Manajemen UKM

6 Tips Menjaga Suasana Nyaman Dalam Bekerja

tips membangun suasana kerja yang nyamanAssalammu’alaikum pengunjung setia BisnisUKM.com, sebelumnya kami sampaikan terimakasih banyak atas antusiasme rekan bisnis semua untuk terus membaca setiap informasi yang kami sampaikan.

Kali ini, saya akan berbagi tips bisnis kepada semua pengunjung bisnisUKM.com tentang cara menjaga suasana nyaman dalam bekerja. Seperti kita ketahui bersama, dalam merintis usaha tentu kita membutuhkan tim kerja yang solid dan suasana kerja yang nyaman. Oleh karena itulah saya sengaja berbagi pengalaman seputar 6 tips menjaga suasana nyaman dalam bekerja.

Bangun suasana kekeluargaan

Dalam menjalankan bisnis tentu bukan hanya tentang uang atau omset saja yang dipikirkan oleh para pengusaha. Begitu juga perjalanan yang saya alami ketika membesarkan bisnis mbojosouvenir.com, saya selalu membudayakan seluruh team saya untuk saling menyapa antara satu dengan yang lainnya entah itu lewat chatting atau bertemu langsung di ruang kerja. Selain itu, sesekali saya mengajak tim mbojosouvenir untuk jalan-jalan sekedar untuk refreshing dan membangun kekeluargaan dengan seluruh tim.

Dengarkan setiap keluhan karyawan

Sebagai owner atau direktur sebuah perusahaan, kita harus bisa mendengarkan ketika salah satu dari anggota kita sedang menghadapi masalah ataupun memberikan masukkan pada bisnis Anda. Keluhan karyawan terkadang bisa menjadi solusi kita untuk memperbaiki tiap kekurangan. Dari sinilah timbul komunikasi aktif antara pemilik bisnis dan karyawannya. Jika keluhan bersifat privasi, tak ada salahnya mengajak karyawan tersebut untuk ngobrol dalam satu ruangan agar lebih paham tentang permasalahannya.

Jangan mengira-mengira

Penting untuk kita perhatikan, setiap kepala pasti akan berbeda pengertian dan pemahaman ketika mendengar apa yang kita katakan. Begitu juga dalam sebuah team. Hilangkan pemikiran “Mengira-ngira” sesuatu. Cobalah untuk berpikir positif kepada relasi bisnis ataupun karyawan. Jikapun ragu, kita bisa kembali membicarakan lebih lanjut agar tidak ada yang mengganjal dihati dan pikiran. Mengira-ngira sesuatu yang belum tentu benar sangat kurang baik untuk perkembangan suatu bisnis.

Baca Juga  10 Ciri Seorang Entrepreneur, Apa Kamu Punya Salah Satunya?

Saling mengingatkan

Memang benar, hidup ini memang harus saling mengingatkan. Pun, ketika salah satu anggota kita keliru melakukan sesuatu sebaiknya melakukan complain atau mengingatkan dengan nada yang enak didengar. Jangan sampai melontarkan kata kasar dalam menyampaikan sesuatu yang kurang sesuai, karena kita bekerja dengan manusia.

Pelajari karakter karyawan

Sebagai pemimpin dalam suatu bisnis. Sangat disarankan untuk selalu mempelajari karakter tiap karyawan. Tidak semua karyawan mudah memahami apa yang kita sampaikan. Perbedaan karakter maka akan beda juga cara penyampaiannya.

Beri waktu libur

Waktu libur adalah waktu yang diidamkan oleh semua orang. Tak terkecuali seorang pebisnis. Liburan akan sangat membantu kita untuk kembali fresh dalam melanjutkan bisnis. Memberi waktu libur kepada karyawan sebaiknya selalu di agendakan. Apalagi jika kita paham kalau karyawan kita sudah berkeluarga. Sudah sewajarnya kita untuk mengagendakan mereka waktu libur bersama keluarga.

Semoga tips bisnis ini bermanfaat. Yakinlah akan kemampuan team, jaga selalu kualitas dan biasakan untuk saling terbuka. Salam sukses!

Sumber gambar : http://www.patrasevents.gr/imgsrv/f/full/671867.jpg