yang seperti apa kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara gratis. Untuk membuat kemasanmu lebih menarik salah satunya menggunakan desain sablon. Jika kamu belum menemukan desain yang tepat serahkan saja pada diKemas.com yang akan membuatkan desain untukmu.

Baca Juga  Jangan Usaha Minuman Waralaba Sebelum Baca 5 Point Ini!