Terjun Usaha Minuman, Untungnya Gak Main-main!

Usaha dalam bidang minuman memang tidak akan pernah ada matinya di Indonesia. Ragam minuman yang dijual selalu mengalami perkembangan berkat kreativitas para pelaku usaha. Dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang banyak muncul minuman-minuman yang berwarna-warni, tampilannya sangat menarik.

Minuman-minuman tersebut mendapat julukan minuman kekinian karena mejadi tren dan terasa zaman sekarang banget. Pokoknya tingkat gaulmu akan meningkat kalau sudah mencoba minuman-minuman tersebut. Maka dari itu minuman seperti ini tidak hanya ada di satu tempat atau satu kota. Biasanya minuman dengan brand atau merek yang sama membuka cabang di kota atau tempat lain.

Sistem pembukaan cabang ini dinamakan dengan waralaba. Bisnis minuman waralaba menjadi bisnis yang sedang tren dan banyak dijumpai beberapa tahun belakangan. Banyak para pelaku usaha pemula yang akhirnya menjadikan usaha waralaba ini sebagai usaha pertamanya. Usaha waralaba memang relatif mudah karena bahan-bahannya sudah tersedia dan sudah memiliki nama yang dikenal konsumen.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk bergabung dalam usaha waralaba minuman kamu perlu mengetahui lebih lanjut tentang usaha ini.

usaha minuman waralaba
sumber gambar: idntimes

1. Lakukan riset pasar terlebih dahulu

Usaha waralaba merupakan usaha yang bergantung pada tren pasar yang sedang berjalan. Tren pasar umumnya tidak bersifat lama, apalagi selamanya. Jadi pastikan kamu sudah membaca tren pasar dengan baik dan mengambil keputusan dari tren tersebut. Jangan sampai akhirnya mengambil usaha waralaba yang trennya sudah hampir berakhir. Ketika trennya berakhir usahamu peminatnya akan turun. Membaca tren juga membuat kamu dapat berinovasi jika trennya sudah berganti. Jadi peminat atau konsumen usahamu tidak bergantung tren. Apapun trennya usaha minuman waralabamu tetap berjalan dengan baik.

2. Pastikan legalitas usaha minuman waralaba yang akan kamu jadikan usaha

Usaha minuman waralaba tidak semuanya berasal dari Indonesia karena minuman-minuman kekinian biasanya datang dari Thailand atau Taiwan. Contohnya thai tea, bubble tea, mango thai king, dan lain sebagainya. Usaha minuman waralaba semacam itu pasti memiliki manajemennya sendiri. Kamu harus memastikan betul-betul manajemennya seperti apa. Pastikan juga legalitas dari usaha waralaba yang akan kamu jadikan usaha. Apakah waralaba tersebut sudah mengantongi izin resmi baik dari BPOM, halal dari MUI, izin badan usaha, dan lain sebagainya. Kamu tidak mau kan usahamu ditutup paksa karena tidak berizin nantinya?

3. Usaha minuman waralaba ada banyak sekali, pastikan kamu memilih yang benar

Semakin hari usaha waralaba semakin banyak bermunculan. Mereka membawa merek atau brandnya sendiri-sendiri. Ada yang hadir sudah sejak lama sehingga namanya sudah mulai dikenal dan ada juga yang baru mulai merintis sehingga belum banyak yang mengenalnya. Meski begitu terkadang brand atau merek yang baru merintis dapat langsung melejit tergantung strategi pemasarannya. Nah, kamu sebagai pelaku usaha pemula harus bijak menentukan mana brand atau merek yang akan menjadi usahamu. Kesuksesan dan perkembangan usahamu bisa ditentukan oleh merek atau brand yang akan kamu jadikan usahamu.

4. Perhatikan kontrak yang dibuat

Usaha waralaba seperti itu pasti memberikan kontrak perjanjian pada siapapun yang ingin bergabung dalam usaha waralabanya. Penyerahan merek atau brand usaha tidak terjadi begitu saja, pasti ada tawar menawar yang terjadi, ada kontrak yang harus ditandatangani, ada perjanjian yang harus ditepati. Kamu harus memperhatikan perjanjian yang tertulis dalam kontrak tersebut. Jangan sampai kamu akhirnya menepati perjanjian yang kurang menguntungkan buatmu. Usaha waralaba seperti ini mengharuskanmu membayar royalti setiap tahun, mungkin ada yang setiap bulan. Besaran ini menjadi aspek penting yang harus kamu perhatikan dan kamu kalkulasikan lebih lanjut sebelum menyetujui kontrak.

5. Tentukan lokasi usaha yang strategis, usahakan tempatnya menetap

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan sebelum memulai usaha waralaba minuman ini adalah tempat usaha yang tetap. Tempat usaha akan menentukan perkembangan usaha yang kamu jalani. Selain tempat usaha yang tetap, jangan mengesampingkan aspek strategis dan ketepatan tempat usaha. Minuman waralaba merupakan minuman kekinian yang konsumennya kebanyakan anak-anak muda. Agar lebih dekat menjangkau konsumen sebaiknya tempat usaha berada di tempat yang merupakan tempat keramaian dan sering didatangi konsumen yang ingin dijangkau.

Tips Memulai Usaha Minuman Sendiri

Tidak hanya bergabung dalam usaha waralaba untuk mulai usaha di bidang minuman, kamu juga bisa membuat merek atau brand minumanmu sendiri. Tak jauh berbeda dengan bisnis waralaba minuman, namun segala hasil penjualan nantinya untuk kamu sendiri. Tidak perlu ada kontrak yang ditandatangani, perjanjian yang harus ditepati, dan lain sebagainya. Untuk memulai usaha minuman ini kamu perlu beberapa hal.

1. Tempat usaha berupa booth atau gerobak

Tempat usaha untuk bisnis minumanmu bisa berupa booth atau gerobak karena tempat usaha yang menetap relatif mahal penyewaannya. Meskipun berupa booth atau gerobak tempat usahamu tetap bisa menetap asal mendapatkan izin usaha atau beroperasi di daerah tersebut. Buat booth atau gerobak yang menarik sehingga konsumen penasaran dan mencari tahu produkmu. Booth atau gerobakmu harus jelas mencantumkan produk apa yang dijualnya.

2. Cup atau gelas sebagai kemasan

Selain booth atau gerobak, yang harus disipakan untuk membuka usaha minuman adalah kemasan dari produkmu. Minuman merupakan produk yang penyajiannya menggunakan kemasan gelas. Ada beberapa jenis kemasan gelas yang bisa kamu pakai sesuai dengan produk minuman yang kamu jual.

Cup plastik untuk minuman dingin

cup plastik untuk minuman dingin

Produk-produk minuman dingin biasanya menggunakan kemasan gelas plastik yang bahannya fleksibel namun kokoh dan cocok untuk suhu dingin yang rendah. Cup plastik hadir dengan bermacam-macam ukuran. Paling kecil adalah gelas plastik dengan ukuran 12 oz atau setara dengan 350 ml. Lalu ada ukuran 14 oz setara dengan 400 ml, 16 oz setara dengan 470 ml, dan 22 oz setara dengan 650 ml. Cup plastik untuk minuman dingin ini juga bisa hadir dengan dua  tampilan yang bisa dipilih, polos dan sablon.

Paper cup atau cup kertas untuk minuman hangat

Paper cup atau cup kertas untuk minuman hangat

Jika produkmu merupakan minuman hangat kamu bisa menggunakan kemasan gelas kertas atau paper cup. Bahan dari kemasan ini membuat konsumen tidak kepanasan saat menggenggam produk. Ada beberapa ukuran dari kemasan paper cup ini, mulai dari ukuran 4 oz, 7 oz, 8 oz, sampai 9 oz. Kemasan paper cup bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu mau polos atau dengan sablon.

3. Lid cup

Lid cup merupakan pelengkap dari kemasan gelasmu. Sebagai usaha minuman kekinian, kemasan yang digunakan juga harus merepresentasikan aspek kekinian tersebut. Tidak menggunakan kemasan konvensional adalah salah satu bentuk representasi dari kekinian tersebut. Lid cup merupakan penutup kemasan gelas yang biasa digunakan untuk menutup kemasan dengan rapat. Tutup kemasan ini berbeda dari tutup gelas biasa karena tutup ini menempel erat dengan kemasan dan berbahan dasar plastik. Lid cup ini bisa hadir dalam dua tampilan, polos dan sablon.

4. Cup sealer

Jika kamu membuka usaha minuman kekinian dan menggunakan kemasan kekinian seperti di atas maka kamu juga membutuhkan cup sealer. Kegunaan dari cup sealer adalah untuk menyegel tutup gelas agar menempel pada kemasan gelas sehingga tidak mudah tumpah. Jika tidak menggunakan cup sealer tutup cup tidak akan menempel karena cara kerja dari cup sealer ini adalah dengan memanaskan plastik penutup sehingga dapat menempel dengan baik. Untuk kemasan ukuran 12 sampai 16 oz bisa menggunakan mesin cup sealer yang sama.

Nah, itu dia sekilas tentang usaha waralaba sebelum kamu memutuskan untuk bergabung di dalamnya. Sebaiknya persiapkan poin-poin di atas dengan baik sebelum beragbung dalam usaha waralaba minuman. Usaha ini merupakan usaha minuman, jadi perhatikan juga apa yang dibutuhkan ketika menjual produk minuman. Akan disajikan seperti apa minumanmu, dalam kemasan apa penyajiannya, dan lain sebagainya.

Mempersiapkan hal-hal di atas harus dilakukan sebelum kamu membuka usaha. Segala hal yang diperlukan sebelum membuka usaha bisa kamu dapatkan melalui diKemas.com. Melalui diKemas.com kamu akan mendapatkan apa-apa saja yang kamu butuhkan untuk membuka usaha minuman. Baik dari kemasan cup, lid cup, sampai mesin cup sealernya.

Kalau kamu lebih memilih usaha waralaba atau usaha sendiri? Tulis pilihanmu di kolom komentar, ya!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba