5 Ide Usaha Kecil Dari Rumah Untuk Penghasilan Tambahan

Usaha kecil dari rumah pada dasarnya bisa dilakukan untuk menjadi sumber penghasilan tambahan. Bisa juga usaha ini menjadi pekerjaan pokok bagi ibu rumah tangga atau bagi Anda pekerja yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

5 Ide Usaha Kecil Dari Rumah Untuk Penghasilan Tambahan
ilovelife.co.id

Usaha Kecil Dari Rumah

Jenis usaha kecil dari rumah pada dasarnya beragam. Mulai dari usaha dalam menawarkan jasa atau bisa juga dengan menjual produk. Usaha kecil dari rumah akan bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga menjadi pekerjaan pokok. Sementara bagi pekerja atau karyawan bisa memulai usaha kecil dari rumah sebagai penghasilan tambahan.

Kalau usaha kecil dari rumah untuk ibu rumah tangga bisa dilakukan penuh waktu misalnya mulai dari pagi sampai sore hari. Bisa juga disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Untuk pekerja atau karyawan bisa memanfaatkan waktu sore sampai malam hari untuk memulai usaha kecil dari rumah.

Keuntungan yang bisa didapatkan dari memulai usaha kecil dari rumah ini cukup menjanjikan. Dengan memanfaatkan waktu beberapa jam saja bisa mendapatkan penghasilan yang bisa dijadikan untuk tambahan tabungan. Selain itu usaha ini bisa dikerjakan dari rumah jadi akan lebih menghemat waktu dan tenaga dalam menjalankan usaha rumahan ini.

Ide Usaha Rumahan

Berikut ini beberapa ide usaha rumahan yang bisa Anda coba sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pastikan ide usaha rumahan yang nanti akan Anda jalankan sesuai dengan minat dan kemampuan supaya dalam menjalankannya bisa konsisten dan usaha rumahan yang Anda jalankan tetap bertahan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Usaha Rumahan Jual Jajanan Frozen Food

Usaha Rumahan Jual Jajanan Frozen Food
pinterest.com

Jajanan frozen food itu beragam, mulai dari sosis, nugget, otak-otak, dan jenis makanan frozen food lainnya. Penggemar dari jajanan frozen food juga beragam, mulai dari anak-anak sampai kalangan orang dewasa adalah penggemar makanan instan yang satu ini. Untuk menjual jajanan frozen food Anda bisa melakukannya dari rumah. Anda tidak perlu memproduksi makanan frozen food sendiri, untuk menghemat waktu dan tenaga Anda bisa mengambil bahan makanan frozen food dari agen atau bisa juga dengan mendaftarkan diri sebagai reseller makanan frozen food.

Dengan menjadi reseller keuntungan yang didapatkan akan jauh lebih besar karena harga yang didapatkan lebih murah dibandingkan dengan membeli makanan frozen food dengan harga konsumen. Setelah Anda menjadi reseller makanan frozen food Anda bisa memanfaatkan bagian depan rumah sebagai tempat jualan. Cukup dengan meja dan kursi, taruhlah produk berbagai makanan frozen food yang telah ditusuk dengan tusuk sate, pemanggang, serta kompor dan wajan penggorengan. Tambahkan juga pilihan saus sebagai pendamping makanan frozen food yang Anda jual.

Konsumen dari usaha jajanan frozen food ini bisa menyasar tetangga rumah dari usia anak-anak sampai dewasa. Apa lagi kalau rumah Anda letaknya strategis di dekat perumahan, sekolah, atau kampus. Konsumennya akan semakin banyak. Menjual jajanan frozen food juga meminimalisir kerugian karena tidak akan ada bahan makanan yang terbuang jika dalam sehari belum habis terjual. Yang penting freezer yang Anda miliki berkualitas bagus supaya bahan makanan frozen food tetap aman dan awet.

2. Usaha Rumahan Jual Jus Buah

Usaha Rumahan Jual Jus Buah
dikemas.com

Banyak orang yang mudah bosan ketika memakan buah dalam sajian utuh. Jus buah adalah solusi untuk mengatasi kebosanan orang-orang dalam mengonsumsi buah-buahan. Hal ini bisa menjadi peluang usaha rumahan yang menguntungkan. Selain menyegarkan jus buah juga merupakan minuman sehat yang kaya khasiat.

Supaya usaha rumahan jus buah yang Anda jalankan lebih bisa mendatangkan banyak pelanggan, pilihlah kemasan cup yang unik dan menarik. Misalnya dengan menyediakan kolom nama dari pembeli atau bisa juga dengan memilih desain yang lucu.

Modal peralatan yang Anda siapkan juga sederhana cukup blender dan mesin cup sealer. Sediakan juga menu jus buah yang beragam. Misalnya dengan menu jus buah campuran atau mix, bisa juga dengan pilihan pemanisnya yang beragam. Bisa dengan susu, gula putih, gula merah, atau gula aren. Patoklah harga dengan standar harga jus buah yang ada di wilayah Anda. Supaya jus buah yang Anda jual tidak kemahalan dan makin banyak konsumen yang berdatangan.

3. Jasa Cuci Motor

Jasa Cuci Motor
antarafoto.com

Coba lihatlah sekeliling Anda, hampir semua orang menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan harian. Sementara karena berbagai kesibukan sangat jarang orang yang memiliki cukup waktu dan tenaga untuk mencuci motornya sendiri. Hal tersebut merupakan peluang usaha yang tidak pernah kehilangan konsumen.

Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah untuk mendirikan usaha rumahan jasa cuci motor.  Apa lagi rumah Anda lokasinya strategis di pinggir jalan dan dekat dengan perumahan, kos-kosan, atau perkantoran. Pelanggan dari jasa cuci motor yang Anda jalankan bisa berawal dari tetangga rumah dan saudara. Tapi makin banyak orang yang tahu makin banyak juga pelanggan yang akan berdatangan. Kalau Anda memiliki halaman rumah yang luas dan letaknya di pinggir jalan bisa juga dengan membuka jasa cuci motor sekaligus mobil. Supaya konsumen Anda makin luas dan keuntungan yang bisa didapatkan semakin besar.

4. Jasa Laundry

Jasa Laundry
jourdanmesinlaundry.com

Bisnis modal kecil ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di daerah perumahan, atau setidaknya perkotaan, di mana orang-orangnya mempunyai mobilitas tinggi sehingga tidak sempat mencuci pakaian. Anda pun bisa memanfaatkan mesin cuci rumah Anda sebagai aset pertama untuk memulai usaha.

Tinggal buat papan nama dan pamflet promosi untuk disebarkan ke target pelanggan usaha laundry Anda. Memanfaatkan broadcast whatsapp ataupun media sosial lain juga bisa. Dengan bermodalkan mesin cuci rumah Anda, sekarang Anda resmi memiliki usaha laundry dan langkah selanjutnya adalah bagaimana agar semua orang tahu. Semakin banyak yang tau, tentu makin besar kemungkinan pendapatan Anda.

5. Menu Sarapan

Menu Sarapan
pbs.twimg.com

Kalau untuk bisnis yang satu ini bisa Anda manfaatkan tanpa harus keluar modal banyak. Melihat peluang bahwa tidak sedikit orang yang punya kegiatan sangat padat di pagi hari. Mulai dari mempersiapkan diri untuk pergi bekerja di pagi hari hingga mengantar anak ke sekolah. Tentu kesibukan orang-orang di pagi hari memungkinkan mereka untuk tidak sempat mempersiapkan sarapan. Padahal sarapan adalah hal yang sangat penting untuk orang-orang yang akan beraktivitas seperti bekerja atau sekolah.

Dari kondisi tersebut Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis. Usaha rumahan yang bisa Anda jalankan adalah bisnis menu sarapan. Tidak perlu menyewa lapak yang besar. Cukuplah menjadikan rumah Anda sebagai warung makannya. Anda bisa menjual menu seperti nasi uduk, bubur ayam, lontong sayur, atau bisa juga nasi kuning, dan nasi rames dengan beberapa lauk pokok. Untuk membuat usaha menu sarapan tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Sebab bahan bakunya terjangkau layaknya Anda akan memasak untuk harian tapi jumlahnya ditambah.

Itulah beberapa rumahan yang bisa Anda coba. Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha Anda #NaikKelas! Simak terus tulisan menarik tentang usaha rumahan lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke rekan Anda yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan usaha.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba