Inspirasi Bisnis

6 Ide Bisnis Buat Kamu Fresh Graduate, Karena Ijazah Bukan Segalanya!

ide bisnis untuk fresh graduatePasca perayaan kelulusan, babak baru kehidupanmu setelah lulus akan segera dimulai. Bukannya santai-santai karena tidak lagi ke kampus setiap hari, justru kamu harus berjuang sebenar-benarnya karena ribuan fresh graduate juga sedang berlomba-lomba mencari lapangan pekerjaan.

Perasaan lelah hingga mau menyerah sering kali menghampiri para fresh graduates yang sudah melamar kerja ke sana ke mari, tapi belum ada hasil. Jangankan panggilan interview, keinginan untuk mencari pekerjaan pun lama-lama hilang karena sudah bosan tak ada panggilan.

Padahal, ijazah yang kamu dapatkan tidak selalu menjamin bakal cepat dapat pekerjaan. Agar tak mati gaya menunggu panggilan kerja tak kunjung datang, tidak ada salahnya jika mulai dari sekarang kamu merubah pola pikir yang sebelumnya bermental karyawan jadi seorang juragan.

Sedikitnya ada 6 ide bisnis yang bisa dirintis para fresh graduate. Siapa tahu memang jalan rejekimu bukan menjadi seorang karyawan, tapi jadi seorang pengusaha dengan penghasilan yang lebih besar. Yuk simak 6 ide bisnis untuk fresh graduate, dikutip dari Businessnewsdaily.com.

1. Bisnis Fashion online yang lagi digandrungi kalangan anak muda bisa kamu coba

Berjualan pakaian jadi satu ide bisnis untuk fresh graduate yang paling mudah untuk dilakukan. Apalagi buat kamu yang suka membuat desain baju kemudian mewujudkannya menjadi sebuah pakaian jadi, kenapa tidak memulai bisnis fashion online sesuai style kamu sendiri?

Pada awalnnya, kamu bisa mengerjakannya sendiri. Namun untuk pengembangan usaha, sebaiknya kamu juga mencari tenaga penjahit atau vendor yang sesuai dengan lini bisnismu.

2. Maraknya pertumbuhan bisnis toko online, juga membuka peluang bisnis jasa pembuatan konten promosi di media sosial

Peluang bisnis yang lain yang bisa dicoba adalah dengan membuka jasa penulisan konten. Keberadaan sosmed saat ini membuat kehidupan kita selama 24 jam seolah tidak pernah berhenti.

Individu-individu kreatif seperti penulis atau desain grafis dapat mengeksplor bakat mereka untuk menghasilkan konten yang berkualitas tinggi, baik untuk kepentingan bisnis maupun media.

3. Eits, buat kamu yang nggak bisa diem dan suka ngadain pesta. Bisnis EO bisa kamu coba setelah lulus bangku kuliah.

Baca Juga Artikel Ini :

Sukses Punya Usaha Beromzet 1 Miliar Mahasiswa Ini Bagikan 1.000 Susu

Ide Bisnis Sampingan Buat Kalian Mahasiswa Semester Akhir

Aktif berorganisasi dan sering mengadakan acara kegiatan kampus bisa jadi bekal kamu dalam membuka bisnis EO. Terlebih lagi kamu sudah terbiasa bekerja dengan orang banyak, dikejar deadline, mencari sponsor, dan menangani berbagai hal teknis lainnya. Dengan memiliki kenalan supplier tenda, sound system, meja kurs,i dan perlengkapan acara lainnya, kamubisa memulai usaha jasa EO ini.

4. Nah, buat yang hobi utak-utik bisa coba buat kerajinan tangan yang lagi hits di kalangan anak muda.

Selain bisnis pakaian, bisnis kerajinan tangan pun merupakan satu ide usaha yang tidak membutuhkan modal dalam jumlah besar. Banyak contoh produk kerajinan tangan yang bisa kamu coba buat sendiri. Setelah itu Anda bisa menjualnya via online atau melalui media sosial.

5. Penulis lepas jadi peluang bisnis tanpa modal yang bisa kamu kerjakan dari rumah.

Profesi menjadi penulis lepas adalah salah satu contoh usaha tanpa modal besar yang bisa dikerjakan di rumah secara online. Menjadi seorang penulis lepas di salah satu website yang memiliki topik tentang bisnis. Artikel yang ditulis seputar tentang bisnis dan referensinya dapat dilihat dari berbagai artikel bisnis yang ada di internet ataupun buku.

6. Buat yang senang jalan-jalan dan jepret kamera, bisa buka jasa fotografer freelance

Sebagai seorang fotografer lepas, kamu tak perlu khawatir merasa bosan melihat background foto yang itu-itu saja. Karena biasanya, kamu akan ditugaskan untuk beberapa kegiatan, baik di dalam maupun di luar ruangan. Pekerjaan ini juga akan mengajakmu melihat indahnya dunia dengan gratis, bahkan mendapat bayaran yang cukup mahal.

Selain keenam ide bisnis di atas, sebenarnya masih ada banyak peluang bisnis lainnya yang bisa dijalankan para fresh graduate. Jadi, mulai sekarang jangan lelah untuk berkarya, karena ijazah bukanlah jaminan kesuksesanmu di masa depan!