5 Tips Menggunakan Strategi Marketing Pinterest Untuk Bisnis

Ada banyak strategi marketing pinterest yang digunakan untuk melancarkan sebuah bisnis. Memang kehadiran pinterest untuk bisnis ini belum lama digunakan. Pinterest ini dianggap jadi salah satu media sosial yang cukup unik. Fungsi utama dari pinterest ini ada 2 yakni sebagai portal sosial media dan mesin pencari atau search engine. Secara umum keduanya menyajikan konten yang relevan dengan yang dicari oleh para penggunanya.

Untuk pemasaran bisnis memang penggunaan sosial media visual ini sangat cocok. Dengan menggunakan pinterest ini adalah salah satu cara terbaik mempromosikan bisnis dengan biaya terjangkau dan murah. Pinterest ini menghubungan penggunanya berdasarkan passion mereka. Dan dengan pinterest ini juga mampu meningkatkan kemungkinan pengguna lain untuk melakukan pembelian.

Menariknya baru – baru ini pinterest meluncurkan fitur barunya yakni gifts feed, dimana pinterest hanya menampilkan product pin dengan informasi harga dan link pembelian. Kelebihan ini membuktikan jika pinterest patut untuk dipertimbangkan dan digunakan untuk bisnis. Terutama bagi kegiatan bisnis pinterest sangat dianjurkan untuk membantu meningkatkan penjualan.

Bahkan menurut para pengguna pinterest sendiri hampir sebagian besar mengatakan jika mereka menemukan produk melalui pinterest. Jelas dengan begitu pinterest memabntu para penggunanya untuk menemukan barang atau produk yang mereka butuhkan. Nah berikut ini adalah tips menggunakan strategi marketing pinterest untuk bisnis.

Tips Strategi Marketing Pinterest

Optimasi Pin Dengan Keyword Relevan

Kalo ngomongin soal keyword ternyata bukan soal SEO saja lho, Sama halnya dengan strategi konten mesin pencari. Deskripsi dianjurkan untuk mengandung keyword namun usahakan agar tetap menarik sehingga orang tertarik untuk klik dan menghasilkan sebuah traffic. Nah semakin baik reaksi pengguna pinterest terhadap pinmu tentu nilai bisnismu juga akan terpercaya.

Bahkan link website yang ditautkan pada pin akan terangkat nilainya. Untuk memastikan jika pin mengarah pada website yang mengandung konten yang relevan pastikan jika kamu juga menyertakan deskripsi default yang mengandung konten yang relevan. Dengan demikian apabila ada pengunjung yang mempin tanpa deskripsi, maka sudah otomatis memiliki deskripsi.

Verifikasi Website

Banyak para pengguna pinterest yang melewatkan hal yang satu ini. Meskipu terlihat sangat sederhana namun ini menjadi salah satu hal yang cukup membantu. Strategi marketing ini justru sering kali dilupakan. Yakni memverifikasi website yang akan kamu tautkan. Sebaiknya sebelum kamu melangkah lebih jauh dari strategi ini pastikan jika kamu memahami dan melaksanakan hal ini dnegan baik. Meskipun dianggap sangat remeh namun memiliki peran yang cukup penting dan memiliki tingkat kepentingan yang tidak akan pernah berubah dan pastinya akan terus berkembang.

Konten Harus Menarik

Sama seperti halnya menggunakan sosial media lainya. Untuk menggunakan sosial media ini untuk kegiatan bisnis kamu tentu harus membuat beberapa strategi marketing. Salah satunya adalah membuat sebuah konten untuk membuat iklan lebih terkonsep dan terstruktur.

Jangan asal dalam membuat pin atau konten di pinterest, pastikan jika pin yang kamu buat menarik, berkualitas dan juga bermanfaat. Usahakan untuk membuat konten dan juga deskripsi yang berkualitas. Pastikan jika pada deskripsi mengandung keywoard dan juga mampu menarik orang untuk melakukan tindakan klik.

Menggunakan Rich Pin

Ada beberapa fitur dari pinterest yang mendukung untuk kegiatan bisnis. Salah satu fasilitas yang disediakan ini adalah rich pin. Namun saat ini belum banyak yang menggunakannya secara maksimal. Rich pin ini memungkinkan kamu untuk memperkaya pin dengan memasukkan informasi dari domainmu.

Untuk saat ini sendiri ada 6 jenis rich pin yang memberikan cara yang berbeda untuk menarik para pengguna. Salah satu diantaranya adalah pin recipe yang memunginkan kamu menyisipkan resep pin, menyisipkan lokasi, dan pin produk yang memungkinkan pengguna membeli produk yang kamu pin.

Grup Papan

Salah satu cara untuk memerankan taktik sebuah strategi pemasaran dengan menggunakan sosial media pinterest ini adalah dengan menggunakan grup papan. Grup papan merupakan cara instant untuk mencapai pengguna lain yang kemungkinan tertarik dengan apa kamu posting atau produk yang kamu pasarkan.

Begitulah tadi pembahasan kita mengenai bagaimana cara memanfaatkan strategi pemasaran dengan menggunakan pinterest. Semoga artikel ini semakin dapat menambah wawasan dan juga manfaat bagi kalian semua pembaca. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di website bisnisukm.com. Mulai dari ide usaha, peluang usaha, pemasaran dan masih banyak lagi.

Sumber gambar : https://artamaya.web.id

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba